Profil Cyrus Margono: Kiper Panathinaikos yang Ngebet Bela Timnas Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 02 Februari 2022
Profil Cyrus Margono: Kiper Panathinaikos yang Ngebet Bela Timnas Indonesia
Cyrus Margono.(Istimewa)

BolaSkor.com - Nama pemain keturunan Indonesia, Cyrus Margono, dalam beberapa hari terakhir menghiasi pemberitaan portal olahraga media di Tanah Air. Kiper Panathinaikos B ini berkeinginan membela Timnas Indonesia.

"Sebentar lagi #kitagaruda," tulis Margono dalam keterangan unggahannya itu.

Saking ngebetnya, Cyrus Margono datang ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Athena, Yunani. Media Yunani, Trifilara mengklaim pemain berumur 21 tahun itu meminta bantuan KBRI untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) demi membela Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Media Yunani Sebut Cyrus Margono Minta Bantuan KBRI untuk Jadi WNI

Kode Kiper Keturunan Milik Panathinaikos Ingin Bela Timnas Indonesia

Cyrus Margono

"Duta Besar LBBP RI Bebeb Djundjunan menerima kunjungan Cyrus Margono, salah satu atlet sepak bola keturunan Indonesia yang saat ini bermain untuk klub Panathinaikos," tulis KBRI di Athena.

"Suatu pengalaman yang menyenangkan bisa bertukar pikiran dengan salah satu putra keturunan Indonesia yang berkiprah di tingkat internasional. Sukses selalu Margono," tambah KBRI Athena.

Padahal, asisten pelatih Shin Ta-yong, Yoo Jae-hoon menyebut Margono tidak merespons saat dikontak staf pelatih Timnas Indonesia.

"Sudah pernah coba kontak sama dia tapi tidak ada respons," tulis Yoo Jae-hoon dalam Instastory-nya.

Profil Cyrus Margono

Cyrus Margono
Cyrus Margono. (Istimewa)

Cyrus Margono lahir pada 9 November 2001. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah bernama Johan. Sedangkan, ibunya yang bernama Sepedeeh berasal dari Iran.

Meski begitu, Cyrus Margono lahir di New York, Amerika Serikat. Ia memiliki dua kewarnegaraan, Indonesia dan Amerika Serikat. Namun menurut Transfermarkt, Cyrus Margono belum pernah membela tim nasional Amerika Serikat di beberapa level junior hingga senior.

“Saya lahir di New York, saya bermain sepak bola pada usia empat tahun, ayah saya dari Indonesia dan ibu saya dari Persia (Iran),” ucap Cyrus Margono kepada media lokal Yunani, Prasinotypos.

Meski begitu, Cyrus Margono pernah mengecap pendidikan di akademi Inter Milan, Amerika Serikat pada tahun 2015. Saat itu, ia ikut pelatihan selama dua minggu.

Cyrus Margono baru memulai karier profesionalnya pada tahun 2020. Ia memperkuat klub kampusnya Universitas Kentucky, UK Wildcats. Ini setelah ia membela klub sepak bola dari Universitas Denver pada tahun 2019.

Bakatnya di UK Wildcats dilihat Panathinaikos. Klub berjuluk Prasinoi ini akkhirnya merekrut Cyrus Margono pada Agustus 2001 dengan durasi kontrak tiga tahun. Meski begitu, ia membela Panathinaikos B yang berkompetisi di Super League B.

"Saya datang ke klub yang sangat besar dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berada di sini. Saya menghargai kesempatan yang diberikan kepada saya oleh tim dan pelatih. Saya akan memberikan yang terbaik setiap hari untuk membuktikan kepada mereka,” ucap Margono dikutip dari laman resmi klub.

Cyrus Margono menjalani laga perdananya bersama Panathinaikos B dalam laga persahabatan melawan tim Liga Super Yunani, Panaitolikos, 4 September 2021. Sayang, ia belum turun sekalipun di Super League B bersama Panathinaikos B.

Jika ingin dinaturalisasi, Cyrus Margono hanya tinggal meninggalkan status warga negara Amerika Serikat. Hal ini sama seperti Elkan Baggott yang menanggalkan status warga negara Inggris, dan memilih Indonesia.

Cyrus Margono
Cyrus Margono. (Istimewa)

Profil Cyrus Margono:

Nama: Profil Cyrus Margono

Tempat, Tanggal Lahir: Amerika Serikat, 9 November 2001

Warga Negara: Amerika Serikat dan Indonesia

Umur: 21 tahun

Karier Junior:

Akademi Inter Milan - 2015

Universitas Denver - 2019

Karier Profesional:

UK Wildcats - 2020

Panathinaikos B - 2021

Panathinaikos Cyrus Margono Timnas Indonesia Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.008

Bagikan