BolaSkor.com - Derby Madrid akan tersaji di final Piala Super Spanyol yang berlangsung di King Abdullah Sports City, Arab Saudi, antara Real Madrid melawan Atletico Madrid, Senin (13/01) pukul 01.00 dini hari WIB. Keduanya merebutkan titel pertama musim ini.

Kedua tim sama-sama dirundung badai cedera pemain, khususnya Real Madrid yang ditinggal Eden Hazard, Karim Benzema, Gareth Bale, dan Marco Asensio karena cedera. Sementara di kubu Atletico, gelandang pengatur serangan mereka, Koke, absen karena cedera.

Real Madrid menjadi tim favorit pemenang di laga nanti karena skuat yang sudah matang pengalaman dan berkualitas. Akan tapi derby tetaplah derby, apalagi nantinya laga final dan kedua tim akan mengerahkan segalanya.

Fakta dari penjabaran statistik sudah memperlihatkan bahwa Atletico selalu menyulitkan rival sekotanya itu. Di dua pertemuan LaLiga terakhir kedua tim dari musim lalu sampai di awal musim ini, Atletico memaksa laga berakhir tanpa gol dan membuat Madrid frustrasi.

Baca Juga:

Catatan Spesial Tiga Gelandang Real Madrid Usai Melenggang ke Final Piala Super Spanyol

Diwarnai Adu Mulut Messi dan Felix, Atletico Singkirkan Barcelona di Semifinal Piala Super Spanyol

Kunci Kemenangan Real Madrid Melawan Valencia: Tumpuk Lima Gelandang

Zinedine Zidane dan Diego Simeone

Real Madrid sempat menang 3-1, namun di final Piala Super Eropa 2018, Atletico mengalahkan Los Blancos dengan skor telak 4-2. Lalu di ajang turnamen pramusim 2019 (International Champions Cup), Real Madrid kalah 3-7 dari Atletico.

Kendati demikian, Diego Simeone, pelatih Atletico, mewaspadai kekuatan Real Madrid meski bermain tanpa Bale dan Benzema.

"Kami tahu Madrid sangat baik, mereka adalah tim penting karena karakter pemain mereka dan karena mereka memiliki pelatih juara yang menyalurkan kebutuhan untuk menang," tutur Simeone di Marca.

"Seiring cedera pemain mereka pada Bale dan Benzema, mereka meningkatkan (kekuatan di) lini kedua, mereka memiliki Vinicius dan Rodrigo di bangku cadangan. Kami harus berpikir mana (area yang dapat dimanfaatkan) untuk melukai mereka."

Atletico Madrid ke final dengan menyingkirkan juara LaLiga, Barcelona, melalui skor 3-2 di semifinal. Sementara Real Madrid menang telak 3-1 atas Valencia, juara bertahan Copa del Rey.

Di laga itu Zinedine Zidane menurunkan formasi lima gelandang dan satu penyerang. Namun menurut Zidane, timnya tidak akan bergantung kepada satu posisi saja.

"Saya tidak akan mengatakan bagaimana kami akan bermain. Terpenting bukanlah formasi melainkan apa yang kami lakukan ketika kami menguasai bola," tambah Zidane.

"Terkadang Anda berpikir tentang bermain dengan cara yang berbeda dengan yang biasanya kami lakukan. Kami memiliki hal-hal baik sebagai tim dan ini penting."

Prakiraan Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-2-1): Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Ferland Mendy; Federico Valverde, Casemiro, Toni Kroos; Luka Modric, Isco; Luka Jovic

Pelatih: Zinedine Zidane

Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Jose Maria Gimenez, Renan Lodi; Saul, Thomas Partey, Hector Herrera, Angel Correa; Joao Felix, Alvaro Morata

Pelatih: Diego Simeone

Lima Laga Terakhir Real Madrid:
Valencia 1-3 Real Madrid
Getafe 0-3 Real Madrid (LaLiga)
Real Madrid 0-0 Athletic Bilbao (LaLiga)
Barcelona 0-0 Real Madrid (LaLiga)
Valencia 1-1 Real Madrid (LaLiga)

Lima Laga Terakhir Atletico Madrid:
Barcelona 2-3 Atletico Madrid
Atletico Madrid 2-1 Levante (LaLiga)
Real Betis 1-2 Atletico Madrid (LaLiga)
Atletico Madrid 2-0 Osasuna (LaLiga)
Atletico Madrid 2-0 Lokomotiv Moscow (Liga Champions)

Prediksi BolaSkor.com: Real Madrid menang 50%, imbang 0%, Atletico Madrid menang 50%