BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan FIFA tak memberikan sanksi kepada Indonesia, terkait pasca Tragedi Kanjuruhan. Ini disebut Presiden Jokowi dalam pidatonya di Istana Negara, Jumat (7/10).

Sebelumnya, Presiden Jokowi berkomunikasi dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino usai terjadinya Tragedi Kanjuruhan, 3 Oktober kemarin. Hasil dari komunikasi itu, FIFA meneruskannya dengan mengirimkan surat resmi ke Presiden Jokowi.

"Berdasarkan surat tersebut, Alhamdullilah sepak bola tidak dikenakan sanksi oleh FIFA," ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Soal Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi: Kalau Masuk Pidana Ya Pidanakan

Berkomunikasi dengan Presiden Jokowi, Petinggi FIFA Nyatakan Kesanggupan

FIFA
Surat dari FIFA. (Istimewa)

Tak hanya soal pemberitahuan ini, surat dari FIFA juga menyatakan bantuan induk sepak bola dunia itu membenahi sepak bola Indonesia agar lebih baik. FIFA duduk bersama Pemerintah Republik Indonesia, AFC, PSSI, para klub hingga suporter.

"FIFA akan berkantor di Indonesia. Nanti Presiden FIFA bulan Oktober atau November akan berkunjung ke Indonesia berdiskusi dengan pemerintah," kata Presiden Jokowi.

Ini menjadi angin segar bagi sepak bola Indonesia. Mengingat Timnas Indonesia sedang naik daun, apalagi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Timnas Indonesia Senior dan U-20 berlaga di Piala Asia tahun depan. Jejak keduanya selangkah lagi dikuti Timnas Indonesia U-16/U-17.

Terkait Tragedi Kanjuruhan, Tim Gabungan Independent Pencari Fakta (TGIPF) bentukan Presiden Jokowi masih terus bekerja. Sejauh ini sudah ditetapkan 6 tersangka yang bertanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan yang membuat 131 orang meninggal dunia dan 182 orang alami luka-luka.