BolaSkor.com - Ali Akman dikabarkan membuat sejumlah raksasa Premier League melirik dirinya. Dua klub yang paling aktif memburu Akman adalah Chelsea dan Arsenal.

Ali Akman sedang menjadi buah bibir di Turki. Ia mencetak sembilan gol dalam 16 pertandingan bersama Bursaspor pada musim ini. Media setempat menyebut Akman punya potensi bersinar di sepak bola Eropa.

Ali Akman memulai kariernya di Inegolspor sebelum angkat kaki ke Bursaspor pada 2015. Awalnya, ia bergabung dengan akademi klub untuk menempa kemampuan olah bolanya. Sang striker bermain di tim U-21 pada 2018-2019 dengan mengemas dua gol dalam enam penampilan.

Pada musim lalu, Akman menjadi target Galatasaray dan raksasa Jerman, RB Leipzig. Kedua klub itu terpincut dengan empat gol yang dikreasikan Akman dalam 25 laga pada musim lalu. Padahal, ia bukanlah penyerang reguler.

Musim ini, Ali Akman mendapatkan kepercayaan lebih. Ia ditempatkan sebagai ujung tombak. Bursaspor memberikan peran kepada Akman usai Kubilay Kanatsizkus angkat kaki pada musim panas.

Baca juga:

Profil Bryan Reynolds, Produk Impor Terbaru dari Negeri Paman Sam

Profil Omar Rekik, Rekrutan Anyar Arsenal Tanpa Informasi di Wikipedia

Profil Matthew Hoppe, Harapan Baru Schalke untuk Bertahan di Bundesliga

Ali Akman

Selain mencetak sembilan gol pada musim ini, Ali Akman juga mengemas empat assist. Angka-angka tersebut menjadi pertanda baik bagi pemain yang usianya masih muda.

Ali Akman juga berlaga di panggung internasional. Ia membela tim nasional Turki sejak kelompok umur U-15 hingga U-21. Dari 40 penampilan, Akman mencetak 20 gol.

Pertanyaan berikutnya yang terlontar adalah kenapa Arsenal dan Chelsea menginginkan Ali Akman. Apakah sang bintang muda sudah siap berlaga di Premier League?

Menilik skuad lini depan masing-masing tim, Arsenal memiliki Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, dan Bukayo Saka. Sementara itu, Chelsea punya deretan penyerang tajam seperti Timo Werner, Tammy Abraham, dan Hakim Ziyech.

Namun, pada sepak bola dewasa ini, klub biasanya memilih berinvestasi dengan mendatangkan pemain muda. Mereka mencari talenta besar ke seluruh penjuru untuk diorbitkan ke tim utama.

Berdasarkan penampilannya saat ini di Turki, sudah menjadi hal yang lumrah jika Chelsea dan Arsenal memasukkannya dalam kantong belanja. Ia memiliki prospek yang menarik dengan usia masih muda.

Ali Akman

Ali Akman juga dikenal sebagai pemain yang bisa menempati banyak posisi di lini depan. Tak hanya menjadi ujung tombak, tetapi dia juga bisa tampil melebar. Dia juga terkenal pandai dalam merebut bola dengan melakukan tekanan yang memaksa lawan melakukan kesalahan.

Posisi terbaik untuk Ali Akman adalah penyerang kedua. Dengan tinggi yang hanya 173 sentimeter, sulit mengharapkan Akman bersaing dalam duel udara dengan bek lawan.

Meski demikian, ia memiliki kecepatan ketika melakukan tusukan ke area pertahanan. Selain itu, Akman juga bisa membuka ruang bagi para pemain lain.

Alasan lain Ali Akman kian menarik adalah harganya yang miring. Kabarnya, Bursaspor membanderol pemain kelahiran Bursa itu hanya 3 juta euro. Bursaspor tidak ingin kehilangan Ali Akman secara cuma-cuma karena kontraknya akan usai pada akhir musim ini.

Bagi Ali Akman, pindah ke Premier League adalah pilihan menarik pada awal kariernya. Ia akan berada di kompetisi terbaik di dunia. Selain itu, menjadi incaran Arsenal dan Chelsea yang memang gemar memberikan kepercayaan kepada pemain muda membuat jalan Akman kian mulus.