BolaSkor.com - Presiden Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina mengungkapkan rencana menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028. Gravina ingin membangkitkan gairah di Italia.

Seperti diketahui, sepak bola Italia menggapai puncak ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 1990. Setelah itu, Serie A menjelma sebagai kompetisi nomor satu dunia.

Pemain bintang dari seluruh dunia datang ke Italia untuk mengadu nasib. Selain itu, sepak bola Italia juga menjadi kiblat untuk menjalankan kompetisi.

Baca Juga:

Setelah 26 Tahun, Pemasok Perlengkapan Wasit di Italia Berganti

Italia Ingin Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2028

Gabriele Gravina

Sayangnya pamor Serie A memudar sejak pertengahan dekade 2000an. Skandal Calciopoli yang menimpa Juventus dan AC Milan menjadi sebabnya.

Kondisi tersebut membuat seluruh lapisan sepak bola Italia berusaha membangkitkan gairah di Negeri Pizza. Termasuk ingin menggelar ajang sekelas Piala Dunia atau Piala Eropa.

"Italia ingin menjadi tuan rumah Piala Eropa 2028. Ini bukan sekadar keinginan, tetapi merupakan bagian dari program yang kami rencanakan," ujar Gabriele Gravina kepada Sky Sports Italia.

"Ini bisa membangkitkan antusiasme di Italia dan menjadi landasan untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di sini. Saya berharap UEFA bisa mendengarkan keinginan kami."

"Kami harus memberikan sesuatu untuk para pencinta sepak bola dan olahraga di Italia. Kami akan berusaha meyakinkan UEFA dan FIFA," lanjut Gabriele Gravina.

Piala Dunia 1990 merupakan kali terakhir Italia menjadi tuan rumah kompetisi besar. Saat itu, perbaikan infrastruktur termasuk stadion terjadi di sana.