BolaSkor.com - Manchester United dikenal memiliki salah satu akademi sepak bola terbaik di Inggris. Status tersebut coba ditegaskan kembali sejak Ole Gunnar Solskjaer duduk di kursi manajer.

Secara perlahan, Solskjaer mulai banyak memberikan kesempatan kepada produk akademi klub untuk melakoni debut di tim utama. Beberapa di antaranya kini bahkan mulai bisa diandalkan.

Sejak tiba pada Desember 2018, sudah lebih dari sepuluh pemain dari akademi Manchester United yang diberi kesempatan oleh Solskjaer untuk melakoni debut di tim utama. Nama-nama seperti Mason Greenwood, Tahith Chong, Brandon Williams, hingga Shola Shoretire termasuk dalam daftar ini.

Baca Juga:

Prediksi AS Roma Vs Man United: Akhiri Kutukan Semifinal

Buah Simalakama Solskjaer di Tengah Kisruh Suporter Vs Glazer

3 Kemenangan Manchester United di Daratan Italia

Para pemain jebolan akademi yang diberi kesempatan debut oleh Solskjaer memang belum memberikan dampak besar terhadap tim utama. Praktis hanya Greenwood yang terus menjadi andalan usai melakoni debut.

Namun bukan berarti Solskjaer akan berhenti melakukan kebijakan tersebut. Sejumlah nama bahkan sudah mengantre untuk tampil bersama tim utama.

Salah satu nama yang tampaknya akan segera diorbitkan adalah Anthony Elanga. Pemain berusia 19 tahun itu turut diboyong Solskjaer untuk bertandang ke markas AS Roma pada leg kedua semifinal Liga Europa 2020-2021.

Anthony Elanga (kanan)

Dengan selisih gol yang cukup jauh, peluang Elanga untuk melakoni debut sangat terbuka. Setidaknya, ia bisa menjadi salah satu opsi dari bangku cadangan.

Elanga sendiri berposisi sebagai winger kiri. Pemain berdarah Kamerun itu memiliki kecepatan dan skill individu di atas rata-rata.

Elanga bergabung ke akademi Manchester United sejak Juli 2018 ketika usianya menginjak 16 tahun. DNA sepak bola mengalir kental dalam darahnya.

Elanga merupakan anak dari Joseph Elanga, salah satu anggota Tim Nasional Kamerun yang berlaga di Piala Dunia 1998. Ibunya juga sempat meniti karier sebagai pesepak bola di Kamerun sebelum pindah dan menetap di Swedia.

Elanga langsung menjadi andalan Manchester United U-18 pada musim debutnya di akademi. Tiga gol dan lima assist mampu ia bukukan dari 21 laga.

Semusim berselang, penampilan Elanga kian menonjol. Ia bahkan meraih trofi pemain akademi terbaik usai membukukan tujuh gol dan empat assist dari 18 pertandingan masih bersama Manchester United U-18.

Pada awal musim ini, Elanga naik kelas ke tim U-23. Namun hal tersebut tak membuatnya canggung karena menjadi lebih subur di depan gawang dengan mengoleksi sebelas gol sejauh ini.

Performa apik inilah yang membuat Solskjaer mulai memberi perhatian lebih kepada Elanga. Sang pemain bahkan sudah duduk di bangku cadangan saat Manchester United berhadapan dengan Granada di perempat final Liga Europa.

Sebelum terbang ke Roma, Elanga mencetak dua gol dan satu assist bersama Manchester United U-23 saat bertandang ke markas Derby County. Torehan itu menjadi modal utama pemain berpaspor Swedia itu untuk melakoni debut di tim senior.