BolaSkor.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand, pada laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala Asia 2023 putaran kedua, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9).

Timnas Indonesia wajib bangkit dalam laga ini, usai dikalahkan Malaysia 2-3 pada pertandingan pertama. Para pemain Skuat Garuda harus melupakan kekalahan lawan Malaysia, agar bisa menjaga asa lolos ke kualifikasi putaran terakhir Piala Dunia 2022.

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengaku hari ini merupakan pertandingan yang besar. Ia juga ingin pertandingan melawan Thailand akan menjadi kebangkitan untuk Skuat Garuda dan mencoba meraih kemenangan pada laga tersebut.

"Besok (hari ini) pertandingan yang besar untuk kami, jujur kami susah move on dari pertandingan terakhir kemarin bahkan masih ada orang yang sedih dari pertandingan tersebut, tapi kami profesional dan hidup kami ditentukan oleh menang dan kalah," kata Simon McMemeny.

"Sekarang saya ingin memberikan tantangan untuk pemain ketika mereka kalah responnya seperti apa dan apakah mau kalah seperti kemarin. Semua tahu semua tim akan kalah semua tim akan ditentukan bangkit dari kekahalan," Simon McMenemy menambahkan.

"Yang saya suka dari tim ini ialah semua tim ingin bangkit. Saya tahu mereka sedih dan kecewa tapi mereka ingin buktikan dan sekarang saya sudah tidak sabar untuk menghadapi pertandingan besok," tutup Simon McMenemy.

Baca Juga:

Dikritik, Andritany Ardhiyasa Siap Buktikan Kualitas ketika Lawan Thailand

Skuat Thailand Tak Sendiri di Markas Indonesia, Lebih dari 100 Pendukungnya akan Hadir di SUGBK

Di satu sisi, Thailand bukan lawan mudah bagi Timnas Indonesia. Timnas Indonesia terakhir kali mengalahkan Thailand, pada final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, tiga tahun lalu. Saat itu, Timnas Indonesia menang 2-1 atas Thailand.

Thailand datang ke SUGBK dengan keadaan pincang. Pasalnya, The Elephant Wars main imbang tanpa gol di kandangnya saat hadapi Vietnam, dan minim penyerang yang dibawa.

"Kami punya beberapa hari istirahat. Sekarang kami sudah sangat siap menghadapi laga besok (hari ini)," kata pelatih Thailand, Akira Nishino.

Akira Nishino melakukan perubahan jelang menghadapi Indonesia Thitiphan Puangjan dan Peeradol Chamrasamee yang cedera digantikan Anon Amornlerdsak dan Patcharapol Intanee.

"Ada beberapa pemain yang tidak bisa kami bawa ke Jakarta. Ada beberapa pemain baru yang datang ke skuat, sekarang kami mencoba membangun skuat yang lebih maksimal, melakukan penyesuaian. Atmosfer di dalam tim juga sangat bagus," sambung Akira Nishino.

Timnas Indonesia Vs Thailand
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy saat konferensi pers. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Duel klasik Asia Tenggara ini diprediksi berjalan sengit. Kedua tim ngotot meraih kemenangan perdananya.

Timnas Indonesia kemungkinan akan melakukan rotasi lini belakang. Simon McMenemy kemungkinan menempatkan Victor Igbonefo dan Yanto Basna di posisi duet bek tengah. Kedua pemain ini paham betul sepak bola Thailand dalam beberapa tahun ke belakang, karena bermain di kompetisi kasta tetinggi negeri Gajah Putih tersebut.