BolaSkor.com - Juara dunia timnas Prancis akan melawan Swiss di 16 besar Piala Eropa 2020 yang dihelat di National Arena, Selasa (29/06) pukul 02.00 dini hari WIB. Les Bleus diunggulkan tapi Nati - julukan Swiss - bisa mengejutkan mereka.

Pada fase grup Italia memang melumat Swiss dengan skor telak 3-0, tetapi Swiss mampu keluar dari lubang jarum dan menang telak 3-1 atas Turki. Prancis memang bukan Turki, tapi kekalahan Belanda dari Republik Ceko baru ini bisa jadi contoh.

Belanda tim unggulan melawan Ceko tapi pada akhirnya Tomas Soucek dkk memenangi pertandingan dengan skor 2-0. Prancis bisa saja seperti Belanda jika mereka lengah melawan Swiss.

Dalam rekor 38 pertemuan di antara kedua tim Swiss menang 12 kali melawan Prancis, imbang 10 kali, dan kalah 16 kali. Akan tapi tidak ada di antara kemenangan itu terjadi di laga kompetitif (turnamen) besar (empat kali imbang dan dua kali kalah).

Baca Juga:

Piala Eropa 2020 - Belgia 1-0 Portugal: Juara Bertahan Tersingkir

Piala Eropa 2020: Portugal Tersingkir, Fernando Santos Enggan Cari Alasan

Jadwal Siaran Langsung Piala Eropa Hari Ini: Kroasia Vs Spanyol Disiarkan RCTI

Prancis vs Swiss pada Piala Eropa 2016

Artinya, Swiss tak pernah mengalahkan Prancis di laga kompetitif. Keduanya terakhir bertemu di fase grup Piala Eropa 2016. Menarik untuk dinanti apakah Swiss yang bermain tanpa tekanan bisa mengejutkan Prancis.

Kondisi Tim

Badai cedera pada posisi full-back sempat dirasakan Didier Deschamps di timnas Prancis, tetapi satu demi satu mereka pulih. Menurut laman resmi UEFA Lucas Digne dan Ousmane Dembele absen di kubu Prancis, sementara Lucas Hernandez dan Marcus Thuram diragukan tampil.

Berbeda dari Prancis, Swiss besutan Vladimir Petkovic tak punya cedera serius dalam skuadnya. Pemain-pemain andalan selayaknya Granit Xhaka, Remo Freuler, Haris Serefovic, dan Xherdan Shaqiri dapat dimainkannya.

Komentar

Selayaknya penjelasan sebelumnya, Didier Deschamps tahu timnya diunggulkan tapi ia tak mau Prancis lengah menghadapi Swiss yang disiplin, terorganisir, memiliki pemain dengan kualitas individu bagus dan bermain di liga-liga top Eropa.

Didier Deschamps

"Mereka (Swiss) adalah tim yang terstruktur dengan baik dan mereka memiliki potensi serangan yang bagus dengan (Haris) Seferovic, (Breel) Embolo dan (Xherdan) Shaqiri," tutur Deschamps.

"Kami tidak boleh meremehkan mereka dan ini adalah pertandingan sistem gugur jadi kami harus melakukan semua yang kami bisa. bisa untuk memastikan kami memiliki senyum di wajah kami di akhir pertandingan."

"Cuaca panas di Budapest (selama pertandingan penyisihan grup terakhir Prancis) berdampak. Kami memiliki satu hari ekstra di antara pertandingan, lima daripada empat, sementara lawan kami memiliki delapan hari, yang lebih baik. Di sini panas juga, tapi sedikit lebih mudah untuk mengatasinya."

Vladimir Petkovic justru lebih realistis melihat peluang timnya. Selain yakin Swiss akan memberikan segalanya melawan Prancis, Petkovic juga berharap adanya Dewi Fortuna serta penyelesaian akhir yang efisien dari timnya.

Vladimir Petkovic

"Melawan tim seperti Prancis, jika kami berdua memberikan 100 persen (kemampuan), apa yang kami lakukan tidak akan cukup. Mereka harus memberikan 80 persen dan kami harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan pengalaman sulit Anda mendapatkan pengalaman," imbuh Petkovic.

"Pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2016 melawan Polandia, kami pantas untuk maju, dan dengan adu penalti, Anda harus beruntung. Kami belajar dari pertandingan itu, dan juga dari kekalahan (0-1 babak 16) melawan Swedia di Piala Dunia 2018. Kami hanya memiliki satu tujuan: bermain bagus melawan Prancis dan mencoba untuk lolos."

Head to Head

Swiss 0-0 Prancis (Piala Eropa 2016)
Swiss 2-5 Prancis (Piala Dunia 2014)
Prancis 0-0 Swiss (Piala Dunia 2006)
Swiss 1-1 Prancis (Kualifikasi Piala Dunia 2006)
Prancis 0-0 Swiss (Kualifikasi Piala Dunia 2006)

Prakiraan Susunan Pemain

Prancis (3-5-2): Hugo Lloris; Raphael Varane, Clement Lenglet, Presnel Kimpembe; Benjamin Pavard, Paul Pogba, N'Golo Kante, Antoine Griezmann, Adrien Rabiot; Kylian Mbappe, Karim Benzema

Pelatih: Didier Deschamps

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Steven Zuber; Xherdan Shaqiri; Breel Embolo, Haris Seferovic

Pelatih: Vladimir Petkovic

Prediksi BolaSkor.com: Prancis 70-30 Swiss

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini