Profil Calon Juara dan Kuda Hitam Premier League 2021-2022

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 07 Agustus 2021
Profil Calon Juara dan Kuda Hitam Premier League 2021-2022
Duo Manchester menjadi unggulan utama untuk meraih gelar juara Premier League 2021-2022. (Twitter)

BolaSkor.com - Premier League 2021-2022 menjanjikan persaingan yang jauh lebih ketat dan menarik. Sulit untuk memprediksi tim yang akan keluar sebagai juara.

Berbeda dengan liga-liga elite Eropa lain, persaingan di Premier League lebih sulit diprediksi. Perburuan gelar juara biasanya diikuti oleh lebih dari tiga klub.

Selain itu, klub-klub kecil tak jarang membuat kejutan dengan mengalahkan klub yang lebih kuat. Fenomena tersebut sangat mungkin kembali berlanjut.

Baca Juga:

Profil Singkat 3 Klub Promosi Premier League 2021-2022

10 Rekor Transfer Termahal Inggris sebelum Jack Grealish, Didominasi Man United

Jack Grealish dan 9 Transfer Pemain Inggris Termahal Sepanjang Masa

Daya tarik Premier League 2021-2022 juga semakin bertambah dengan kehadiran bintang-bintang anyar. Hampir seluruh klub peserta sibuk memperkuat skuatnya di bursa transfer.

BolaSkor.com telah membuat prediksi terkait klub-klub yang menjadi kandidat kuat untuk meraih gelar juara serta para kuda hitam. Semuanya terangkum di bawah ini:

Calon Juara

1. Manchester City

Manajer: Pep Guardiola

Pemain Kunci: Kevin De Bruyne

Markas: Etihad Stadium

Status juara bertahan membuat Manchester City menjadi unggulan utama untuk meraih trofi. Materi pemain tim asuhan Pep Guardiola juga tak banyak berubah ketimbang musim lalu.

Manchester City memang masih mencari ujung tombak anyar untuk menggantikan Sergio Aguero. The Citizens menjadikan Harry Kane sebagai target utama.

Namun kekuatan Manchester City tetap berbahaya meski nantinya Kane gagal didapatkan. Gabriel Jesus sudah semakin matang untuk mengemban tanggung jawab tersebut.

Apalagi Manchester City memiliki kreator serangan dalam diri Jack Grealish. Pemain yang diboyong dari Aston Villa itu membuat skema serangan Manchester Biru lebih bervariasi.

Manchester City langsung bertemu lawan-lawan berat di awal musim. Jika mampu melewatinya dengan mulus, gelar juara semakin dekat untuk diraih.


2. Manchester United

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Pemain Kunci: Bruno Fernandes

Markas: Old Trafford

Musim 2021-2022 menjadi kesempatan terbaik Manchester United untuk mengakhiri masa paceklik gelar Premier League. Setan Merah kini punya kapasitas untuk menjadi penantang utama Manchester City.

Manchester United secara tak terduga mampu finis di peringkat kedua musim lalu. Tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer bahkan sempat memuncaki klasemen di pertengahan musim.

Momentum tersebut coba dilanjutkan Manchester United sekarang. Itu ditunjukkan dengan mendatangkan Jadon Sancho dan Raphael Varane.

Kehadiran kedua pemain itu menambal kelemahan Manchester United musim lalu. Wajar jika kubu Old Trafford menjadi favorit juara.

Meski begitu, Manchester United harus membuktikan kekuatannya di lapangan. Persiapan mereka sedikit terganggu dengan banyaknya pemain utama yang telat bergabung usai tampil di Piala Eropa dan Copa America.

Manchester United berpeluang langsung tancap gas sejak awal musim. Itu karena Paul Pogba dan kawan-kawan mendapat jadwal yang cukup menguntungkan.

Namun kondisi ini bisa menjadi bumerang andai Manchester United gagal tampil maksimal. Solskjaer bahkan terancam kehilangan pekerjaan sebelum musim berakhir jika tak mampu menjawab ekspektasi.


3. Chelsea

Manajer: Thomas Tuchel

Pemain Kunci: Mason Mount

Markas: Stamford Bridge

Chelsea layak melengkapi daftar kandidat juara Premier League 2021-2022. Kesuksesan menjuarai Liga Champions musim lalu menjadi modal The Blues untuk bersaing.

Performa Chelsea diyakini sudah meningkat pesat di bawah asuhan Thomas Tuchel. Sang manajer juga sudah belajar dari pengalamannya selama paruh kedua musim lalu.

Kombinasi pemain muda dan senior menjadi kekuatan Chelsea untuk bersaing. Kerja sama Kai Havertz, Jorginho, Mason Mount, N'Golo Kante, hingga Thiago Silva akan semakin padu seiring berjalannya waktu.

Kekuatan Chelsea akan kian menakutkan andai Romelu Lukaku mampu didapatkan. Klub asal London itu memang berupaya membajaknya dari Inter Milan.

Kehadiran Lukaku menjadi solusi dari permasalahan Chelsea musim lalu. Tuchel memang belum puas dengan kinerja lini depan yang diisi Timo Werner dan Tammy Abraham.

Chelsea juga punya jadwal yang kurang menguntungkan di awal musim. Namun ini menjadi ujian sesungguhnya bagi mereka untuk bersaing menuju tangga juara.


Kuda Hitam

1. Liverpool

Manajer: jurgen Klopp

Pemain Kunci: Mohamed Salah

Markas: Anfield

Liverpool harus menerima kenyataan hanya berstatus sebagai kuda hitam pada musim 2021-2022. The Reds memang diragukan bisa ikut bersaing dalam perburuan gelar.

Liverpool mengalami penurunan performa yang cukup signifikan pada musim lalu. Itu membuat tim asuhan Jurgen Klopp hampir gagal merebut tiket ke Liga Champions.

Penurunan performa Liverpool tak lepas dari krisis di lini pertahanannya. Dua bek tengah mereka yaitu Virgil van Dijk dan Joe Gomez harus absen selama hampi semusim penuh.

Kedua pemain tersebut kini sudah pulih. Namun kehadiran Van Dijk dan Gomez tak menjamin Liverpool langsung kembali ke performa puncak seperti dua musim lalu.

Apalagi Liverpool cukup pasif di bursa transfer. Sejauh ini baru Ibrahima Konate yang didaratkan ke Anfield.

Liverpool dan Klopp masih punya waktu untuk memperkuat skuatnya. Materi pemain yang dimiliki Merseyside Merah sekarang memang kalah mentereng ketimbang para rival di papan atas.


2. Leicester City

Manajer: Brendan Rodgers

Pemain Kunci: Jamie Vardy

Markas: King Power Stadium

Leicester City kian konsisten menegaskan statusnya sebagai pengganggu The Big Six. Tim asuhan Brendan Rodgers itu hampir merebut tiket ke Liga Champions dalam dua musim terakhir.

Kesuksesan menjuarai Piala FA musim lalu harusnya membuat Leicester lebih percaya diri. Apalagi jika deretan bintangnya mampu dipertahankan dari incaran klub lain.

Leicester merupakan salah satu tim yang kerap menghambat laju para kandidat juara. Manchester City bahkan sempat dihancurkan dengan skor 5-2 pada musim lalu.

Leicester tentu ingin menuntaskan rasa penasarannya untuk bermain di Liga Champions lagi. Bukan tidak mungkin mereka juga bisa mengulangi kisah dongeng pada musim 2015-2016.


3. Arsenal

Manajer: Mikel Arteta

Pemain Kunci: Pierre-Emerick Aubameyang

Markas: Emirates Stadium

Reputasi Arsenal sebagai salah satu tim besar di Premier League memang mulai luntur dalam beberapa musim terakhir. Namun The Gunners tetaplah tim yang tak bisa diremehkan begitu saja.

Motivasi tinggi dipastikan menyelimuti skuat Arsenal menyambut musim baru. Tim asuhan Mikel Arteta ingin menebus aib finis di peringkat kedelapan musim lalu.

Peluang Arsenal untuk membuat kejutan masih terbuka. Namun Arteta butuh tambahan beberapa pemain lagi untuk menyempurnakan skuatnya.

Fakta bahwa Arsenal absen dari kompetisi Eropa juga bisa menguntungkan. Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan bisa fokus mencurahkan seluruh perhatiannya ke Premier League.

Premier League Manchester City Manchester United Chelsea Liverpool Leicester City Arsenal Trivia Sepak Bola Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan