BolaSkor.com - Waktu bergulirnya Premier League 2020-2021 sudah di depan mata. Pekan pertama Premier League akan dimulai pada 12 dan 13 September mendatang. Liverpool sebagai juara bertahan akan diuji untuk mempertahankan titel.

Liverpool akan tetap menjadi kandidat juara karena skuad mereka tak mengalami perubahan signifikan dan masih dilatih Jurgen Klopp. Meski faktanya sejauh ini The Reds baru mendatangkan Kostas Tsimikas sebagai pesaing Andrew Robertson untuk posisi bek kiri.

Premier League selalu menghadirkan persaingan yang sengit karena setiap tim bisa saling mengalahkan, meski itu tim kecil (non-unggulan) ketika bertemu tim besar. Selain ada beberapa tim kuda hitam, promosi, Liverpool wajib mewaspadai rival-rival lainnya.

Baca Juga:

Premier League Tolak Berikan Dispensasi kepada Klub yang Terdampak Virus Corona

Jurgen Klopp Indikasikan Skuad Liverpool Terlalu Sesak

Chelsea Bersolek, Frank Lampard Hadapi Situasi dan Pertaruhan Berbeda

Tottenham Hotspur yang dilatih Jose Mourinho, Everton arahan Carlo Ancelotti, serta tim-tim klasik seperti Manchester United, Chelsea, Arsenal, akan selalu mengincar posisi atas klasemen. Pun demikian Manchester City arahan Pep Guardiola.

Calon Kandidat Kuat Juara: Liverpool, Manchester City, Chelsea

Liverpool vs Manchester City

Liverpool jika bisa konsisten dan fokus sepanjang musim seperti halnya musim lalu maka mereka tetap akan menjadi kandidat kuat juara. Trio andalan di depan masih ada di sana: Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Belum lagi dari sisi defensif Virgil van Dijk dan Alisson masih jadi kekuatan utama mereka musim ini. Kendati baru mendatangkan Tsimikas, Liverpool sebagai juara bertahan tetap jadi unggulan meski tanpa adanya rekrutan baru maka kedalaman skuad mereka cukup riskan dalam mengarungi padatnya kompetisi.

Manchester City arahan Pep Guardiola kembali akan jadi rival utama Liverpool dalam mempertahankannya. The Citizens mendapatkan suasana baru dengan masuknya Nathan Ake (bek tengah) dan Ferran Torres (penyerang sayap) dari Bournemouth dan Valencia.

Kehadiran keduanya akan menambah kedalaman skuad City yang ditinggal pergi Leroy Sane dan David Silva. Selain itu pemain-pemain kunci dari musim lalu juga masih ada di City dari Kevin De Bruyne, Bernardo Silva, hingga Sergio Aguero.

Jika pertahanan City membaik musim ini maka mereka punya kans besar untuk merebut kembali titel Premier League dari tangan Liverpool. Tapi City dan Liverpool tidak bersaing berdua saja karena masih ada Chelsea.

Datangnya Timo Werner, Hakim Ziyech, Thiago Silva, Ben Chilwell, Malang Sarr, Kai Havertz, dengan potensi kedatangan Edouard Mendy dan Declan Rice langsung menjadikan Chelsea sebagai kandidat juara.

Tekanan akan dirasakan Frank Lampard untuk meracik pemain-pemain anyar dengan yang sudah tersedia di klub dan meraih titel di akhir musim nanti. Manajemen disinyalir tidak akan menolerir hasil selain juara Premier League atau setidaknya memenangi titel di ajang lain.

Empat Besar: Liverpool, Manchester City, Chelsea, Manchester United

Manchester United

Kandidat empat besar masih sama seperti hasil di musim lalu. Sulit melihat Liverpool, Man City, dan Chelsea keluar dari empat besar dengan kekuatan yang mereka miliki. Satu slot lagi akan diperebutkan dengan sengit.

Man United arahan Ole Gunnar Solskjaer berhasil menempati satu slot tersisa musim lalu. Ditambah adanya Donny van de Beek yang melengkapi Paul Pogba dan Bruno Fernandes di tengah, Red Devils bisa bersaing di posisi itu dan menjadi kejutan dalam perebutan titel Premier League.

Akan tapi United tidak sendirian merebutkan posisi itu. Jose Mourinho dengan skuad Spurs yang dimilikinya akan berusaha kembali masuk empat besar, apalagi saat ini The Special One telah membesut tim dari awal musim.

Seperti diketahui musim lalu Mourinho datang di tengah musim menggantikan Mauricio Pochettino. Dengan pengalaman dan statusnya sebagai pelatih top Eropa melalui trofi-trofi yang diraihnya, Mourinho dan anak-anak asuhnya tak bisa dianggap remeh.

Belum lagi Everton yang kian dekat merekrut James Rodriguez dari Real Madrid setelah mendapatkan Allan dari Napoli. Ancelotti juga pelatih sarat pengalaman dan pelatih bermental juara. Everton bisa jadi kuda hitam di musim baru.

Selain itu ada juga pesaing-pesaing kejutan empat besar dari musim lalu seperti Sheffield United arahan Chris Wilder, Wolves besutan Nuno Espirito Santo. Jangan lupa juga Arsenal besutan Mikel Arteta tengah berkembang saat ini usai memenangi titel Piala FA dan Community Shield.

Tim-tim Degradasi: Fulham, Aston Villa, Brighton

Brighton & Hove Albion

Fulham, Aston Villa, dan Brighton diprediksi jadi tim yang akan bertarung di zona degradasi. Dua klub yang disebut terakhir tidak banyak berbenah dan nyaris degradasi musim lalu. Terutamanya Villa yang ada di peringkat 17 dan hanya terpaut satu poin dari tim yang degradasi.

Apabila nantinya mereka ditinggal oleh pemain kunci seperti Jack Grealish maka kans bertahan Villa semakin kecil musim ini. Begitu juga Brighton yang baru merekrut Joel Veltman dari Ajax Amsterdam.

Jika tim arahan Graham Potter tampil angin-anginan seperti musim lalu maka mereka akan mengalami kesulitan besar musim ini.

Fulham memang telah kembali lagi ke Premier League setelah di musim sebelumnya degradasi. Akan tapi tim besutan Scott Parker bisa kerepotan di Premier League jika tak menambah pemain baru, sebab skuad saat ini tidak memiliki kedalaman yang bagus.

Prediksi Finish 20 Tim Premier League

20 tim yang berpatisipasi di Premier League 2020-2021 termasuk tiga tim promosi adalah: Arsenal, Aston Villa, Brighton, Burnley, Chelsea, Crystal Palace, Everton, Fulham, Leeds United, Leicester City, Liverpool, Man City, Man United, Newcastle United, Sheffield United, Southampton, Tottenham, West Brom, West Ham United, dan Wolverhampton Wanderers.

Menilik kekuatan dalam skuad-skuad terkini, berikut prediksi finish ke-20 tim Premier League dengan rekrutan anyar mereka (rekrutan anyar sampai berita ini diturunkan):

1. Manchester City

Pemain Baru: Pablo Moreno, Ferran Torres, Nathan Ake, Scott Carson

2. Liverpool

Pemain Baru: Kostas Tsimikas

3. Chelsea

Pemain Baru: Timo Werner, Hakim Ziyech, Ben Chilwell, Malang Sarr, Thiago Silva, Kai Havertz

Kai Havertz

4. Manchester United

Pemain Baru: Odion Ighalo, Donny van de Beek

5. Arsenal

Pemain Baru: Willian, George Lewis, Tim Akinola, Salah-Eddine, Jonathan Dinzeyi, Pablo Mari, Cedric Soares, Gabriel Magalhaes, Dani Ceballos

6. Tottenham Hotspur

Pemain Baru: Pierre-Emile Hojbjerg, Joe Hart, Matt Doherty

7. Everton

Pemain Baru: Niels Nkounkou, Allan, James Rodriguez

James Rodriguez

8. Wolverhampton Wanderers

Pemain Baru: Matija Sarkic, Fabio Silva, Fernando Marcal

9. Sheffield United

Pemain Baru: Max Lowe, Jayden Bogle, Aaron Ramsdale, Wes Foderingham

10. Leicester City

Pemain Baru: Timothy Castagne

11. Leeds United

Pemain Baru: Helder Costa, Illan Meslier, Jack Harrison, Joe Gelhardt, Cody Drameh, Sam Greenwood, Rodrigo, Robin Koch

12. Burnley

Pemain Baru: Will Norris, Marc Richter, Will Rickard, Marcel Elva-Fountaine, Connor Barrett

13. Crystal Palace

Pemain Baru: Nathan Ferguson, Jake Giddings, Eberechi Eze

14. Southampton

Pemain Baru: Kyle Walker-Peters, Mohammed Salisu

15. Newcastle United

Pemain Baru: Mark Gillespie, Niall Brookwell, Jeff Hendrick, Callum Wilson, Ryan Fraser

Callum Wilson

16. West Ham United

Pemain Baru: Tomas Soucek, Ossama Ashley

17. West Brom Albion

Pemain Baru: Matheus Pereira, Cedric Kipre, Grady Diangana, David Button

18. Fulham

Pemain Baru: Antonee Robinson, Mario Lemina, Harrison Reed

19. Brighton

Pemain Baru: Jensen Weir, Adam Lallana, Joel Veltman, Lard Dendoncker

20. Aston Villa

Pemain Baru: Matty Cash