Prestasi di Balik Bursa Transfer Barcelona yang Biasa Saja

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Rabu, 07 Oktober 2020
Prestasi di Balik Bursa Transfer Barcelona yang Biasa Saja
Barcelona (Twitter Barcelona)

BolaSkor.com - Barcelona menjalani satu di antara bursa transfer paling tenang pada musim panas 2020. Namun, di balik bursa transfer yang biasa tersebut, Barca memiliki prestasi.

Barcelona bukannya sepi dari gosip transfer. Klub asal Catalunya tersebut dikaitkan dengan sejumlah nama seperti Memphis Depay, Eric Garcia, dan Georginio Wijnaldum. Namun, dari ketiga pemain itu, tidak ada yang bergabung.

Memphis Depay harus mengubur mimpinya membela Barcelona pada musim panas 2020 setelah Ousmane Dembele tak jadi menuju Manchester United. Sebab, Barcelona gagal menemukan kata sepakat dengan The Red Devils soal Dembele yang bisa memengaruhi masa depan Depay. Depay baru bisa bergabung jika Dembele angkat kaki.

Baca Juga:

Datang Tidaknya Memphis Depay ke Barcelona Bergantung pada Manchester United

Dua Gelandang Jangkar dan Keseimbangan Taktik Ronald Koeman di Barcelona

Sergino Dest Beberkan Alasan Menolak Bayern Munchen

Barcelona

Setelah itu, Barcelona juga tidak berhasil memboyong Eric Garcia ke Camp Nou. Barca tak mau memenuhi permintaan Manchester City yang membanderol 18 juta euro. Barca diprediksi akan menunggu hingga kontrak Garcia berakhir pada Juni 2021 untuk melayangkan penawaran.

Sementara itu, hal serupa juga dialami Georginio Wijnalum. Barca gagal meyakinkan Wijnalum untuk bergabung. Pemain asal Belanda itu bertahan di Liverpool dan mulai membuka peluang menambah masa bakti.

Pemain-pemain yang datang ke Barcelona hanyalah Miralem Pjanic, Sergino Dest, dan Trincao. Selebihnya adalah pemain pinjaman yang kembali.

Meski bursa transfer Barcelona biasa saja, tetapi ada sisi positif. Barca berhasil memangkas pengeluaran dalam hal gaji pemain.

Menurut laporan Diario AS, Barcelona memangkas pengeluaran gaji hingga mencapai 80 juta ero atau sekitar Rp1,3 triliun. Nilai tersebut mencapai 35 juta euro jika dijadikan beban bersih.

Pengurangan besar-besaran dalam hal pengeluaran untuk gaji itu tak terlepas dari keputusan Barcelona melepas sejumlah pemain. Contohnya, setelah menjual Luis Suarez ke Atletico Madrid, Barca menghemat 15 juta euro. Nilai tersebut bisa bertambah jika menghitung aspek bonus dan loyalitas.

Pemain lain yang ikut menyumbang dalam defisit gaji Barca adalah Arturo Vidal (8,6 juta euro), Ivan Rakitic (7,8 juta euro), Nelson Semedo (3,1 juta euro), dan Arthur (4 juta euro). Selain itu, masaih ada Rafinha, Arda Turan, Marc Cucurella, Jean-Clair Todibo yang juga angkat kaki.

Pencapaian tersebut menjadi angin segar di tengah kondisi Barcelona yang sedang kesulitan keuangan. Pada akhir musim lalu, Barca mengumumkan menelan kerugian hingga 97 juta euro.

Barcelona Breaking News LaLiga
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.484

Bagikan