BolaSkor.com - Sepak bola di era industri saat ini memang tidak hanya sekedar urusan teknis lapangan saja, namun juga merambah ke bidang lainnya seperti bisnis dan marketing, sebagai tolok ukur daya jual sebuah klub.

Keterikatan unsur bisnis saat ini begitu melekat pada Arema FC. Membaiknya prestasi tim berimbas positif pada sektor bisnisnya, dengan semakin menguatnya citra klub di mata suporter.

Indikasi itu mencuat, setelah Arema FC Store mendapatkan berkah pasca Dendi Santoso dkk meraih kemenangan demi kemenangan di Liga 1 2018. Prestasi tim semakin membaik dengan perlahan meninggalkan papan bawah klasemen, setelah terpuruk sejak awal musim kompetisi.

"Paling terasa adalah setelah kemenangan tim melawan Bhayangkara FC (dengan skor 4-0 pada 22 Mei) kemarin. Omset penjualan kami meningkat signifikan," tutur Manajer Divisi Bisnis dan Marketing Arema FC, Yusrinal Fitriandi.

"Pantauan itu kami dapatkan di Arema FC Store. Jika biasanya rata-rata omset penjualan Rp 7 sampai 8 juta per hari, lalu meningkat tiga sampai empat kali lipatnya," lanjutnya.

Oleh karena itu, jajaran manajemen di bidang bisnis menaruh harapan besar kepada tim. Momentum yang baik ini sebisa mungkin dipertahankan, dengan konsisten meraih hasil positif di setiap pertandingan.

"Urusan teknis tim dan bisnis memang berbeda. Tapi, hasil pertandingan yang diraih tim ternyata cukup berpengaruh pada daya jual klub di mata masyarakat," pungkasnya. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)