Presiden Bayern Heran PSG 'Kebal' Aturan FFP

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 22 Agustus 2021
Presiden Bayern Heran PSG 'Kebal' Aturan FFP
Para rekrutan anyar PSG (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa sedianya membuat aturan FFP (Financial Fair Play) untuk menegaskan keadilan di sepak bola Eropa, agar tidak ada ketimpangan dalam belanja transfer pemain di antara klub-klub Eropa.

Akan tapi tetap ada saja klub-klub seperti Chelsea, Manchester City, dan PSG (Paris Saint-Germain) yang belanja pemain jor-joran atau menggaji pemain dengan harga tinggi. Dalam hal ini Herbert Hainer, Presiden Bayern Munchen menyoroti PSG.

Les Parisiens - julukan PSG - jadi bintang di musim panas ini dengan merekrut Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, Achraf Hakimi, Danilo Pereira, Georginio Wijnaldum, dan Lionel Messi.

Baca Juga:

Usai Boyong Lionel Messi, Prioritas PSG Kini Cuci Gudang

Kehebatan PSG: Getol Boyong Pemain Bintang, tapi Bersikeras Melepasnya

Detail Gaji yang Diterima Lionel Messi di PSG

Kendati hanya Hakimi dan Danilo yang memaksa PSG mengeluarkan uang transfer, sementara empat pemain lainnya direkrut gratis karena kontraknya berakhir dengan mantan klub mereka, PSG tetap menggaji mereka tinggi.

Seperti halnya Messi yang menerima 40 juta euro per tahunnya. Gaji besar itu wajar mengingat La Pulga pemenang enam Ballon d'Or dan empat titel Liga Champions, belum lagi dengan talenta yang dapat mengubah jalannya pertandingan.

Akan tapi Heiner tetap bertanya-tanya dengan pemberian gaji besar, beberapa transfer pemain, PSG tetap bisa aman dari aturan FFP dan tidak melanggarnya.

"Saya masih mencoba memahami bagaimana hal itu sejalan dengan Financial Fair Play (FFP)," tutur Heiner kepada podcast Bayern Insider SportBild.

"Karena PSG saat ini sedang meningkatkan skuad, kami akan melihat dari dekat bagaimana hal itu dapat didamaikan dengan aturan UEFA. Kami berpegang teguh pada itu, kemudian kami berharap klub lain melakukan hal yang sama."

"Saya tidak terlalu cepat menilai Paris, tapi kebijakan pembeliannya sudah besar. Bukan biaya transfer, tapi gaji."

"Ketika saya mendengar bahwa Messi menghasilkan 40 juta euro bersih (per tahun), itu 80 juta euro hitungan kotornya. Selain itu, Hakimi, Ramos, Donnarumma - banyak yang datang bersamaan."

Berkebalikan dengan PSG, Bayern besutan Julian Nagelsmann bergerak hati-hati di bursa transfer dan sejauh ini baru merekrut Dayot Upamecano (42,5 juta euro) dan Omar Richards serta Sven Ulreich. Dua nama terakhir bahkan direkrut gratis.

Bayern juga ditinggal David Alaba, Javi Martinez, dan Alexander Nubel, serta meminjamkan Lars Lukas Mai, Joshua Zirkzee, dan Adrian Fein ke klub lain.

Breaking News PSG FFP Bayern Bayern munchen
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan