BolaSkor.com - FC Porto dan Chelsea harus melakoni dua laga perempat final Liga Champions 2020-2021 di tempat netral yaitu Estadio Ramon Sanchez Pizjuan. Kondisi ini membuat The Blues lebih diunggulkan untuk melaju ke semifinal.

Porto akan lebih dulu bertindak sebagai tuan rumah pada pertemuan pertama, Kamis (8/4) pukul 02.00 dini hari WIB. Dragoes harus meraih kemenangan demi membuka peluang lolos ke semifinal.

Namun tampil di tempat netral bisa mempengaruhi penampilan Porto. Tim asuhan Sergio Conceicao itu memang dikenal sebagai tim yang jago kandang pada gelaran Liga Champions musim ini.

Baca Juga:

Nostalgia - Comeback Dramatis Chelsea Kontra Porto di Liga Champions

Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Tuchel Konfirmasi Pulisic Cedera

Tuchel Masih Percaya dengan Kualitas Timo Werner

Chelsea

Dari empat laga kandang sejak fase grup, Porto tak terkalahkan dengan catatan tiga kemenangan dan satu hasil imbang. Hanya Manchester City yang gagal mereka taklukkan.

Namun keputusan UEFA memilih tempat netral membuat Porto tidak bisa memaksimalkan keuntungan itu. Sebaliknya, Chelsea sudah lebih terbiasa karena merasakan kondisi serupa saat melakoni babak 16 besar.

Kabar tim

Porto tidak akan diperkuat dua bintangnya saat menyingkirkan Juventus, Mehdi taremi dan Sergio Oliveira. Keduanya harus menjalani sanksi akumulasi kartu kuning.

Ini menjadi sebuah kehilangan besar bagi Porto. Kedua pemain tersebut sangat dibutuhkan terutama untuk mencetak gol.

Sementara Chelsea hanya akan kehilangan N'Golo Kante karena cedera. Sementara diposisi lain, Tuchel bisa menurunkan para pemain terbaiknya.

Komentar pelatih

Chelsea memang lebih diunggulkan untuk melaju ke semifinal. Namun hal itu tak membuat Thomas Tuchel selaku juru taktik jemawa.

"Ini perempat final Liga Champions, jadi Anda memainkan empat babak yang harus fokus sepenuhnya. Saya merasa kami bisa mengatasi Porto tetapi ini akan menjadi pertandingan yang sulit," kata Tuchel pada sesi jumpa pers jelang laga.
"Mereka adalah tim yang sangat berpengalaman dalam kompetisi ini, juara selama bertahun-tahun di Portugal. kami cukup kuat dan percaya pada diri bisa mengatasi mereka di babak ini."

Dari kubu Porto, Sergio Conceicao selaku pelatih timnya tidak diunggulkan dalam laga nanti. Ia juga tak merasa diuntungkan dengan hasil minor yang baru diraih Chelsea pada liga domestik.

"Di Liga Champions, Chelsea memiliki pertahanan terbaik kedua juga di Liga Inggris. Mereka adalah tim yang kompeten, dan ketika kekalahan terjadi, itu berfungsi sebagai peringatan," kata Conceicao.

"Saya lebih suka mereka memenangkan pertandingan terakhir. Situasi sekarang membuat alarm mereka berbunyi dan membuat semua orang lebih waspada."

Head to head

Dari rekor head to head, Chelsea terlihat lebih superior dari Porto. Tim asal London itu mampu meraih empat kemenangan dan hanya sekali kalah dari lima pertemuan terakhir.

Lima pertemuan terakhir
10-12-2015 Chelsea 2-0 Porto (Liga Champions)
30-09-2015 Porto 2-1 Chelsea (Liga Champions)
26-11-2009 Porto 0-1 Chelsea (Liga Champions)
16-09-2009 Chelsea 1-0 Porto (Liga Champions)
07-03-2007 Chelsea 2-1 Porto (Liga Champions)

Prediksi dan prakiraan pemain

Porto (4-4-2): Agustin Marchesin, Wilson Manafa, Chancel Mbemba, Pepe, Zaidu Sanusi, Jesus Corona, Marko Grujic, Mateus Uribe, Otavio, Moussa Marega, Tony Martinez.

Pelatih: Sergio Conceicao.

Chelsea (3-4-2-1): Edouard Mendy, Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Kurt Zouma, Reece James, Jorginho, Mateo Kovacic, Marcos Alonso, Mason Mount, Kai Havertz, Timo Werner.

Pelatih: Thomas Tuchel.

Prediksi BolaSkor.com: Porto 1-2 Chelsea