BolaSkor.com - El Clasico akan dihelat di pekan 30 LaLiga antara Real Madrid kontra Barcelona di Estadio Alfredo Di Stefano, Minggu (11/04) pukul 02.00 dini hari WIB. Kali ini El Clasico ke-246 sangat krusial bagi kedua tim.

Real Madrid dan Barcelona masih berada dalam jalur perebutan titel LaLiga dan keduanya dipisahkan jarak dua poin di urutan dua dan tiga klasemen. Keduanya ada di bawah Atletico Madrid sebagai pemuncak klasemen dengan jarak yang tipis.

Baik Madrid dan Barcelona juga sedang berada di momentum bagus. Madrid tak pernah kalah sejak Januari dan Barcelona sejak Februari. Itu menambah keseruan pertandingan nanti.

Baca Juga:

Wasit Pemberi Kartu Merah Lionel Messi Pimpin El Clasico

5 Pemain Terbaik yang Pernah Tampil di El Clasico

10 Momen Bersejarah dalam Perjalanan Panjang El Clasico

Casemiro coba menghentikan Lionel Messi

El Clasico juga menjadi momentum bagi kedua tim untuk mengakhiri musim dengan baik. Barcelona dengan pengejaran trofi selain titel Copa del Rey, Madrid juga bersaing di Liga Champions selain di LaLiga.

Dalam dua laga Clasico terakhir di seluruh kompetisi Madrid menang dua kali atas Barcelona, terakhir kali Madrid tiga kali menang beruntun terjadi pada 1978.

Megabintang Barcelona Lionel Messi juga sudah lama absen mencetak gol di Clasico sejak musim 2017-2018, musim terakhir Cristiano Ronaldo membela Madrid. Menarik menanti taktik Madrid membendungnya tanpa Sergio Ramos dan Raphael Varane.

Kabar Tim

Frenkie de Jong dihadang Federico Valverde

Dibanding Barcelona absennya pemain-pemain Madrid lebih tak beruntung karena mereka adalah pemain kunci, seperti Sergio Ramos dan Raphael Varane.

Ramos adalah kapten dan bek andalan Madrid yang selalu dapat memotivasi rekan setimnya dan ia cedera, sedangkan Varane masih menjalani isolasi mandiri karena virus corona. Satu pemain lagi yang absen adalah Dani Carvajal.

Sementara di kubu Barcelona dua pemain absen masih nama-nama lama yakni Philippe Coutinho dan Ansu Fati, sedangkan kondisi Neto diragukan.

Komentar Pelatih

Zinedine Zidane dan Ronald Koeman

Zinedine Zidane tak mau memikirkan kemungkinan timnya terlempar dari perburuan titel LaLiga jika kalah di Clasico, sebab ia positif Luka Modric dkk akan tetap kompetitif hingga akhir musim.

"Tidak, dan saya tidak memikirkan tentang itu," kata Zidane. "Kami akan memberikan yang terbaik, dan kami positif."

"Atletico salah satu yang memiliki keunggulan dan kami semua harus bermain untuk (titel) sampai akhir. Saya sudah mengatakan itu sejak lama."

"Ini liga yang sangat kompetitif dan sangat bagus. Kami tidak akan tahu siapa juaranya sampai akhir. Masih banyak poin yang harus diperebutkan."

Sepakat dengan Zidane, Ronald Koeman juga menilai Clasico nanti tidak signifikan dalam perburuan titel LaLiga, tetapi berpengaruh kepada keyakinan dan moral skuad.

"Hasilnya (Clasico) tidak menentukan, karena setelah pertandingan besok kami masih memiliki banyak pertandingan lagi dan sulit bagi tim mana pun untuk memenangkan semua pertandingan mereka," imbuh Koeman.

"Tim yang memenangkan (Clasico) akan memiliki dorongan moral yang penting untuk dikembangkan."

Head to Head

Dalam lima pertemuan terakhir di seluruh kompetisi hasilnya ketat: Madrid dua kali menang, Barca dua kali menang, dan satu hasil imbang. Pada pertemuan terakhir Oktober lalu di awal musim ini Madrid menang 3-1 di Camp Nou.

Kondisinya akan berbeda saat ini karena Ronald Koeman sudah memahami timnya lebih baik daripada sebelumnya.

Barcelona 1-3 Real Madrid (LaLiga 2020)
Real Madrid 2-0 Barcelona (LaLiga 2020)
Barcelona 0-0 Real Madrid (LaLiga 2019)
Real Madrid 0-1 Barcelona (LaLiga 2019)
Real Madrid 0-3 Barcelona (Copa del Rey 2019)

Prediksi dan Prakiraan Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Ferland Mendy, Nacho, Eder Militao, Lucas Vazquez; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Vinicius, Karim Benzema, Marco Asensio

Pelatih: Zinedine Zidane

Barcelona (3-4-2-1): Marc-Andre ter Stegen; Frenkie de Jong, Clement Lenglet, Gerard Pique; Jordi Alba, Pedri, Sergio Busquets, Sergino Dest; Lionel Messi, Antoine Griezmann; Ousmane Dembele

Pelatih: Ronald Koeman

Prediksi BolaSkor: Real Madrid 50-50 Barcelona