BolaSkor.com - Tim nasional Inggris akan menantang Republik Ceko pada matchday 3 Grup D Piala Eropa 2020, di Stadion Wembley, Rabu (23/6) dini hari WIB. Pertandingan tersebut menjadi ajang perebutan puncak klasemen akhir.

Sejatinya, Inggris hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan diri lolos ke babak berikutnya. Namun, tentunya The Three Lions ingin melaju sebagai juara grup untuk mempermudah jalan pada babak 16 besar.

Saat ini, Inggris menempati posisi kedua setelah meraih empat poin. Sementara itu, Republik Ceko yang memiliki poin identik dengan Inggris, lebih unggul karena menang selisih gol.

Baca Juga:

Keyakinan Kuat Antonio Conte akan Kiprah Italia di Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Robin Gosens, Hampir Jadi Polisi di Awal Karier

Billy Gilmour Positif Covid-19, Timnas Inggris Cemas

Timnas Inggris

Republik Ceko bukanlah lawan yang asing untuk Inggris. Keduanya berada dalam satu grup pada kualifikasi Piala Eropa 2020.

Inggris meraih kemenangan telak lima gol tanpa balas ketika menjadi tuan rumah. Sementara itu, ketika bertanding di Praha, Republik Ceko unggul 2-1.

Timnas Inggris punya kans besar untuk unggul karena Republik Ceko kerap tampil buruk ketika bermain di Wembley. Republik Ceko hanya mencetak dua gol dan kebobolan sembilan gol dalam tiga laga terakhir.

Kabar Tim

Republik Ceko dalam keadaan siap tempur demi mencapai misi meraih tiket 16 besar. Skuad asuhan Jaroslav Silhavy itu kemungkinan masih akan mengandalkan Patrick Schick sebagai mesin gol.

Sejauh ini, mantan penyerang AS Roma itu tampil impresif. Schick mencetak tiga gol untuk Lokomotiva dalam dua pertandingan terakhir.

Selain itu, beberapa pemain inti Republik Ceko seperti Vladimir Darida, Tomas Soucek, dan Vladimir Coufal dalam keadaan siap tampil. Silhavy diprakirakan akan menggunakan formasi 4-2-3-1.

Pada sisi lainnya, Inggris kemungkinan besar masih akan mengandalkan Harry Kane sebagai mesin gol. Meskipun penyerang Tottenham Hotspur itu mengalami paceklik gol, tetapi Gareth Southgate masih punya kepercayaan penuh.

Southgate berpeluang juga akan memainkan Harry Maguire sejak menit awal. Sementara itu, kondisi Ben Chilwell dan Mason Mount harus ditinjau lebih jauh setelah melakukan kontak dengan Billy Gilmour yang positif COVID-19.

Komentar

Gareth Southgate merasa mendapatkan banyak pelajaran usai gagal menang melawan Skotlandia. Sang manajer tak ingin memandang Republik Ceko sebelah mata.

"Kami memiliki masalah taktik untuk menghancurkan Skotlandia. Kami tidak bisa memiliki kelebihan pada area yang luas semudah yang dilakukan pada laga sebelumnya. Itu adalah pujian yang bagus untuk Skotlandia," ulas Southgate pada laman resmi Piala Eropa 2020.

"Kami menghadapi tim yang sama sekali berbeda. Selain itu, Republik Ceko sangat bagus dan saya sangat menghormatinya. Pelatih telah melakukan pekerjaan fantastis di sana. Mereka adalah tim yang sangat berbahaya."

Sementara itu, laga kontra Inggris terasa spesial untuk Tomas Soucek. Maklum, ia adalah gelandang bertahan klub Premier League, West Ham United.

"Saya sangat menantikannya. Ini akan menjadi pertandingan yang spesial bagi saya tak hanya di Republik Ceko, tetapi juga Inggris," kata Soucek.

"Ketika tiba di ruang ganti West Ham, saya yakin akan ada banyak pembahasan. Saya berharap bisa berada dalam suasana hati yang baik pada saat itu."

Prakiraan susunan pemain:

Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik; Boril, Kalas, Celustka, Coufal; Holes, Soucek; Jankto, Darida, Masopust; Schick.

Pelatih: Jaroslav Silhavy.

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Shaw, Maguire, Stones, Walker; Henderson, Rice; Rashford, Grealish, Mount; Kane.

Pelatih: Gareth Southgate.

Head to head

12-10-2019 Ceko 2-1 Inggris (Piala Eropa 2020)
23-03-2019 Inggris 5-0 Ceko (Piala Eropa 2020)
21-08-2008 Inggris 2-2 Ceko (Persahabatan)
18-11-1998 Inggris 2-0 Ceko (Persahabatan)

Prediksi BolaSkor

Republik Ceko 0-2 Inggris

Simak Rangkuman Keseruan Piala Eropa 2020 di sini