BolaSkor.com - Valencia akan menjamu FC Barcelona dalam lanjutan pekan 21 LaLiga di Estadio Mestalla, Sabtu (25/01) pukul 22.00 WIB. Kendati berstatus sebagai tim tamu, Blaugrana tetap jadi favorit pemenang karena rekor superior atas Los Ches.

Butuh mundur jauh hingga 13 tahun untuk melihat kekalahan terakhir Barcelona di Estadio Mestalla, saat Barca asuhan Frank Rijkaard takluk 1-2 dari Valencia yang dilatih Quique Sanchez Flores. Semenjak saat itu, Barca telah bertemu Valencia 12 kali dan Barca memenangi lima laga serta tujuh hasil imbang.

Estadio Mestalla bersahabat bagi Barcelona, namun musim ini, Valencia belum pernah kalah ketika bermain di sana. Naik turunnya performa Valencia terjadi karena penampilan inkonsisten mereka di laga tandang.

Selain itu, patut diingat Valencia juga menaklukkan Barcelona di final Copa del Rey musim lalu dengan skor 2-1. Itu jadi satu-satunya kemenangan Valencia atas Barcelona di seluruh kompetisi (imbang tiga kali dan Valencia kalah enam kali).

Baca Juga:

Persamaan Valverde dengan Setien di Mata Frenkie de Jong

Tampil Buruk Lawan Ibiza, 4 Pemain Barcelona yang Buang Kesempatan Unjuk Gigi kepada Setien

Barcelona Semringah, Quique Setien Penuhi Janji

Valencia vs Barcelona

Persentase Valencia melawan Barcelona sangat kecil dalam kategori seluruh tim yang telah dilawan mereka lebih dari 10 laga dalam sejarah LaLiga. Persentase kemenangan Valencia hanya 24,9 persen - 169 laga, 42 kemenangan, 44 hasil imbang, dan 83 kekalahan.

Kendati demikian pelatih Barcelona, Quique Setien, tak mau menganggap remeh Valencia. Terutamanya, para pemain Barcelona juga masih beradaptasi dengan filosofi sepak bola yang coba diterapkan mantan pelatih Real Betis itu.

Quique Setien

"Setiap kali tim seperti Valencia kalah di pertandingan sebelumnya, maka itu menjadi motivasi untuk bangkit. Tapi saya akan selalu berharap lawan terbaik dan Valencia adalah tim yang hebat, dengan pemain yang sangat bagus," tutur Setien dikutip dari Forbes.

"Laga nanti akan menjadi laga di level tinggi. Kami mungkin memiliki kemungkinan melakukan lebih banyak kerusakan karena mereka memiliki kapasitas untuk menyerang Anda dan kami akan mencoba untuk mengambil keuntungan dari ruang-ruang itu, yang akan lebih banyak daripada di laga-laga sebelumnya."

Laga nanti juga bisa menjadi proses seleksi penyerang Valencia, Rodrigo Moreno, sebab striker asal Spanyol dirumorkan diincar Barcelona untuk mengggantikan Luis Suarez yang cedera.

Susunan Pemain:

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Jose Gaya, Gabriel Paulista, Ezequiel Garay, Daniel Wass; Carlos Soler, Francis Coquelin, Geoffrey Kondogbia, Ferran Torres; Maxi Gomez, Rodrigo Moreno

Pelatih: Albert Celades

Barcelona (4-3-1-2): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Arthur, Arturo Vidal; Antoine Griezmann, Lionel Messi

Pelatih: Quique Setien

Lima Laga Terakhir Valencia:
Mallorca 4-1 Valencia
Valencia 1-3 Real Madrid (Piala Super Spanyol)
Valencia 1-0 Eibar
Real Valladolid 1-1 Valencia
Valencia 1-1 Real Madrid

Lima Laga Terakhir Barcelona:
Barcelona 1-0 Granada
Barcelona 2-3 Atletico Madrid (Piala Super Spanyol)
Espanyol 2-2 Barcelona
Barcelona 4-1 Deportivo Alaves
Barcellona 0-0 Real Madrid

Prediksi BolaSkor.com: Valencia menang 45%, imbang 5%, Barcelona menang 50%