BolaSkor.com - Tidak butuh waktu lama bagi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk mencari pengganti Fernando Hierro, pelatih timnas Spanyol, yang ditunjuk sementara untuk menukangi La Furia Roja di Piala Dunia 2018.

Pasca Hierro meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Spanyol dan menolak kembali bekerja sebagai Direktur Olahraga Spanyol, RFEF menunjuk Luis Enrique, mantan pelatih Barcelona, sebagai pelatih timnas Spanyol.

Enrique, 48 tahun, dikontrak selama dua tahun. Ini pekerjaan pertama Enrique di level timnas, plus pertama setelah semusim menganggur usai meninggalkan Barcelona di tahun 2017.

Tidak hanya meresmikan Enrique sebagai pelatih Sergio Ramos dan kawan-kawan, RFEF juga menunjuk mantan kiper Atletico Madrid, Jorge Francisco Molina, sebagai Direktur Olahraga Spanyol.

Luis Rubiales, Presiden RFEF, ungkap alasan memilih keduanya sebagai pelatih dan Direktur Olahraga Spanyol. Mengenai Enrique, Rubiales mengaku butuh sosok pelatih yang berkarakter kuat dan disegani di ruang ganti pemain.

"Para pemain (Spanyol) tidak dilibatkan dalam pembicaraan saat menunjuk pelatih baru Spanyol. Kami ingin seorang dengan karakter yang mampu memperlihatkan sosoknya di ruang ganti pemain. Kami mencari seorang pemimpin," tutur Rubiales, diberitakan Marca, Senin (9/7).

Sementara untuk Molina yang punya sembilan caps dengan timnas Spanyol, Rubiales sebelumnya sempat berdiskusi dengan Hierro dalam menentukan sosok yang pantas menjadi Direktur Olahraga Spanyol. Pilihan jatuh kepada Molina yang memiliki wawasan luas akan sepak bola dan gagasan sepak bola modern.

"Di awal pekan lalu saya sempat mengadakan pertemuan dengan Hierro, yang menjadi pelatih sementara dan juga pernah jadi direktur olahraga. Saat itu, ada pembicaraan dia tidak melanjutkannya. Lalu, saya menghubungi Molina, yang pernah jadi pemain timnas selama bertahun-tahun," imbuh Rubiales.

"Pasca pensiun dia mulai bekerja sebagai pelatih dan kami mempertimbangkannya sebagai kandidat sempurna, karena wawasan sepak bola dan gagasan modernya tentang sepak bola," urainya.