BolaSkor.com - Tim Nasional Inggris akan menantang Ukraina pada perempat final Piala Eropa 2020 di Stadio Olimpico, Minggu (4/7) pukul 02.00 dini hari WIB. Laga ini bisa menjadi ujian mental juara The Three Lions.

Inggris merupakan salah satu tim yang diunggulkan mampu menjuarai Piala Eropa 2020. Namun tim asuhan Gareth Southgate tampil kurang meyakinkan pada fase grup.

Harry Kane dan kawan-kawan baru menunjukkan kualitasnya saat mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 pada babak 16 besar lalu. Inggris memang tampil solid dalam pertandingan tersebut.

Baca Juga:

Bukannya Sombong, Lini Depan Inggris Memang Menakutkan

Tumbangkan Jerman, Harry Kane Targetkan Final Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020: Jumpa Inggris, Ukraina Berpeluang Dapat Kekuatan Tambahan

Pertemuan terakhir Inggris dan Ukraina di Piala Eropa terjadi pada 2012 silam.

Namun laga kontra Ukraina akan sedikit berbeda. Ini akan jadi kali pertama bagi Inggris tampil di luar kandangnya sepanjang gelaran Piala Eropa 2020.

Pada empat laga sebelumnya, Inggris memang selalu tampil di Stadion Wembley yang notabene markasnya. Penampilan mereka pun sedikit dibantu oleh dukungan penuh suporter.

Tampil di luar kandang tentu akan membuat para pemain Inggris memasuki pertandingan dengan suasana berbeda. Hal ini kemungkinan akan coba dimanfaatkan Ukraina untuk membuat kejutan.

Dalam kondisi inilah mental juara Inggris diuji. Jika mampu melewati adangan Ukraina, jalan mereka menuju tangga juara semakin lapang karena akan kembali ke Wembley pada semifinal dan final.

Kondisi Tim

Ukraina terancam tampil pincang dalam pertandingan ini. Salah satu pemain kuncinya yaitu Andriy Yarmolenko dalam kondisi meragukan.

Namun penyerang West Ham United itu kemungkinan akan tetap dipaksakan bermain. Duetnya bersama Roman Yaremchuk memang menjadi andalan Ukraina untuk mencetak gol.

Sebaliknya, Inggris bisa menurunkan kekuatan penuh dalam laga nanti. Jack Grealish yang tampil cukup apik kontra Jerman berpeluang tampil sebagai starter dalam laga nanti.

Komentar Pelatih

Pelatih Ukraina, Andriy Shevchenko menegaskan Ukraina akan tampil tanpa beban dalam pertandingan ini. Ia menilai tim asuhannya sudah melewati target dengan lolos ke perempat final.

"Kedua tim ingin menjadi tim yang lebih baik. Mungkin, ada tekanan yang berbeda pada Inggris karena mereka dipandang sebagai favorit," kata Shevchenko pada sesi jumpa pers jelang laga.

"Semua orang sangat tahu bahwa apa pun bisa terjadi dalam sepak bola. Kami mempersiapkan dengan sangat serius dan kami ingin mengejutkan Inggris."

Sementara Southgate mengaku sudah mempelajari permainan Ukraina. Ia memperingatkan anak-anak asuhnya untuk tidak menganggap remeh.

"Kami bisa melihat seberapa baik Ukraina dengan bola. Mereka memberikan ancaman dengan penyerang mereka dan tentu saja mereka memiliki semangat yang luar biasa," kata Southgate.

"Mereka menunjukkan semua hal itu melawan Swedia."

Head to head

11-09-2013 Ukraina 0-0 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia)
12-09-2012 Inggris 1-1 Ukraina (Kualifikasi Piala Dunia)
20-06-2012 Inggris 1-0 Ukraina (Piala Eropa)
10-10-2009 Ukraina 1-0 Inggris (Kualifikasi Piala Dunia)
02-04-2009 Inggris 2-1 Ukraina (Kualifikasi Piala Dunia)

Prakiraan Susunan Pemain

Ukraina (3-5-2): Georgi Bushchan, Illia Zabarnyi, Serhii Kryvtsov, Mykola Matvienko, Oleksandr Karavaev, Mykola Shaparenko, Taras Stepanenko, Serhiy Sydorchuk, Oleksandr Zinchenko, Artem Dovbyk, Roman Yaremchuk.

Pelatih: Andriy Shevchenko.

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw, Kalvin Phillips, Jordan Henderson, Mason Mount, Raheem Sterling, Harry Kane, Jack Grealish.

Pelatih: Gareth Southgate.

Prediksi BolaSkor.com

Ukraina 0-2 Inggris

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini