Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand: Ujian Sesungguhnya Skuat Garuda dan Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 29 Desember 2022
Prediksi Timnas Indonesia Vs Thailand: Ujian Sesungguhnya Skuat Garuda dan Shin Tae-yong
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol Egy Maulana Vikri ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia bakal mendapatkan ujian sesungguhnya dalam kampanyenya menjadi juara Piala AFF 2022. Skuat Garuda ditantang Thailand pada laga ketiga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12) mulai pukul 16.30 WIB.

Ini menjadi pertemuan ke-15 untuk kedua tim. Dari 15 laga itu, Thailand mendominasi dengan 9 kemenangan berbanding tiga untuk Indonesia dan dua laga lainnya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir kedua tim di Piala AFF terjadi pada tahun lalu. Timnas Indonesia dan Thailand saling berhadapan di final Piala AFF 2020 (yang digelar 2021).

Pada leg pertama, Timnas Indonesia dicukur oleh Thailand, empat gol tanpa balas. Hasil imbang 2-2 di pertemuan kedua sudah cukup untuk Thailand memastikan gelar keenam mereka di Piala AFF.

Karena itu, aroma balas dendam sangat terasa pada pertandingan sore nanti di SUGBK. Bermain di hadapan publik sendiri tentu jadi kesempatan Timnas Indonesia membalas kekalahan menyakitkan di final Piala AFF 2020.

Untuk menghadapi Thailand kali ini, Timnas Indonesia punya modal yang cukup baik. Garuda menang di dua laga awal fase grup kontra Kamboja (2-1) dan Brunei Darussalam (7-0).

Namun, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak mau berpatokan pada hasil di dua laga itu. Sebab, kekuatan Thailand sangat berbeda dibandingkan Kamboja dan Brunei.

"Seperti apa yang kita semua ketahui bahwa Thailand itu adalah tim terbaik di Asia Tenggara. Kami bermain tiga hari sekali, Thailand juga mengalami hal yang sama. Kami akan mempersiapkan tim dengan maksimal agar pertandingan nanti bisa menjadi pertandingan yang baik," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Vs Thailand, Mano Polking: Ini Laga Besar

Timnas Indonesia Vs Thailand, Shin Tae-yong dan Pemain Siap Habis-habisan

Shin Tae-yong Secara Tersirat Janjikan Timnas Indonesia Tekuk Thailand

Shin Tae-yong memang sangat serius untuk menghadapi Thailand. Dia sampai merotasi skuatnya ketika menghadapi Kamboja supaya para pemainnya dalam kondisi lebih baik ketika melawan Thailand.

Sejak menukangi Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong belum pernah membawa timnya menang atas Thailand. Dari empat pertemuan, catatanya adalah dua kali imbang dan dua kali kalah.

Shin Tae-yong bertekad memperbaiki catatan tersebut. Apalagi pertandingan digelar di SUGBK.

"Saya tidak pernah menang lawan Thailand. Dua kali menang dan dua kali imbang. Tetapi sebelumnya saya belum bisa mengontrol timnas dengan baik karena berbagai faktor. Tetapi sekarang sudah lebih baik, termasuk dari sesi kekompakan tim dan pemain. Masyarakat boleh percaya dengan Timnas Indonesia saat ini," ujarnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

Pekerjaan rumah atau PR Timnas Indonesia sebelum menghadapi Thailand juga sudah mulai diselesaikan satu per satu. Shin Tae-yong berkali-kali menegaskan bahwa para pemainnya masih sangat lemah dalam hal penyelesaian akhir.

Saat menghadapi Kamboja, Timnas Indonesia berhasil melepaskan delapan shot on target. Namun, hanya dua yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Lalu, pada pertandingan melawan Brunei, meski menyarangkan tujuh gol ke gawang lawan, Timnas Indonesia sebetulnya mampu melepaskan 33 tembakan. Dari 33 percobaan itu, hanya 13 yang mengarah ke gawang dan 7 yang menjadi gol.

Di laga melawan Thailand, situasi ini tidak boleh terulang. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus bisa seefektif mungkin setiap mendapatkan peluang mencetak gol. Sebab, pertahanan Tim Gajah Perang sangat tangguh karena belum kebobolan di dua laga awal.

"Masalah itu (finishing) sudah kami perbaiki pelan-pelan dan saya percaya akan menjadi lebih baik. Bukan soal finishing saja, fokus pemain juga harus ditingkatkan," tutur Shin Tae-yong.

Sementara itu, pelatih Thailand, Alexandre 'Mano' Polking, bertekad mencuri poin penuh meski laga nanti digelar di SUGBK. Dia pun menegaskan bahwa Thailand sudah siap menghadapi tekanan suporter Timnas Indonesia yang akan memadati SUGBK. Berdasarkan informasi terakhir, 50 ribu tiket yang disiapkan oleh PSSI sudah ludes.

"Ini kali pertama saya melawan Timnas Indonesia di SUGBK. Stadion akan penuh dengan suporter yang 'gila' dalam memberikan dukungan untuk Indonesia. Tetapi, saya suka tipikal pertandingan seperti ini karena akan baik untuk [mental] pemain," ujar Mano.

Pelatih Timnas Thailand Alexandre Polking bersalaman dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. (Twitter Timnas Thailand)

Mano juga menjelaskan bahwa dirinya sudah mempelajari permainan Timnas Indonesia saat melawan Kamboja dan Brunei. Ada beberapa pemain yang dinilai Mano sebagai kunci permainan Tim Merah-Putih, mulai dari Jordi Amat, Marselino Ferdinan dan Egy Maulana Vikri.

"Indonesia punya banyak pemain muda. Mereka punya kecepatan dan semangat juang yang bagus. Lalu sekarang ada Jordi Amat juga yang bisa membagi bola dari belakang dan Marselino yang merupakan pemain muda terbaik. Juga ada Witan dan Egy di sektor sayap."

"Timnas Indonesia adalah tim yang sangat terorganisasi dengan pelatih yang bagus. Saya harap tim terbaik yang akan menang dan saya berharap itu adalah Thailand," pungkas Mano.

5 Pertemuan Terakhir

17 November 2018: Thailand 4-2 Indonesia (Piala AFF)

10 September 2019: Indonesia 0-3 Thailand (Kualifikasi Piala Dunia)

03 Juni 2021: Thailand 2-2 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia)

29 Desember 2021: Indonesia 0-4 Thailand (Piala AFF)

01 Januari 2022: Thailand 2-2 Indonesia (Piala AFF)

5 Laga Terakhir Timnas Indonesia

26 Desember 2022: Brunei Darussalam 0-7 Indonesia (Piala AFF)

23 Desember 2022: Indonesia 2-1 Kamboja (Piala AFF)

27 September 2022: Indonesia 2-1 Curacao (FIFA Matchday)

24 September 2022: Indonesia 3-2 Curacao (FIFA Matchday)

15 Juni 2022: Indonesia 7-0 Nepal (Kualifikasi Piala Asia 2023)

5 Laga Terakhir Timnas Thailand

26 Desember 2022: Thailand 4-0 Filipina (Piala AFF)

20 Desember 2022: Brunei 0-5 Thailand (Piala AFF)

25 September 2022: Thailand 2-1 Trinidad dan Tobago (King's Cup)

22 September 2022: Thailand (3) 1-1 (5) Malaysia (King's Cup)

14 Juni 2022: Uzbekistan 2-0 Thailand (Kualifikasi Piala Asia 2023)

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam Bahar, Jordi Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan; Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic

Thailand: Kittipong Phuthawchueak; Suphanan Bureerat, Pansa Henviboon, Kritsada Kaman, Sasalak Haiprakhon; Ekanit Panya, Sarach Yooyen, Theerathon Bunmathan, Bordin Phala; Adisak Kraisorn, Teerasil Dangda

Prediksi BolaSkor: Indonesia 50:50 Thailand

Timnas Indonesia Timnas Thailand Thailand Shin Tae-yong Alexandre Polking Piala aff Piala AFF 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan