BolaSport.com - Beberapa waktu lalu, pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengutarakan ingin mengakhiri karier kepelatihannya di Barcelona. Dia berhasrat melatih La Masia yang notabene akademi sepak bola milik Barcelona.

Presiden tim Josep Maria Bartomeu pun buka suara soal keinginan Guardiola. Dia mengaku siap menerima dengan tangan terbuka bila eks pelatih Barcelona tahun 2008-2012.

Untuk diketahui, tidak hanya sebagai pelatih, karier Guardiola sebagai pemain juga identik dengan Barcelona. Pasalnya ia merupakan salah satu jebolan La Masia dan memperkuat tim senior sampai tahun 2001 sebelum hijrah ke Serie A untuk memperkuat Brescia.

"Guardiola merupakan sosok jenius," kata Bartomeu pada wawancaranya bersama The Times. "Saya baca pernyataan terbarunya soal ingin kembali ke Barcelona pada masa depan, mungkin dalam perannya di akademi kami, La Masia.

“Itu akan menjadi kabar baik bagi klub dan dia tahu pintu selalu terbuka baginya untuk kembali. Terlebih tidak ada yang ingin dia pergi awalnya.Dia yang ingin hengkang dan itu adalah pilihannya, tetapi dia pasti bisa kembali dan kami akan mendukungnya, mengapa kita tidak?," Bartomeu menegaskan.

Bartomeu
Josep Maria Bartomeu (Zimbio)

Guardiola meraih banyak sukses di Barcelona baik sebagai pemain maupun pelatih. Saat masih jadi pemain, ia mengantarkan tim juara La Liga sebanyak enam kali. Ketika melatih, ia merasakan tiga titel La Liga dan mengangkat dua trofi Liga Champions, gelar juara yang ia tak rengkuh saat masih jadi pemain.

Guardiola sendiri meninggalkan Barcelona tahun 2013 untuk melatih tim Bundesliga Jerman, Bayern Muenchen. Kemudian mulai tahun 2016, ia menjabat sebagai pelatih City.*