BolaSkor.com - Samara Arena bakal menjadi saksi pertarungan perempat final antara Swedia kontra Inggris, Sabtu (7/7) malam WIB. Duel ini mempertemukan dua tim yang nyaris seperempat abad tidak pernah melaju hingga semifinal di Piala Dunia.

Bagi Swedia, jika sukses meraih tiket semifinal, ini akan menjadi kali pertama sejak 1994. Sedangkan bagi Inggris bakal menjadi yang pertama sejak Piala Dunia 1990.

Pasukan Gareth Southgate berhasil tampil di perempat final setelah berhasil mengatasi halangan mental. Mereka mampu menjaga ketenangan meski Kolombia bisa menyamakan kedudukan di ujung laga dan berhasil mengatasi tekanan adu penalti, yang selama ini menjadi momok The Three Lions.

Bicara mental, Swedia sudah membuktikan bahwa faktor non-teknis ini bisa membawa tim tanpa bintang meraih sukses. Sepanjang turnamen, Swedia tampil penuh percaya diri. Kebijakan staf pelatih untuk memperkuat mental pemain berbuah positif.

Pada laga nanti, Swedia tidak akan diperkuat bek kanan Mikael Lustig yang terkena akumulasi kartu kuning. Posisinya kemungkinan akan diisi oleh Emil Krafth. Namun, Swedia mendapat suntikan dengan kembalinya Sebastian Larsson.

Pelatih Swedia, Janne Andersson hampir dipastikan tidak akan melakukan banyak perubahan dalam hal taktik dan skema permainan. Andersson akan tetap memercayai permainan yang sudah membawa timnya hingga perempat final. Yaitu, fokus membangun pertahanan yang solid dan melepaskan serangan balik tiap ada kesempatan.