Presiden Jokowi Ingatkan Perjuangan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Tidak Mudah!

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 28 Maret 2023
Presiden Jokowi Ingatkan Perjuangan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Tidak Mudah!
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Presiden FIFA Gianni Infantino. (Instagram Sekretariat Presiden)

BolaSkor.com - Penyelenggaran Piala Dunia U-20 2023 menimbulkan polemik, karena penolakan terhadap timnas Israel U-20 sebagai peserta sah melalui tahap babak kualifikasi. Banyak penolakan terjadi agar Israel tak diterima main di Indonesia pada Piala Dunia U-20 2023. Penolakan melalui dalil konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang menolak penjajahan di atas dunia.

Penolakan dilakukan mulai dari berbagai macam golongan. Ada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN). Belum lagi para organisasi masyarakat Islam hingga kepala daerah, seperti Gubenur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan, tidak boleh mencampur adukan urusan olahraga dan politik. Ia menegaskan prinsip Pemerintah Indonesia terhadap kemerdekaan bangsa Palestina selalu konsisten sesuai konstitusi UUD 1945, meski timnas Israel U-20 main di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:

Israel Main di Piala Dunia U-20, Presiden Jokowi Jamin Dukungan Indonesia terhadap Palestina Tidak Goyah

Soal Polemik Israel, Jokowi: Jangan Mencampur Adukan Urusan Olahraga dan Politik

"Kita tidak tahu siapa saja tim peserta Piala Dunia U-20 (saat ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah). Timnas Israel lolos baru kita ketahui pada bulan Juli 2022," kata Jokowi, dalam live streaming di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3).

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh elemen untuk mendukung Piala Dunia U-20 2023. Di mana ini sebuah kehormatan bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 melalui proses bidding, melakui proses seleksi panjang. Dan pada proses akhir, hanya ada tiga negara yang lolos dalam pemilihan, Brasil, Indonesia, dan Peru. Semua pihak bekerja keras agar Indonesia menjadi tuan rumah. Pada Oktober 2019, kita ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Ini merupakan kehormatan bagi bangsa Indonesia, karena bisa menyelenggarakan Piala Dunia U-20, event paling banyak penggemarnya," tutup Jokowi.

Piala Dunia U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 20 Mei sampai 11 Juni mendatang. Ada 24 tim peserta yang nantinya dalam undian dibagi ke dalam 4 grup babak penyisihan.

Enam venue telah disiapkan PSSI dan Pemerintah Republik Indonesia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Jokowi Joko widodo Piala dunia u-20 Breaking News Pssi Fifa
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.971

Bagikan