BolaSkor.com - Derby London Utara akan tersaji di pekan 35 Premier League. Tottenham Hotspur akan menjadi tuan rumah di Tottenham Hotspur Stadium melawan Arsenal, Minggu (12/07) pukul 22.30 WIB. Kedua tim sama-sama ada di papan tengah klasemen.

Arsenal ada di peringkat delapan klasemen dengan raihan 50 poin dan Tottenham di peringka 10 dengan raihan 49 poin. Kendati keduanya jauh dari pertarungan di zona Liga Champions, Derby London Utara tetap sarat gengsi meski di laga nanti tidak ada penonton karena pandemi virus corona.

Tottenham memiliki keunggulan. Menurut data dari BBC Sport mereka tak terkalahkan di lima laga kandang terakhir di liga melawan Arsenal (tiga kemenangan dan dua hasil imbang). Bahkan gawang Arsenal selalu kebobolan gol.

Baca Juga:

Mikel Arteta Ingin Arsenal Perpanjang Kontrak Shkodran Mustafi

5 Fakta Menarik Mengenai Target Transfer Arsenal, Thomas Partey

Jose Mourinho Sesumbar Persembahkan Trofi untuk Tottenham Hotspur

Terakhir Arsenal mencatatkan clean sheets alias tidak kebobolan di laga tandang Premier League melawan Spurs terjadi pada Maret 2014. Tidak hanya itu manajer Spurs, Jose Mourinho juga punya catatan bagus.

The Special One tidak pernah kalah di laga kandang melawan Arsenal dalam kariernya dengan catatan: lima kemenangan dan empat hasil imbang. Pengalaman plus catatan itu membuat tim arahan Mourinho diunggulkan jelang laga nanti.

Jose Mourinho

"Jelas (Mourinho masih manajer kelas dunia). Saya sangat respek kepada Jose dan apa yang coba dia lakukan. Dia memastikan dia menang dan dia sudah juara di setiap klub yang pernah dia tangani," ucap Mikel Arteta, memuji Mourinho.

"Saya yakin dia akan sukses. Dia akan butuh sedikit waktu. Dia punya cara bermain yang sangat jelas dan bagaimana dia mengelola permainan. Tidak kebobolan adalah bagian dari apa yang ingin dia lakukan."

Berkebalikan 180 derajat dari Mourinho karier kepelatihan Arteta masih 'seumur jagung'. Manajer asal Spanyol berusia 38 tahun ditunjuk melatih Arsenal pada 2019 setelah tiga tahun jadi asisten Pep Guardiola di Manchester City.

Kendati demikian Mourinho cukup mengenal Arteta ketika dia masih berada di akademi La Masia Barcelona dan tim muda klub. Mourinho memuji Arteta dan bahkan memberinya julukan baru dengan memanggilnya 'mister'.

Mikel Arteta

"Dengar, saya bertemu Mikel ketika Mikel masih anak-anak di Barcelona. Saya di sana dengan Tuan Van Gal, Mikel benar-benar masih kecil," cerita Mourinho.

‘Jadi saya kenal dia dari sana dan ketika Anda mengenal anak-anak dewasa ini, waktu berlalu tetapi pada akhirnya Anda selalu melihat mereka sebagai anak yang sangat Anda sukai."

"Ketika dia menjadi asisten Pep, dengan cara yang lucu saya mulai memanggilnya, setiap kali kami bertemu, 'Mister', bukan Mikel lagi. 'Mister'. Jadi kami selalu tertawa tentang ini."

"Dan tentu saja saya sangat menyukainya. Saya berharap semuanya berjalan baik untuknya dalam kariernya, tetapi saya harus mengakui pada saat ini dia berada di klub rival, klub yang berjuang pada saat ini untuk hal-hal yang sama yang kita lawan - yang merupakan posisi Eropa. Dan saya tidak bisa berharap dia baik dalam situasi ini."

Tidak seperti kala Tottenham ditangani Mauricio Pochettino, Tottenham-nya Mourinho lebih solid di lini belakang dan disiplin dalam menjaga pertahanan. Tak ayal Arsenal harus berusaha keras untuk meruntuhkan pertahanan tersebut.

Prakiraan Susunan Pemain:

Tottenham (4-3-3): Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies; Moussa Sissoko, Harry Winks, Giovani Lo Celso; Lucas Moura, Harry Kane, Son Heung-min

Manajer: Jose Mourinho

Arsenal (3-4-3): Emiliano Martinez; Shkodran Mustafi, David Luiz, Sead Kolasinac; Hector Bellerin, Granit Xhaka, Dani Ceballos, Kieran Tierney; Bukayo Saka, Alexandre Lacazette, Pierre-Emerick Aubameyang

Manajer: Mikel Arteta

Prediksi: Tottenham menang 50%, imbang 5%, Arsenal menang 45%