BolaSkor.com - Meski sudah tidak lagi menjadi arsitek, Manchester United sepertinya sulit melepaskan bayang-bayang Sir Alex Ferguson. Manajer paling sukses United itu seakan menjadi beban bagi penerusnya.

Dalam enam bursa transfer musim panas terakhir sejak Ferguson pensiun, United hampir selalu menelan kekecewaan dalam hal pembelian pemain. Kini, di tahun ketujuh, Ole Gunnar Solskjaer berusaha keluar dari siklus itu.

Tantangan yang dihadapi Solskjaer memang berat. Bahkan pelatih macam David Moyes, Louis van Gaal, dan Jose Mourinho pun gagal memenuhi tugas besar. Mereka gagal membangun sebuah tim baru, jangka pendek dan jangka panjang. Mereka gagal menciptakan tim baru yang sama sekali tak berkait dengan Ferguson.

Lukaku-Pogba
Paul Pogba dan Romelu Lukaku (zimbio)

Sekali lagi, ini tugas yang sulit. Bayangkan, pelatih sekaliber Van Gaal dan Mourinho saja gagal. Bagaimana dengan Solskjaer yang memiliki pengalaman secuil.


Dipayungi Masalah

Sebagai pelatih yang miskin pengalaman, Solskjaer justru dihadapkan banyak masalah. Salah satunya 'pembangkangan' dari pemain yang secara terang-terangan ingin hengkang seperti Paul Pogba dan Romelu Lukaku. Situasi ini tentu harus segera diselesaikan. Jika tidak akan menjadi duri dalam daging.

Selain itu, United masih memerlukan suntikan pemain baru yang benar-benar bisa diandalkan Solskjaer. Saat ini United sudah mendatangkan Harry Maguire, yang menjadi bek termahal dunia, Aaron Wan-Bissaka, dan Daniel James. Pembelian yang dikatakan sesuai dengan kebutuhan.

Namun di sisi lain, tak sedikit yang menilai pembelian yang dilakukan United aneh. Mereka membayar sangat mahal Maguire, bek yang beberapa pengamat menilai masih di bawah bek-bek tengah elite lain. Namun, Solksjaer memiliki penilaian lain dan Maguire dinilainya sebagai pemain yang dibutuhkan.


Prediksi: Peringkat 5

Meski sudah melakukan pembelian yang memecahkan rekor, secara keseluruhan, kekuatan United tak jauh berbeda dengan musim sebelumnya. Sebagai catatan, Setan Merah menutup musim lalu dengan serangkaian hasil buruk.

Kini dengan skuat yang tak jauh berbeda, hanya tiga pemain baru dan beberapa pemain muda, Solskjaer diharapkan bisa mengeluarkan United dari grafik menurun di akhir musim lalu.

Menilik peta persaingan di papan atas, rasanya United akan sulit menembus empat besar. Memperbaiki peringkat rasanya menjadi target yang realistis bagi United. Jika mereka bisa melakukannya, musim ini akan menjadi awal dari masa depan yang lebih cerah.