Premier League Tak Kenal Lelah Peringatkan Bahaya Streaming Ilegal di Indonesia

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 30 September 2022
Premier League Tak Kenal Lelah Peringatkan Bahaya Streaming Ilegal di Indonesia
Siaran pertandingan Premier League (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League kembali menggelar kampanye untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya streaming ilegal di Indonesia dengan nama 'Boot out Piracy'. Ini merupakan tahun ketiga operator kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris melakukan kampanye serupa.

Bukan rahasia lagi kalau Premier League menjadi salah satu kompetisi sepak bola paling digemari di Indonesia dan Asia Tenggara. Namun para penonton ternyata masih banyak yang menyaksikan pertandingannya lewat situs web atau streaming ilegal.

Kondisi ini tentu merugikan Premier League beserta pemegang hak siar resmi. Namun ternyata, penonton yang memilih menggunakan opsi ini juga dapat dirugikan.

Baca Juga:

Arsenal Vs Tottenham Hotspur: Emirates Stadium Tak Ramah untuk Tamu

Baru Debut dengan Chelsea, Graham Potter Sudah Dikritik

Cara Sederhana Marcus Rashford Bangkit dari Keterpurukan

Para penonton yang menyaksikan melalui situs web atau perangkat ilegal, berpotensi mengalami risiko peretasan akun bank, pencurian identitas, atau terkena pemblokiran perangkat untuk dimintai tebusan. Kenikmatan menonton mereka juga akan terganggu oleh mutu video yang tidak optimal, delay atau jeda, dan berbagai iklan pop-up.

Premier League bekerja sama dengan pihak berwenang untuk melawan tindakan kriminal terhadap operator situs web dan pemasok perangkat streaming terlarang di berbagai negara. Sejak pendirian kantor di Asia-Pasifik tiga tahun lalu, Premier League telah memblokir ratusan situs ilegal di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, dan Thailand.

“Kami tahu bagian kecil dari penggemar Premier League di Indonesia masih membiarkan diri mereka pada risiko invasi keamanan siber dan pencurian identitas dengan streaming pertandingan di situs web ilegal," kata Penasihat Umum Premier League, Kevin Plumb.

"Saran kami adalah tidak ada gunanya mengambil risiko itu karena kami tahu situs-situs tersebut berisi konten berbahaya yang dapat membuat orang terpapar berbagai masalah. Jika Anda men-streaming konten bajakan, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan malware di perangkat Anda."

"Kami mendorong mereka yang masih memilih untuk menonton sepak bola Premier League melalui streaming ilegal untuk justru menikmati pertandingan Premier League dengan cara terbaik dan paling aman melalui mitra siaran resmi kami," tambahnya.

Dalam kampanye terbaru, Premier League kembali melibatkan bintang-bintang dari sejumlah klub besar. Kali ini giliran Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ilkay Gundogan (Manchester City), Jamie Vardy (Leicester City) dan Jack Harrison (Leeds United) yang tampil menyampaikan pesan lewat tayangan video.

“Mendidik penggemar sepak bola tentang bahaya menonton konten ilegal adalah bagian penting dari program anti-pembajakan kami. Bersamaan dengan itu, kami mengambil tindakan tegas dengan memblokir situs web, menuntut penjual perangkat streaming ilegal, dan meruwetkan streaming untuk mempersulit akses situs web berisiko tinggi ini," tutupnya.

Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan