Profil Agus Fauzan, Wasit Terbaik Piala Menpora Plus Garda Terdepan COVID-19

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Senin, 26 April 2021
Profil Agus Fauzan, Wasit Terbaik Piala Menpora Plus Garda Terdepan COVID-19
Agus Fauzan. (Twitter Liga 1)

BolaSkor.com - Persija Jakarta berhasil keluar sebagai juara Piala Menpora 2021. Persija unggul selisih tiga gol, setelah di pertemuan pertama menang 2-0.

Kepastian ini didapat usai menang 2-1 kontra Persib Bandung, pada pertandingan leg kedua final Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4).

Dua gol Persija dicetak oleh Osvaldo Haay (50') dan Riko Simanjuntak (90'). Sedangkan gol Persib dicetak Ferdinand Sinaga pada menit ke-84.

Setelah final, Organizing Committee (OC) Piala Menpora 2021 melalui Tim Technical Study Group (TSG) mengumumkan penghargaan individu. Satu diantaranya adalah wasit terbaik Piala Menpora 2021 yang jatuh kepada Agus Fauzan.

"Rasanya tidak pernah terbayangkan sebelumnya akan di posisi ini mas, jujur saya hanya ingin menampilkan performa terbaik agar pertandingan lancar dan aman. Selebihnya hanya bonus dan tentunya menjadi motivasi ke depan semakin lebih baik," ungkap Agus Fauzan kepada BolaSkor.com.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Usai Persija Juara Piala Menpora 2021

Daftar Penghargaan Individu Piala Menpora 2021: Marc Klok Pemain Terbaik

Agus Fauzan
Agus Fauzan. (Istimewa)

Agus Fauzan merupakan wasit asal Daerah Istimewa Yogyakarta dari Angkatan Udara (AU) Yogyakarta. Agus memiliki pangkat Sersan Dua (Serdu).

Saat vakum kompetisi, Agus ketika kembali ke satuannya. Ia harus menghadapi tugas berat. Bagaimana tidak, ia menjadi orang terdepan yang melakukan pengecekan Virus Corona (COVID-19) terhadap orang-orang yang masuk ke kesatuan tersebut.

Agus ditugaskan oleh pimpinannya untuk menjadi tenaga medis di Yogyakarta. Tugasnya melakukan sterilisasi ruangan ataupun membantu kesatria TNI lainnya yang sibuk keluar-masuk membantu tenaga medis di Yogyakarta dan sekitarnya. Ia juga bertugas menyemprotkan cairan desinfektan kesetiap kesataria yang masuk.

"Kebetulan saya saat ini berdinas di satuan kesehatan Akademi Angkatan Udara, jadi saat sekarang disibukkan dengan ikut dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran Virus Corona di daerah tempat saya bertugas," kata Agus ketika dihubungi oleh BolaSkor.com.

Agus Fauzan. (Istimewa)


"Sepengetahuan saya, sekarang sudah banyak warga yang sadar akan Virus Corona ini. Mereka pun sudah melakukan social distancing dan tidak bepergian dari rumah untuk mencegah penyebaran virus ini," tambahnya.

Di tengah pandemi ini, Agus masih memikirkan rekan-rekan-rekan wasit yang tidak memiliki pekerjaan tetap selain wasit. Bahkan ia mengaku ikut merasakan apa yang dirasakan oleh rekan-rekan wasit lainnya yang tidak memiliki penghasilan tetap dari wasit.

"Alhamdulillah kalau saya masih ada pendapatan. Jujur saya merasa prihatin dengan rekan-rekan lainnya. Kami sesama korps wasit, jadi secara tidak langsung ikut merasakan yang rekan-rekan kami rasakan di luar sana," tutur Agus.

"Selama ini kami selalu melakukan komunikasi dengan baik. Saya pribadi bersyukur teman-teman dalam keadaan yang baik dan tidak ada yang sakit. Saya berharap semoga virus ini segera berlalu dan situasi kembali normal kembali," ujar Agus.

Agus Fauzan. (Istimewa)



Meski sudah kembali ke barak, Agus Fauzan ternyata tetap menjaga kondisinya dan sesekali memimpin pertandingan fun football di Yogyakarta. Hal ini ia lakukan dengan dengan para wasit lain di Yogyakarta.

"Meski libur tapi selama ini saya tetap latihan fisik dengan teman-teman wasit untuk jaga kondisi di Askab Sleman. Sesekali kami fun game ataupun latihan mimpin di game tersebut biar feeling di lapangan tidak hilang," ujar Agus.

Selama ini wasit memang menjadi perhatian pencinta sepak bola Tanah Air. Bagaimana tidak, jika tidak ada pertandingan mereka tidak mendapatkan penghasilan. Agus pun berharap, kompetisi yang akan digelar kembali pada 3 Juli 2021 tidak ditunda lagi.

"Saya sering memikirkan wasit lain yang tidak memiliki pekerjaan tetap seperti saya. Bagaimana mereka menghidupi keluarganya jika tidak ada kompetisi. Mudah-mudahan PSSI dan PT LIB bisa memastikan kompetisi yang digelar Februari itu benar," pungkas Agus.

Agus Fauzan Piala menpora Breaking News
Posts

4.871

Bagikan