BolaSkor.com - Serie A 2021-2022 akan mulai dihelat pada akhir pekan ini. Lantas, tim mana saja yang mendapatkan label sebagai calon juara? Lalu, bagaimana dengan tim kuda hitam pada edisi kali ini?

Inter Milan keluar sebagai juara Serie A musim lalu. Dikomandoi Antonio Conte, Inter unggul 12 poin dari AC Milan yang berada di posisi kedua. Sementara itu, Juventus sebagai juara bertahan berada pada peringkat keempat.

Pada musim ini, terjadi banyak perubahan, terutama di tim-tim besar. Hanya Atalanta dan AC Milan yang tidak berganti pelatih. Sementara itu, Inter dan Juve punya arsitek anyar.

Baca juga:

Romelu Lukaku Tinggalkan Inter Milan Bukan karena Mata Duitan

Berlikunya Jalan Juventus Datangkan Manuel Locatelli

Belum Menyerah Kejar Nikola Vlasic, Milan Kembali Kontak CSKA Moskow

Lantas, bagaimana peta persaingan Serie A 2021-2022? Tim mana saja yang berpeluang sebagai juara? Selain itu, tim mana yang akan membuat kejutan? Berikut prediksinya:

Calon Juara

Juventus

Juventus

Pelatih: Massimiliano Allegri
Pemain Kunci: Cristiano Ronaldo
Stadion: Allianz Stadium

Juventus tidak bisa dikeluarkan dari daftar persaingan peraih gelar. Apalagi, La Vecchia Signora melakukan perubahan fundamental untuk musim ini.

Juventus mengambil langkah berani dengan memulangkan Massimiliano Allegri. Mantan pelatih AC Milan itu mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Andrea Pirlo.

Dengan kisah manis di masa lalu, Allegri diyakini sebagai orang yang tepat membawa Juve kembali ke jalur prestasi. Allegri dikenal sebagai pelatih yang memiliki taktik cukup beragam. Hasilnya adalah lima titel Serie A bersama Juventus.

Juventus juga mempertahankan pemain-pemain kunci seperti Cristiano Ronaldo, Paulo Dybala, dan Giorgio Chiellini. Andai berhasil mendatangkan Manuel Locatelli dari Sassuolo, kualitas Juve diyakini akan bertambah.

Inter Milan

Inter Milan

Pelatih: Simone Inzaghi
Pemain Kunci: Nicolo Barella
Stadion: Giuseppe Meazza

Pantang menghapus Inter Milan dari persaingan gelar Serie A musim ini. Inter diyakini tetap punya potensi untuk menjadi yang terbaik.

Inter Milan kehilangan Antonio Conte, Romelu Lukaku, dan Achraf Hakimi pada musim panas ini. Padahal, ketiganya adalah penggawa penting di balik keberhasilan menuntaskan dahaga Scudetto.

Meski demikian, Inter telah menemukan penggantinya. Kini, mantan pelatih Lazio, Simone Inzaghi, berada di belakang kemudi. Sementara itu, Edin Dzeko dan Denzel Dumfries juga resmi bergabung.

Inter Milan pun tidak akan meninggalkan formasi yang menghasilkan gelar musim lalu, 3-5-2. Simone Inzaghi sengaja dipilih agar Inter tetap menggunakan taktik tersebut. Dengan begitu, tidak ada banyak perubahan dari segi sistem permainan.

Tak heran, kans Inter kembali menjadi yang terbaik pun terbuka lebar. Apalagi, Inter dikabarkan akan terus memperkuat diri jelang penutupan bursa transfer.

AC Milan

AC Milan

Pelatih: Stefano Sensi
Pemain Kunci: Zlatan Ibrahimovic
Stadion: San Siro

AC Milan sempat memimpin Serie A musim lalu dalam beberapa pekan. Pemandangan tersebut menjadi bukti jika Milan punya potensi menjadi juara.

Satu yang dibutuhkan AC Milan adalah konsistensi. Sebab, setelah berlari kencang pada awal hingga pertengahan musim, Rossoneri mulai kehabisan bensin jelang akhir.

Selain itu, Il Diavolo Rosso juga perlu menghilangkan ketergantungan pada Zlatan Ibrahimovic. Milan coba mengatasinya dengan memboyong Olivier Giroud dari Chelsea.

Kini, Stefano Pioli perlu meracik kembali skuad Milan untuk tak hanya lolos ke Liga Champions, tetapi juga mengejar Scudetto. Apalagi, Milan kehilangan dua pemain penting, Gianluigi Donnarumma dan Hakan Calhanoglu, pada musim panas ini.

Kuda Hitam

Atalanta

Atalanta

Pelatih: Gian Piero Gasperini
Pemain Kunci: Ruslan Malinovskyi
Stadion: Gewiss Stadium

Atalanta masih menyandang status tim kuda hitam pada Serie A musim ini. La Dea kerap membuat kejutan pada setiap musimnya.

Pada awalnya, Atalanta adalah tim yang tak diunggulkan. Namun, Gian Piero Gasperini mampu membuat Atalanta tampil impresif dengan materi pemain terbatas. Bahkan, Atalanta adalah satu di antara tim paling subur di Italia.

Ciri permainan Atalanta adalah mengandalkan kerja sama dan kemampuan seluruh pemain. Tidak ada satu pemain yang menonjol. Buktinya, kepergian Papu Gomez tidak membuat Atalanta melemah.

Oleh karena itu, Atalanta diprakirakan akan kembali merepotkan tim-tim besar di Serie A. Atalanta pun telah teruji dengan merebut tiket Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Napoli

Napoli

Pelatih: Luciano Spalletti
Pemain Kunci: Lorenzo Insigne
Stadion: Stadio Diego Armando Maradona

Setelah gagal menembus empat besar pada musim lalu, kini Napoli menyambut era baru. Luciano Spalletti yang terakhir kali menukangi Inter Milan ditunjuk sebagai pelatih.

Kehadiran Spalletti diprediksi akan menghadirkan warna baru di permainan Napoli. Spalletti dikenal sebagai pelatih yang mampu membangkitkan tim.

Dari sisi materi pemain, Il Partenopei pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Napoli punya lini depan yang tajam dan pertahanan kukuh. Kini, Napoli perlu mempertahankan pemain pentingnya demi bersaing dengan para calon juara.

AS Roma

AS Roma

Pelatih: Jose Mourinho
Pemain Kunci: Lorenzo Pellegrini
Stadion: Olimpico

Jose Mourinho kembali ke Serie A. Peramu taktik dari Portugal itu memilih AS Roma sebagai pelabuhan berikutnya.

Dengan kemampuan dan pengalamannya, Jose Mourinho diprakirakan akan membawa Roma bangkit dari masa kelam. Roma juga menjadi satu di antara tim Serie A yang paling aktif di bursa transfer. Teranyar, Roma mendapatkan Tammy Abraham dari Chelsea.

Oleh karena itu, Roma masuk sebagai tim kuda hitam pada musim ini. Roma punya wajah baru dengan Mourinho yang berada di kursi pelatih.