BolaSkor.com - Keberhasilan Al-Hilal menjuarai Liga Champions Asia dan Flamengo meraih Copa Libertadores memastikan peserta Piala Dunia Antarklub 2019 telah lengkap. Keduanya menyusul Esperance Sportive de Tunis, Monterrey, Hienghene Sport, Liverpool FC, dan Al-Sadd ke Piala Dunia Antarklub 2019.

Piala Dunia Antarklub 2019 akan dihelat di Doha, Qatar, mulai dari 11 hingga 21 Desember 2019, yang dimainkan di tiga stadion: Education City, Khalifa International, dan Jassim bin Hamad. Turnamen ini juga dipantau FIFA sebagai bagian persiapan Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Perjalanan akan dimulai di putaran pertama, berlanjut ke putaran dua, semifinal, dan final. VAR (Video Asisten Wasit) akan digunakan di turnamen yang melibatkan lima wasit utama: Abdulrahman Al-Jassim (Qatar), Mustapha Ghorbal (Aljazair), Ismail Elfath (Amerika Serikat), Roberto Tobar (Chili), dan Ovidiu Hategan (Rumania).

Baca Juga:

Pelatih Flamengo Nilai Final Copa Libertadores Lebih Seru ketimbang Liga Champions 2018-19

Mohamed Salah dan Sadio Mane Bertarung Menjadi Pemain Terbaik Afrika 2019

Eropa dan Peran Besarnya di Balik Keberhasilan Flamengo Juara Copa Libertadores

Menjelang turnamen tersebut, berikut ketujuh profil singkat dari tujuh klub yang akan merebutkan titel Piala Dunia Antarklub 2019:

1. Flamengo

Flamengo

Berdiri: 1895
Pelatih: Jorge Jesus
Konfederasi: CONMEBOL
Status: Juara Copa Libertadores

Flamengo menjadi juara Copa Libertadores usai menaklukkan River Plate di final dengan skor 2-1. Dua gol dilesakkan oleh Gabriel Barbosa yang membalas gol cepat Rafael Santos Borre. Klub asal Brasil ini bisa mengakhiri dominasi klub-klub Eropa yang acapkali menjuarai turnamen.

Selain dilatih Jorge Jesus, pelatih berpengalaman asal Portugal yang pernah melatih Benfica, skuat tim juga berisikan pemain-pemain yang pernah berkarier di Eropa seperti Diego, Vitinho, Filipe Luis, Rafinha, Gabriel Barbosa, dan Gerson.

Kiprah mereka layak dinanti. Flamengo memulai perjalanan di semifinal, 17 Desember, menanti pemenang laga Al-Hilal kontra Esperance de Tunis.

2. Liverpool

Liverpool

Berdiri: 1892
Pelatih: Jurgen Klopp
Konfederasi: UEFA
Status: Juara Liga Champions Eropa

Sudah sejak 2005 Liverpool tak bermain di Piala Dunia Antarklub. Layaknya juara Eropa lainnya, The Reds juga diunggulkan menjadi juara karena level kekuatan yang berbeda dari klub-klub lainnya. Apalagi performa mereka sedang bagus-bagusnya di Premier League.

Liverpool mengalahkan Tottenham Hotspur di final Liga Champions dengan skor 2-0. Kekuatan mereka ada di lini depan yang berisikan Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah, plus kekuatan di belakang seiring keberadaan Virgil van Dijk dan Alisson.

3. Al-Hilal

Al-Hilal

Berdiri: 1957
Pelatih: Razvan Lucescu
Konfederasi: AFC
Status: Juara Liga Champions Asia

Al-Hilal mengakhiri dominasi Asia Timur yang sudah memenangi Liga Champions Asia sejak tujuh tahun terakhir (2012-2018). Al-Hilal menang dengan skor 2-0 melawan Urawa Red Diamonds di final melalui gol Salem Al-Dawsari dan Bafetimbi Gomis.

Dilatih oleh mantan kiper asal Rumania, Razvan Lucescu, yang pernah melatih timnas Rumania dan PAOK, Al-Hilal juga punya tiga pemain yang pernah berkiprah di Eropa: Gomis, Sebastian Giovinco, dan Andre Carrillo. Mereka bisa jadi kuda hitam turnamen dan mengawali perjalanan melawan Esperance de Tunis, 14 Desember.