BolaSkor.com - Manchester United akan menantang Villarreal pada laga puncak Liga Europa 2020-2021, di Stadion PGE Arena Gdansk, Kamis (27/5) dini hari WIB. The Red Devils memburu trofi untuk mengakhiri musim ini dengan kebahagiaan.

Manchester United melangkah ke final usai menumbangkan sejumlah tim-tim kuat seperti Real Sociedad, AC Milan, dan AS Roma. Sementara itu, Villarreal yang bermain sejak babak grup juga mendepak sejumlah tim yang sulit dikalahkan seperti Dynamo Kiev dan Arsenal.

Kedua tim tentunya akan mengerahkan segala kemampuan untuk menjadi yang terbaik. Titel Liga Europa akan mempermanis musim ini.

Manchester United berpeluang meraih trofi pertama di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer. Sebelumnya, The Red Devils selalu gagal meski menembus empat besar. Ambisi Man United kian berlipat ganda karena Liga Europa adalah satu-satunya titel yang bisa diraih pada musim ini.

Baca juga:

Perjalanan Manchester United Menuju Final Liga Europa

Perjalanan Villarreal Menuju Final Liga Europa 2020-2021

Sir Alex Ferguson Dampingi Man United di Final Liga Europa

Villarreal Vs Man United

Man United juga berkeinginan mengulangi kesuksesan pada musim 2016-2017. Ketika itu, Jose Mourinho sukses membawa Setan Merah juara Liga Europa.

Villarreal juga punya misi pribadi. Liga Europa bisa menjadi trofi pertama sepanjang sejarah klub.

The Yellow Submarines pun tak bisa dipandang sebelah mata oleh Manchester United. Villarreal tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan di Liga Europa musim ini. Perinciannya adalah 12 menang dan dua imbang.

Menariknya, meski sudah empat kali bersua pada Liga Champions, duel Manchester United melawan Villarreal selalu berakhir tanpa pemenang. Bahkan, skor yang tercipta selalu indentik yakni 0-0. Namun, kali ini dipastikan akan ada klub yang tersenyum pada akhir pertandingan sambil mengangkat trofi.

Potensi pertandingan berlangsung hingga adu tendangan penalti pun cukup tinggi. Pada saat itu, mental kedua pemain yang akan berbicara.

Kondisi Tim

Villarreal

Manchester United memiliki satu hari istirahat lebih sedikit daripada sang rival. Tak heran, Ole Gunnar Solskjaer perlu cermat dalam memilih pemain yang akan ditampilkan.

Anthony Martial dan Phil Jones adalah dua pemain Man United yang tidak bisa tampil. Keduanya masih dalam tahap pemulihan.

Sementara itu, untuk Harry Maguire, kondisinya masih meragukan. Apalagi, Maguire sudah tidak berlatih dengan intensitas tinggi dalam waktu yang lama. Solskjaer diprakirakan tidak akan mengambil risiko dan lebih memilih menurunkan pemain lain.

Pada sisi lain, Villarreal tidak bisa memainkan sang gelandang, Vicente Iborra. Adapun, kondisi Samuel Chukwueze dan Juan Foyth masih tanda tanya.

Komentar

Manchester United

Ole Gunnar Solskjaer ingin menjadikan gelar Liga Europa sebagai langkah awal yang apik untuk dinasti yang akan dia bangun di Manchester United. Solskjaer sadar, Man United membutuhkan gelar sebagai sinyal positif dari tim yang sedang memulai siklus baru.

"Ini adalah tim yang kami bangun kembali dalam beberapa waktu terakhir. Mudah-mudahan ini adalah awal dari sesuatu yang lebih," jelas Solskjaer seperti dilaporkan BBC.

Beralih ke sang lawan, Unai Emery memiliki misi pribadi meraih trofi keempat Liga Europa sebagai pelatih. Sebelumnya, ia menang bersama Sevilla pada 2014, 2015, dan 2016.

Selain itu, Emery bisa menjadikan laga final nanti sebagai ajang balas dendam kepada tim Inggris. Maklum, ia dipecat Arsenal setelah 18 bulan bertugas.

"Tidak ada balas dendam dengan tim atau orang Inggris. Saya bangga bermain di tim terakhir ini. Ini adalah warna Villarreal," papar Emery.

Head to head

26-11-2008 Villarreal 0-0 Manchester United (Liga Champions)
18-09-2008 Manchester United 0-0 Villarreal (Liga Champions)
23-11-2005 Manchester United 0-0 Villarreal (Liga Champions)
15-09-2005 Villarreal 0-0 Manchester United (Liga Champions)

Prakiraan susunan pemain

Villarreal (4-4-2): Rulli; Pedraza, Torres, Albiol, Gaspar; Gomez, Capoue, Parejo, Trigueros; Gerard Moreno, Bacca.

Pelatih: Unai Emery.

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Shaw, Tuanzebe, Lindelof, Wan-Bissaka; McTominay, Fred; Pogba, Bruno Fernandes, Rashford; Cavani.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Prediksi BolaSkor

Villarreal 1-2 Manchester United