BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9). Ini laga perdana Skuat Garuda di ajang tersebut.

Timnas Indonesia memang menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 dari Grup G. Skuat Garuda menghuni Grup G bersama Uni Emirat Arab (UEA), Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Menghadapi Malaysia, pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy, menggunakan 23 pemain. Satu pemain yang dicoret dari 24 pemain pemusatan latihan adalah Osas Saha. Striker naturalisasi klub TIRA-Persikabo itu mengalami gangguan pada otot kakinya.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Simon McMenemy mengakui laga melawan Malaysia adalah adu gengsi. Mental pemain pun menjadi pembeda dalam laga nanti.

Wajar saja apa yang dikatakan Simon McMenemy, karena siapa yang unggul dalam mental, mereka yang menang. Mental diperlukan agar strategi dan kedisiplinan selama permainan tidak hancur.

"Ini pertandingan sesungguhnya. Bukan hanya memperebutkan poin, tapi lebih dari itu. Jika ditarik, ada sejarah dalam pertemuan ini," kata Simon McMenemy.

"Kami bukan hanya teknik dan taktik, mental juga harus dipersiapkan. Karena seperti saya bilang bukan hanya soal poin, tapi ada yang dipertaruhkan."

Baca Juga:

Jelang Lawan Malaysia, Luis Milla Beri Dukungan untuk Timnas Indonesia

Osas Saha Cedera Otot Kaki, Ini 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi Malaysia

Malaysia
Timnas Malaysia. (Twitter FAM)

Sementara itu, pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe, skuatnya sudah siap menghadapi Timnas Indonesia dan puluhan ribu suporter di SUGBK.

"Tentu saja tim kami sudah siap, dan telah menganalisa bagaimana permainan dari tim lawan. Kami berharap hasil yang bagus, dan memberikan permainan yang enak dilihat," kata Tan Cheng Hoe.

"Menurut saya, pemain kami tidak perlu merasakan tekanan (suporter), yang penting kami perlu fokus pada latihan dan pertandingan nanti untuk mengambil poin di Indonesia," tambahnya.

Dalam laga nanti, Timnas Indonesia kemungkinan besar mengandalkan formasi 4-3-3. Di mana, Beto Goncalves menjadi ujung tombak.

Stefano Lilipaly yang berada di belakang Beto Goncalves ditopang Irfan Jaya dan Andik Vermansah. Penyerangan lahir dari sisi sayap dan tengah.

Di sisi lain, Malaysia kemungkinan juga akan menggunakan formasi yang sama. Striker naturalisasi Mohamadou Sumareh jadi andalan.