BolaSkor.com - Salah satu tim kuda hitam Piala Eropa 2020, Belgia akan menghadapi tuan rumah Rusia di laga pertama grup B pada Minggu (13/06) pukul 02.00 dini hari WIB. Pertandingan itu dihelat di Stadion Krestovsky.

Kendati baru laga pertama pertandingan itu akan menguji kelayakan Red Devils sebagai kuda hitam, dan bahkan potensi juara kejutan di Piala Eropa 2020. Maklum saja Belgia arahan Roberto Martinez dinilai memiliki generasi 'emas' dalam skuadnya.

Pemain-pemain top yang bermain di level tinggi Eropa seperti Eden Hazard (Real Madrid), Kevin De Bruyne (Manchester City), Romelu Lukaku (Inter Milan), dan Thibaut Courtois (Real Madrid) ada dalam skuad.

Baca Juga:

Timnas Belgia Tanpa De Bruyne pada Laga Perdana Piala Eropa 2020

9 Aturan yang Tak Banyak Diketahui di Piala Eropa 2020

5 Pertandingan Pembuka Piala Eropa Paling Sengit

Sesi latihan timnas Belgia

Pertandingan melawan tuan rumah akan menarik, sebab Rusia besutan Stanislav Cherchesov bukan salah satu tim unggulan, tetapi bisa mengejutkan dengan kolektivitas bermain mereka tanpa adanya bintang di dalam tim.

Belgia punya rekor superior tak pernah kalah melawan Rusia sebanyak tujuh laga (menang lima kali dan imbang dua kali). Keduanya juga bertemu di Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Satu-satunya catatan hebat Rusia atas Belgia kala mereka masih bernama Uni Soviet dengan catatan empat kemenangan dari lima pertemuan. Tak ayal rekor sudah memihak kepada Belgia.

Kabar Tim

Belgia tidak akan diperkuat dua pemain kunci mereka saat melawan Rusia. Kedua pemain itu adalah Axel Witsel dan Kevin De Bruyne. Witsel sudah cedera sejak Januari lalu dengan Borussia Dortmund, sementara De Bruyne dalam masa pemulihan dengan hidung retak pasca final Liga Champions dengan Manchester City.

Sementara dari kubu Rusia nama-nama seperti Dmitri Barinov, Roman Zobnin, dan Fedor Kudryashov berpotensi absen kontra Belgia karena alasan berbeda. Andrey Mostovoy juga digantikan oleh Roman Evgeniev karena positif virus corona.

Komentar Pelatih

Roberto Martinez

Pertandingan pembuka selalu penting dan itu ditekankan oleh Roberto Martinez. Eks pelatih Everton itu juga mewaspadai semangat bermain Rusia yang didukung oleh suporter tuan rumah.

"Saya setuju bahwa pertandingan pertama seringkali menjadi yang paling sulit dalam turnamen besar. Anda harus masuk ke turnamen baik secara mental maupun fisik," ucap Martinez di laman resmi UEFA.

"Besok akan menjadi ujian yang sesungguhnya, karena kami mengenal tim ini dengan sangat baik, tetapi mereka juga tahu. kami dengan hati dan mereka akan mendapat dukungan dari penggemar mereka."

Cherchesov meminta komitmen dan permainan maksimal dari timnya menghadapi Belgia, khususnya karena Belgia punya pengalaman besar dengan skuad yang mereka miliki sejak Piala Dunia 2018.

Stanislav Cherchesov

"Belgia memiliki 18 pemain yang bermain di Piala Dunia 2018. Mereka jelas tim yang kuat," tambah Cherchesov.

"Kami telah bermain melawan mereka tiga kali selama beberapa tahun terakhir (Rusia kalah 1-3 dan 1-4 di kualifikasi Piala Eropa dan seri 3-3 dalam pertandingan persahabatan) dan semua pertandingan benar-benar menghibur. Kami harus bermain maksimal besok untuk berhasil."

Head to Head

Belgia punya rekor head to head atas Rusia dan butuh keajaiban bagi Rusia untuk mengakhirinya. Tetapi mereka tak bisa diremehkan dengan suporter yang akan mendukung Rusia di stadion.

Rusia 1-4 Belgia (Kualifikasi Piala Eropa 2020)
Belgia 3-1 Rusia (Kualifikasi Piala Eropa 2020)
Rusia 3-3 Belgia (Uji Coba 2017)
Belgia 1-0 Rusia (Piala Dunia 2014)
Rusia 0-2 Belgia (Uji Coba 2010)

Prakiraan dan Prediksi Susunan Pemain

Rusia (5-3-1-1): Anton Shunin; Mario Fernandes, Dmitri Barinov, Georgi Dzhikiya, Andrei Semyonov, Vyascheslav Karavayev; Roman Zobnin, Magomed Ozdoyev, Aleksandr Golovin; Aleksei Miranchuk; Artem Dzyuba

Pelatih: Stanislav Cherchesov

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Jason Denayer; Thomas Meunier, Leander Dendoncker, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens, Romelu Lukaku, Jeremy Doku

Pelatih: Roberto Martinez

Prediksi BolaSkor: Rusia 45-55 Belgia