BolaSkor.com - Piala Dunia 2018 akan resmi dihelat pada Kamis (14/6). Rencananya, pertandingan antara Rusia kontra Arab Saudi pada laga pertama Grup A, di Luzhniki Stadium, membuka turnamen tersebut.

Pertandingan kontra Arab Saudi sangat penting bagi Rusia untuk melangkah ke fase selanjutnya. Sebab, Arab Saudi bisa dibilang lawan terlemah jika dibandingkan dengan Mesir dan Uruguay. Selain itu, berdasarkan materi pemain, Rusia jelas lebih mengilap.

Rusia dipastikan akan didukung oleh puluhan ribu suporternya. Hal itu tentu akan membangkitkan motivasi skuat asuhan Stanislav Cherchesov tersebut.

Rusia diprediksi akan menggunakan formasi 4-1-4-1. Pos lini serang dikabarkan akan dihuni oleh Fedor Smolov. Sementara itu pemain berpengalaman, Yuri Zhirkov akan menekan dari sisi kanan.

Kendati demikian, Rusia tetap realistis. Penyerang timnas Rusia, Artyom Dzyuba, mengakui akan sulit untuk berbicara banyak pada Piala Dunia 2018.

"Kami Realistis. Kami bukan favorit untuk memenangi Piala Dunia, namun kami ingin lolos dari grup dan kami juga bermain di kandang. Kami ingin membuktikan kepada semua orang dan juga diri sendiri jika dapat bermain sepak bola. Jadi, negara bisa bangga," ungkap Dzyuba seperti dilansir Sky Sport.

"Kami adalah negara sepak bola, bukan hanya bola basket atau bola voli. Kami akan berusaha keras untuk lolos dari grup."

Pada sisi lain, Arab Saudi juga tak bisa dipandang sebelah mata. Pada laga uji coba terakhir, wakil Asia tersebut hanya kalah 2-1 dari tim kuat, Jerman.

Tim Beruang Merah perlu mewaspadai pergerakan penyerang andalan Arab Saudi, Fahad Al Muwallad. Pemain 25 tahun itu telah mendulang tiga gol bersama klubnya, Al Ittihad.

Tidak hanya Al Muwallad, Arab Saudi juga punya penyerang berbahaya lainnya yakni Mohammad Al-Sahlawi. Sang pemain tampil cemerlang pada babak kualifikasi dengan mendulang 16 gol.

Sementara itu, Rusia hanya meraih dua imbang dan tiga kekalahan pada lima laga terakhir di Piala Dunia. Bahkan, negeri pecahan Uni Soviet tersebut hanya menuai dua kemenangan sepanjang sejarah berlaga di Piala Dunia.

Arab Saudi juga tak lebih baik. Arab hanya menjadi juru kunci dalam tiga edisi terakhir Piala Dunia. Prestasi terbaiknya ialah lolos ke babak 16 besar pada Piala Dunia 1994.

Sepanjang sejarah, Rusia hanya satu kali bersua Arab Saudi pada Oktober 1993. Ketika itu, Arab menang dengan skor 4-2.

Prakiraan susunan pemain:

Rusia (4-1-4-1): Igor Akinfeev; Mario Fernandes, Sergei Ignashevich, Vladimir Granat, Fedor Kudryashov, Roman Zobnin, Aleksandr Samedov, Aleksandr Dzagoev, Aleksandr
Golovin, Yuri Zhirkov, Fedor Smolov.

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Arab Saudi (4-2-3-1): Abdullan Al-Mayoof; Mohammed Al Burayk, Omar Hawsawi, Osama Hawsawi, Yasir Al Shahrani; Abdullah Ateef, Salman AL Faraj; Yahya Al Shehri, Taiseer
Al Jassam, Salem Al Dawsari, Fahad Al Muwallad.

Pelatih: Juan Antonio Pizzi