BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Nepal, pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Timnas Indonesia wajib menang untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Status juara grup atau salah satu runner-up terbaik bisa diraih Skuat Garuda.

Saat ini, Timnas Indonesia di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan raihan 3 poin dari 2 laga. Menang head to head atas Kuwait di posisi ketiga meski menang 4-1 atas Nepal, dengan poin sama.

Sedangkan Yordania nyaman di puncak klasemen dengan 6 poin dari 2 laga. Nepal sudah dipastikan tersingkir.

Baca Juga:

Hadapi Timnas Indonesia, Nepal Incar Obat Pelipur Lara

Filipina Dibantai Palestina, Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023 Makin Besar

Dilansir dari situs resmi AFC, Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 dengan status juara grup, jika meraih kemenangan melawan Nepal. Di sisi lain, Kuwait juga menang 1-0 melawan Yordania.

Dengan begitu, Indonesia, Yordania, dan Kuwait sama-sama mengoleksi enam poin. Klasemen mini dibuat, dengan poin dan gol melawan Nepal tak dihitung. Pasalnya, Nepal menjadi juru kunci.

Indonesia dan Kuwait mempunyai selisih gol 2-2. Hasil Indonesia 2-1 Kuwait, Indonesia 0-1 Yordania, dan Kuwait 1-0 Yordania. Namun, Indonesia memuncaki klasemen karena unggul head to head dari Kuwait.

Sedangkan Yordania di posisi ketiga dengan selisib gol 1-1.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Asia 2023 dengan status salah satu 5 runner-up terbaik dari 6 grup.

Timnas Indonesia harus menang lawan Nepal dengan margin banyak gol. Sambil berharap Kuwait kalah atau imbang melawan Yordania.

Skuat Garuda bakal menempati posisi kedua dengan 6 poin. Kuwait di posisi ketiga dengan 4 atau 3 poin. Yordania di posisi pertama dengan 9 atau 7 poin.

Kemenangan besar dengan selisih gol akan menentukan klasemen runner-up terbaik.

Saat ini, Timnas Indonesia di posisi keenam klasemen terbaik runner-up Kualifikasi Piala Asia 2023.

Posisi pertama di tempati Thailand dengan 6 poin dari 2 laga. Disusul Kyrgyzstan (6 poin), India (6 poin), Filipina (4 poin), dan Malaysia (3 poin).

Indonesia punya peluang besar menyodok ke lima besar, usai Palestina menang 4-0 atas Filipina. Apalagi, Thailand, Kyrgyzstan, dan India akan menghapi para pemuncak klasemen atau lawan terkuat grupnya masing-masing, yakni Uzbekistan, Tajikistan, serta Hong Kong. Hanya Malaysia yang mendapat lawan mudah, yakni juru kunci Bangladesh.

Timnas Indonesia
Rachmat Irianto dilanggar oleh pemain Yordania. (PSSI)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan kondisi para pemainnya cukup bagus untuk laga kontra Nepal. Pratama Arhan yang sempat mengalami cedera ringan di pertandingan melawan Yordania juga sudah menjalani pemulihan dengan cukup baik.

"Jadi semuanya sudah siap dan tidak ada yang cedera," kata Shin Tae-yong.

"Jadi pastinya bisa tampilkan yang terbaik untuk besok (dini hari nanti)," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Sementara itu, Nepal mengincar kemenangan atas Indonesia sebagai obat pelipur lara. Pelatih timnas Nepal, Abdullah Almutairi sangat percaya diri seperti ditulis Khabarhub.

"Nepal dan Indonesia bersaing dalam kompetisi resmi untuk pertama kali. Dalam hal ini, Nepal dan Indonesia tidak saling mengenal," tulis media tersebut.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Head to Head Timnas Indonesia Vs Nepal, dari data RSSSF Indonesia:

25 Juni 2014 - Indonesia 2-0 Nepal di Stadion Gajayana, Malang.

(Samsul Arif 5', Hendro Siswanto 82')

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia:

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga; Irfan Jaya, Stefano Lilipaly, Witan Sulaeman.

Prediksi BolaSkor.com: 60-40