Profil dan Fakta Menarik Rekrutan Anyar Manchester United, Antony

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 31 Agustus 2022
Profil dan Fakta Menarik Rekrutan Anyar Manchester United, Antony
Antony (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United akhirnya mengumumkan transfer Antony dari Ajax Amsterdam. Siapa sangka karier pemain berusia 22 tahun itu dapat melesat dengan cepat.

"Manchester United telah mencapai kesepakatan dengan Ajax untuk transfer Anton. Persyaratan medis pemain dan yang lainnya sedang diselesaikan, termasuk izin kerja internasional," bunyi pernyataan resmi Manchester United.

Menurut pakar transfer, Fabrizio Romano, Manchester United harus mengeluarkan dana sebesar 95 juta euro untuk menebus Antony dari euro. Itu belum termasuk bonus yang jumlahnya bisa mencapai 5 juta euro lagi.

Baca Juga:

Resmi, Manchester United Umumkan Transfer Antony

Marco van Basten: Antony Tak Layak Dihargai 100 Juta Euro

3 Winger Sebelum Antony yang Diboyong Manchester United dari Klub Eredivisie

Manchester United juga akan memberikan kontrak jangka panjang berdurasi lima tahun kepada Antony. Opsi perpanjangan satu tahun lagi juga masuk dalam perjanjian kerja.

BolaSkor.com telah merangkum sejumlah fakta menarik terkait Antony yang belum banyak diketahui orang. Berikut ini rinciannya:

Asal usul

Antony dan kedua orang tuanya

Antony Matheus dos Santos merupakan nama lengkap pemain ini. Ia lahir pada 24 Februari 2000 di Osasco, negara bagian Sao Paulo, Brasil.

Ibunya bernama Cremilda Prudencio dan ayahnya adalah Dos Santos. Menariknya, nenek moyang Antony berasal dari Eropa Selatan tepatnya Portugal.

Seperti kebanyakan orang Brasil, keluarga Antony berasal dari kelas pekerja. Ia merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara.


Awal Karier

Antony masuk akademi Sao Paulo pada 2010 atau saat usianya menginjak 10 tahun. Ia melakukannya usai menjalani serangkaian tes.

Keputusan akademi Sao Paulo menerima Antony berbuah manis. Sang pemain menunjukkan perkembangsan signifikan dari tahun ke tahun.

Pada 2018, Antony mewakili akademi Sao Paulo dalam sebuah turnamen di Jepang bernama J League World Challenge. Hasilnya, ia membawa timnya meraih gelar juara hingga dinobatkan sebagai pemain terbaik.

Tak lama setelah itu, Sao Paulo memberikan kontrak profesional pertama untuk Antony tepatnya pada 26 September 2018. Ia diikat hingga 2023 bersama dua pemain akdemi lainnya yaitu Helinho dan Igor Gomes.

Antony melakoni debut bersama tim utama Sao Paulo saat bermain imbang 1-1 kontra Gremio, 15 November 2018. Ia tampil sebagai pemain pengganti.

Antony mencetak gol perdananya untuk Sao Paulo pada 23 Juli 2019 saat menang 4-0 kontra Chapecoense. Total ia mencetak empat gol di liga Brasil musim tersebut.


Petualangan di Eropa

Setelah menghabiskan semusim penuh bersama tim utama Sao Paulo, Antony resmi dibeli Ajax Amsterdam pada 23 Februari 2020. Namun ia harus menunggu hingga musim panas untuk tampil dengan seragam Ajax karena bursa transfer sudah ditutup.

Sial bagi Antony, kompetisi musim 2019-2020 sempat tertunda karena adanya pandemi virus corona. Ia pun harus menunggu lebih lama untuk memulai debut di Eropa.

Kesabaran Antony pada akhirnya berbuah manis. Ia langsung mencetak gol pada debut resminya di Eredivisie 20202-2021 kontra Sparta Rotterdam.

Musim perdana Antony di Ajax berakhir dengan dua gelar juara yaitu Eredivisie dan Piala KNVB. Ia tercatat mencetak sepuluh gol dan sepuluh assist dari 46 laga.

Performa apik itu membuat nama Antony mulai mencuri perhatian klub-klub besar Eropa. Namun ia pada akhirnya tetap menghabiskan satu musim lagi bersama Ajax.


Tim Nasional

Kesuksesan pada musim perdana Antony bersama Ajax membuat namanya dipanggil Timnas Brasil yang berlaga di Olimpiade 2020 pada Juli 2021. Ia pun sukses membantu negaranya meraih medali emas.

Kesuksesan itu membuat Antony dipanggil ke Timnas Brasil senior untuk kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL. Ia melakoni debut bersama Tim Samba saat berhadapan dengan Venezuela pada 7 Oktober 2021 dan menandainya dengan sebuah gol.


Kehidupan Pribadi

Meski masih muda, Antony sudah menjadi seorang ayah sejak November 2019. Ia memiliki seorang putra dari hasil buah cintanya dengan sang kekasih, Rosilene Silva.

Menariknya, Antony dan Rosilene telah menjalin hubungan sejak lama. Hal ini menandakan sang pemain merupakan seorang pria yang setia.

Trivia Sepak Bola Antony Manchester United Sosok Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan