Premier League Siap Terapkan Syarat Paspor COVID untuk Penonton di Stadion

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 14 Juli 2021
Premier League Siap Terapkan Syarat Paspor COVID untuk Penonton di Stadion
Paspor COVID (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2020-2021 berpeluang dihadiri penonton dalam jumlah besar sejak awal musim. Namun mereka yang bisa masuk ke stadion harus memiliki sebuah paspor COVID.

Paspor COVID merupakan sebuah sertifikat yang menunjukkan seseorang sudah menerima dua dosis vaksin, memiliki tes negatif, atau memiliki kekebalan alami terhadap virus dari infeksi sebelumnya. Data ini rencananya akan terhubung langsung dengan sebuah aplikasi milik NHS (Layanan Kesehatan Nasional) Inggris.

Sejak masa pandemi virus corona ditetapkan pada Maret 2020, mayoritas laga Premier League digelar secara tertutup. Kelonggaran sempat diberikan pada pertengahan dan akhir musim lalu dengan mengizinkan kehadiran penonton meski jumlahnya terbatas.

Baca Juga:

Jadwal Lengkap Premier League 2021-2022, Derby London di Pekan Pertama

Jadwal Pramusim Man United, Jumpa Tim Besutan Wayne Rooney

Ball Boy Kembali Hadir di Premier League

Suporter Inggris pada Piala Eropa 2020.

Penyelenggaraan Piala Eropa 2020 dengan penonton membuat asa operator Premier League untuk mengembalikan suporter ke tribun semakin tinggi. Mereka berencana mengaplikasikan sistem serupa.

Apalagi pemerintah Inggris telah memutuskan tanggal 19 Juli mendatang sebagai hari kebebasan. Aturan pembatasan sosial akan dihapus sejak hari itu.

Sekretaris kabinet, Michael Gove menyatakan lebih dari 20 ribu penonton akan diizinkan datang ke stadion jika regulari paspor vaksin diterapkan. Jumlahnya bisa lebih banyak tergantung kondisi yang terjadi di daerah masing-masing.

Kendala Paspor COVID

Paspor Covid sudah diterapkan saat Inggris menjadi tuan rumah Piala Eropa 2020. Namun sejumlah kekurangan masih terjadi dalam pelaksanaan di lapangan.

Masih banyak suporter nakal yang coba mengakali regulasi ini. Mereka memberi gambar paspor COVID milik orang lain untuk mengecoh para petugas.

Premier League masih mencari cara untuk mengantisipasi masalah ini. Salah satu solusinya adalah memasang alas pembaca QR kode di stadion.

Hal ini membuat cara curang seperti yang terjadi di Piala Eropa tidak bisa dilakukan. Penonton harus benar-benar memiliki paspor COVID untuk bisa masuk ke stadion.

Premier League Virus Corona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan