Prediksi Piala Dunia 2018: Tiga Negara Favorit Juara, Inggris Masih Meragukan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 26 Maret 2018
Prediksi Piala Dunia 2018: Tiga Negara Favorit Juara, Inggris Masih Meragukan
Timnas Inggris tidak menjadi favorit juara Piala Dunia 2018 (Getty Images)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 sudah di depan mata. Tiga bulan lagi pesta sepak bola terakbar dunia akan berlangsung di Rusia. Negara-negara yang berpatisipasi di dalamnya telah melakukan persiapan semaksimal mungkin agar bisa bertahan selama mungkin. Beberapa negara dengan tradisi sepak bola yang kuat tetap menjadi favorit juara.

Negara-negara tersebut seperti Argentina, Brasil, Jerman, Spanyol, Prancis, Portugal, dan Inggris. Membicarakan siapa kandidat juara nanti memang seru. Jerman yang berstatus juara bertahan Piala Dunia 2014 bisa kembali meraihnya kembali.

Javier Clemente, mantan pelatih Timnas Spanyol pada medio 1994-1998, turut menganalisa peta persaingan di Piala Dunia 2018. Ia memprediksi tiga negara kuat seperti Prancis, Jerman, dan Spanyol, sebagai tim dari Eropa yang berpotensi menjuarainya. Sedianya, Clemente juga memfavoritkan Inggris. Namun, The Three Lions memiliki "penyakit" tiap kali bermain di turnamen besar, yaitu inkonsistensi bermain.

Anomali performa Inggris di turnamen besar dan kualifikasi sudah bukan rahasia umum lagi. Inggris biasanya tampil gemilang di fase kualifikasi tanpa pernah kalah, atau meraih kemenangan beruntun. Tetapi, ketika turnamen sesungguhnya dimulai, Inggris melempem. Contohnya di Euro 2016, di mana Inggris disingkirkan Islandia di fase 16 besar.

"Tim-tim Eropa terbaik adalah Jerman, Prancis, dan Spanyol, tidak diragukan lagi. Setelah mereka, ada tim lainnya yang memainkan sepak bola yang bagus. Tapi, tiga tim terkuat adalah Jerman, Prancis, dan Spanyol," tutur Clemente, diberitakan AS, Senin (26/3).

"Saya berharap Inggris berada di grup tersebut, tapi saya tidak tahu karena Inggris tim yang naik-turun. Mereka bisa bermain dengan sangat gemilang, tapi mereka juga dikalahkan oleh tim manapun. Saya tidak tahu alasannya, Anda harus berada di dalam sepak bola Inggris untuk mengetahuinya."

"Ada sesuatu yang hilang dari pemain-pemain Inggris di momen-momen kunci. Meski begitu, saya tetap fans sepak bola Inggris. Saya ingin mereka untuk selalu menang karena saya menyukai mereka, tapi itu semua hanya opini personal saya, ini bukan analisa taktik tentang sepak bola Inggris. Saya selalu berbicara tentang Inggris karena saya menyukai mereka," urai Clemente.

Terakhir Inggris berprestasi di kancah dunia terjadi pada tahun 1966, kala tim asuhan Alf Ramsey mengalahkan Jerman Barat dengan skor 4-2 di final dan merengkuh titel Piala Dunia. Setelahnya, catatan terbesar Inggris adalah menjadi juara ketiga Euro 1968 dan mencapai semifinal Euro 1996.

Piala Dunia 2018 Timnas Inggris Timnas Jerman Timnas Prancis Timnas Spanyol
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan