Presiden Jokowi Tanda Tangan Keppres, Ivar Jenner dan Rafael Struick Segera Ambil Sumpah WNI

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Sabtu, 06 Mei 2023
Presiden Jokowi Tanda Tangan Keppres, Ivar Jenner dan Rafael Struick Segera Ambil Sumpah WNI
Calon pemain Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner, bergabung dalam pemusatan latihan atau TC di Turki. (PSSI)

BolaSkor.com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), sudah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) soal naturalisai dua pemain keturunan, Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Dengan begitu, keduanya hanya tinggal menunggu pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Keduanya akan menyusul Shayne Pattynama yang sudah lebih dahulu rampung proses naturalisasinya.

"Proses naturalisasi sesuai komitmen kita satu demi satu terselesaikan. Kemarin kita lakukan pada Shayne Pattynama yaitu yang posisinya bek kiri sudah," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

Dikabarkan Timnas Indonesia Vs Argentina pada 19 Juni 2023

Argentina Dikabarkan Melawan Timnas Indonesia dan China pada Juni 2023

"Saya ingin memastikan untuk Ivar Janner yang posisinya bisa di tengah dan Rafael yang posisinya di penyerang kiri itu juga. Alhamdulillah tadi sudah ditanda tangani oleh bapak presiden jadi tinggal mengangkat sumpah dan paspor nanti," tambahnya.

Setelah mengambil sumpah, Ivar Jenner dan Rafael Struick baru bisa membela Timnas Indonesia jika sudah melakukan perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Keduanya bersama Shayne Pattynama serta Sandy Walsh berpeluang membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday bulan Juni 2023 mendatang. Lalu keempatnya juga berpeluang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober 2023 mendatang.

Khusus Ivar Jenner dan Rafael Struick juga berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2022 Huangzhou dan Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada 4-12 September 2023 mendatang.

"Salah satu diskusi saya dengan coach Shin Tae-yong adalah kita mulai akan membentuk tim jangka panjang yaitu usia usia muda dan juga pemain yang bisa memperkuat Timnas. Siapapun yang terbaik sesuai kualifikasi kita akan coba dorong agar kita punya Timnas yang konsisten," kata Erick menegaskan.

Pssi Erick thohir Rafael Struick Ivar Jenner Timnas Indonesia Breaking News Jokowi Joko widodo
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.008

Bagikan