Prediksi Vietnam U-23 Vs Timnas Indonesia U-23: Ujian Perdana Garuda Muda

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 06 Mei 2022
Prediksi Vietnam U-23 Vs Timnas Indonesia U-23: Ujian Perdana Garuda Muda
Vietnam Vs Timnas Indonesia di SEA Games 2021. (BolaSkor.com/Jody Habibi)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 akan memulai kampanyenya dalam merebut medali emas cabang olahraga (cabor) sepak bola pria SEA Games 2021 dengan menghadapi tuan rumah Vietnam. Laga perdana dari Grup A ini akan dihelat di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (6/5) pukul 19.00 WIB.

Laga antara Vietnam dan Indonesia kali ini diprediksi bakal berjalan ketat dan menarik. Sebab, kedua tim merupakan unggulan di Grup A.

Indonesia dan Vietnam juga merupakan dua finalis di SEA Games 2019 yang berlangsung di Manila, Filipina. Namun, Indonesia gagal merebut medali emas setelah dibantai Vietnam, 0-3.

Karena itu, laga malam nanti bisa dijadikan ajang balas dendam tim Merah-Putih terhadap Golden Star Warriors. Akan tetapi, jelang laga malam nanti, Timnas Indonesia U-23 diganggu sejumlah faktor non-teknis, salah satunya karena mendapat tempat latihan yang tidak memadai.

Timnas Indonesia U-23 menjalani latihan perdana di Vietnam pada Rabu (4/5). Fachruddin Aryanto dkk. berlatih di Lapangan Bai Bang, Phu Tho. Namun, kondisi Lapangan Bai Bang dikeluhkan oleh manajer pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong.

"Lapangan yang kami pakai untuk latihan hari ini (Rabu) rumputnya tidak bagus dan tidak cocok untuk sepak bola modern saat ini," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Stadion Bakal Penuh, Marc Klok Antusias Bela Timnas Indonesia U-23 Kontra Vietnam

Marc Klok Tegaskan Kesiapan Timnas Indonesia U-23 Hadapi Vietnam

Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (MerahPutih Media/Arie Prijono)

Timnas Indonesia U-23 kemudian mendapat tempat latihan berbeda pada keesokan harinya, Kamis (5/5), tepatnya di Lapangan Tam Nong, Phu Tho.

Namun, perubahan tersebut tidak membuat Shin Tae-yong puas. Dia kembali mengkritik kualitas rumput di lapangan bahkan menilai kalau ukuran lapangannya tidak sesuai standar FIFA.

Meski terganggu dengan sejumlah faktor non-teknis, Shin Tae-yong tetap optimistis timnya bisa mengalahkan Vietnam.

Catatan minor dalam dua pertemuan terakhir melawan Vietnam di tim senior, yaitu kalah 0-4 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 7 Juni 2021 dan hasil imbang 0-0 saat Fase Grup Piala AFF 2020 pada 15 Desember 2021 di Singapura tidak membuat Shin Tae-yong inferior.

"Saya mengakui kemampuan Vietnam lebih baik dan di atas kami. Dua pertemuan terakhir kami tidak bisa menang, tetapi lama-lama pasti bisa lebih baik lagi," ujar Shin Tae-yong.

"Performa kami semakin meningkat dan mulai banyak pemain abroad (berkarier di luar negeri)," tambahnya.

Sementara itu, dari komposisi tim, Indonesia masih belum bisa diperkuat oleh Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam Bahar. Keduanya belum dilepas oleh klubnya masing-masing.

Pelatih Shin Tae-yong diprediksi akan memainkan Rizky Ridho sebagai duet Fachruddin Aryanto di lini belakang, sedangkan absennya Asnawi untuk sementara bisa diisi oleh Ilham Rio Fahmi yang menunjukkan perkembangan signifikan selama pemusatan latihan atau TC di Korea Selatan.

Lalu ke lini tengah, Shin Tae-yong sepertinya akan memasang trio Persib Bandung, Marc Klok-Ricky Kambuaya-Rachmat Irianto.

Untuk lini depan, Irfan Jauhari layak diberi kesempatan tampil sejak menit awal sebagai juru gedor, didampingi oleh Witan Sulaeman dan Egy Sulaeman dari kedua sisi sayap.

Baca Juga:

Komentari Komposisi Timnas Indonesia U-23, Park Hang-seo: Lebih Kuat

Park Hang-seo Sebut Timnas Vietnam U-23 Sedikit dalam Tekanan

Park Hang-seo
Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. (MerahPutih Media/Arie Prijono)

Dari kubu Vietnam, pelatih Park Hang-seo, sangat mewaspadai komposisi pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke SEA Games 2021.

Dia menyebut kalau Timnas Indonesia U-23 yang akan dihadapinya kali ini jauh lebih kuat dibanding sebelumnya, saat SEA Games 2019.

"Indonesia diperkuat sejumlah pemain yang mengikuti Piala AFF tahun lalu. Mereka juga bermaterikan pemain yang berkarier di luar negeri. Mereka punya pemain naturalisasi dari Belanda, pemain yang bermain di Inggris, dan divisi dua Korea," kata Park Hang-seo.

"Dengan komposisi seperti itu, ditambah pemain di atas 23 tahun, mereka memiliki kekuatan yang sangat kuat. Mereka lebih kuat dari turnamen sebelumnya," sambung Park Hang-seo.

Akan tetapi, pujian yang dilemparkan oleh Park Hang-seo, tidak boleh membuat Skuat Timnas Indonesia U-23 jadi terlena.

Sebab, Vietnam membawa skuat terbaiknya ke SEA Games 2021 ini, yang merupakan kombinasi dari para pemain yang tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 dan Piala AFF U-23.

Setidaknya ada tiga pemain kunci Vietnam yang harus diwaspadai Indonesia, yaitu Nguyen Tien Linh, Nguyen Hoang Duc, dan Do Hung Dung. Mereka bertiga merupakan pemain andalan Park Hang-seo saat merebut medali emas SEA Games 2019.

Prediksi susunan pemain:

Vietnam: Nguyen Van Toan; Le Van Do, Hoang Viet Anh, Nguyen Tanh Binh; Nguyen Trong Long, Nguyen Hai Long, Nguyen Hoang Duc, Ly Cong Hoang Anh; Do Hung Dung, Nguyen Van Tung, Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hang-seo

Indonesia: Ernando Ari; Ilham Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Firza Andika; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Irfan Jauhari

Pelatih: Shin Tae-yong

Prediksi BolaSkor.com: Vietnam 50:50 Indonesia

Timnas vietnam Timnas indonesia u-23 Vietnam Shin Tae-yong Park Hang-seo SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.261

Bagikan