Profil Caoimhin Kelleher, Deputi Baru Alisson yang Nyaris Tinggalkan Liverpool

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 02 Desember 2020
Profil Caoimhin Kelleher, Deputi Baru Alisson yang Nyaris Tinggalkan Liverpool
Caoimhin Kelleher (Twitter)

BolaSkor.com - Kemenangan Liverpool atas Ajax Amsterdam pada matchday kelima fase grup Liga Champions 2020-2021 melahirkan satu bintang baru. Sosok yang dimaksud adalah Caoimhin Kelleher.

Dalam laga yang berlangsung di Anfield, Rabu (2/12) dini hari WIB, Kelleher secara mengejutkan tampil mengawal gawang Liverpool. Sang manajer, Jurgen Klopp memilihnya untuk menggantikan Alisson Becker yang mengalami cedera.

Keputusan Klopp itu cukup mengejutkan. Sebelumnya, ia lebih suka memainkan Adrian saat Alisson absen.

Padahal duel ini sangat menentukan bagi Liverpool. The Reds butuh kemenangan untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan Liga Champions: Inter Jaga Asa, Liverpool Juara Grup

Liverpool 1-0 Ajax Amsterdam, Kilau Pemain Muda The Reds

Pekerjaan Rumah Liverpool Tentukan Nasib Sembilan Pemain

Caoimhin Kelleher dan Jurgen Klopp

Namun kepercayaan itu mampu dimanfaatkan Kelleher dengan maksimal. ia tampil baik dengan membukukan clean sheet dan mengantarkan Liverpool menang 1-0.

Kelleher sebenarnya bukan pemain baru di Liverpool. Ia sudah bergabung sejak 2015 silam ketika berusia 17 tahun.

Pemain berkebangsaan Irlandia itu diboyong dari klub Irlandia, Ringmahon Rangers. Kelleher memulai perjalanannya dari tim kelompok umur Liverpool dari U-18 hingga U-23.

Namun perjalanan Kelleher untuk menembus tim utama Liverpool menempuh jalan berliku. Ia bahkan hampir menyerah.

Hal itu menjadi wajar karena kesempatan bermain untuk Kelleher sangat minim. Laga kontra Ajax merupakan caps kelimanya di tim utama Liverpool.

Tak heran jika Kelleher sudah dua kali meminta untuk dipinjamkan. Klub-klub Belanda dikabarkan tertarik memakai jasanya.

Namun Kelleher nampaknya memang masih berjodoh dengan Liverpool. Keinginannya untuk dipinjamkan terpaksa tak disetujui manajemen karena Alisson dua kali cedera pada musim panas.

“Dia seharusnya dipinjamkan ke Belanda, ke beberapa klub di Eredivisie di jendela terakhir tapi ketika kiper pertama Liverpool mengalami cedera, langkah itu dibatalkan," kata pelatih Timnas irlandia, Stephen Kenny.

Kegagalan Kelleher pindah klub kini menjadi berkah. Penampilan apiknya kontra Ajax akan membuatnya menggeser posisi Adrian sebagai deputi Alisson.

Pada laga kontra Ajax, Kelleher memang membuktikan diri lebih baik dari Adrian. Setidaknya, ia tidak membuat blunder seperti yang biasa dilakukan kiper asal Spanyol tersebut.

Dari statistik, Kelleher membuat empat penyelamatan pada kontra Ajax. Kemampuannya dalam mendistribusikan bola juga cukup piawai.

Whoscored mencatat Kelleher melakukan 42 operan dengan persentase kesuksesan mencapai 71,4 persen. Umpan jarak jauhnya juga cukup akurat dengan 12 operan.

Hal ini nampak menjadi salah satu pertimbangan Klopp dalam memilih Kelleher. Apalagi Adrian cukup lemah dalam dua sisi tersebut.

"Dalam permainan ini, kami membutuhkan kemampuan bermain sepak bola, kemampuan bermain sepak bola alami dari Kelleher. Dan karena dia juga seorang kiper yang sangat baik, kami membuat keputusan itu," kata Klopp kepada BT Sport.

"Mereka semua tenang pada saat mereka mendapatkan informasi tetapi ada perbedaannya di lapangan. Saya sangat senang bagaimana dia menghadapi hal ini dan betapa tenang serta baiknya dia."

Kelleher nampak masih akan mengawal gawang Liverpool dalam beberapa laga selanjutnya. Belum diketahui seberapa parah cedera Alisson dan waktu pemulihannya.

Hal ini harusnya bisa dimanfaatkan Kelleher dengan tampil konsisten. Andai tak mampu menggeser Alisson, ia bisa mencuri perhatian klub-klub lain.

Liverpool Liga Champions Caoimhin Kelleher Sosok Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan