Presiden Jokowi Diharapkan Turun Tangan Bantu Proses Naturalisasi Jordi Amat dkk

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 22 Maret 2022
Presiden Jokowi Diharapkan Turun Tangan Bantu Proses Naturalisasi Jordi Amat dkk
Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (Setpres/BolaSkor.com)

BolaSkor.com - PSSI terus berupaya menyelesaikan proses naturalisasi tiga pemain keturunan pada April nanti. Demi memuluskan rencana tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta turun tangan.

Saat ini PSSI sedang memproses perpindahan kewarganegaraan tiga pemain keturunan, yaitu Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama. Namun, proses tersebut sedikit terkendala karena PSSI butuh surat perpindahan warga negara dari Pemerintah Belanda dan Spanyol.

"Hal itu di luar jangkauan kami (PSSI)," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani, dikutip dari akun Instagram pribadinya, @hasaniabdulgani, Selasa (22/3).

"Artinya surat tersebut bisa didapat dalam sebulan atau lebih dari pemerintah dua negara tersebut," tambahnya.

Baca Juga:

Permohonan Naturalisasi Tiga Pemain Keturunan Diterima Kemenkumham

Timnas Indonesia U-23 Tak Akan Segrup Malaysia di SEA Games 2021

Menurut Hasani, seandainya surat keterangan tersebut bisa diajukan secara paralel atau tidak harus menunggu dokumen tersebut didapat lalu diajukan kepada Presiden Jokowi lewat Kemenkumham, maka target proses naturalisasi terhadap tiga pemain tersebut rampung bulan depan (April) bisa tercapai.

"Mengapa harus April, karena kami perlu waktu satu hingga dua minggu untuk proses perubahan federasi kepada FIFA. Tanpa paspor, kami tidak bisa mengajukannya."

"Kalau tidak ada surat approval dari FIFA, otomatis pemain tersebut tidak eligible (memenuhi syarat) membela Timnas (Indonesia) di babak Kualifikasi Piala Asia (2023)," ungkap Hasani.

Menurut Hasani, kondisi krusial ini hanya bisa selesai jika ada kebijaksanaan dari pemerintah dalam hal ini Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan Bapak Presiden Joko Widodo bisa ikut membantu sehingga para pemain tersebut dapat membela Timnas di kualifikasi Piala Asia, 8 Juni mendatang. Garuda di dadaku," pungkas anggota Exco asal Aceh tersebut.

Jokowi Joko widodo Timnas Indonesia Pssi Exco pssi Presiden joko widodo Hasani Abdulgani Sandy Walsh Jordi Amat Shayne Pattynama Naturalisasi Kualifikasi Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.298

Bagikan