BolaSkor.com - Fiorentina memiliki penyerang tajam dalam diri Dusan Vlahovic. Sang juru gedor mendapatkan banyak pujian hingga sempat dijuluki sebagai Zlatan Ibrahimovic baru.

Dusan Vlahovic merupakan ujung tombak asal Serbia yang memulai karier senior bersama Partizan Belgrade. Pada awalnya, Vlahovic sempat membela rival Partizan Belgrade, Red Star, pada tim junior.

Karena penampilan yang terus menanjak, Dusan Vlahovic mendapatkan kontrak profesional saat berumur 15 tahun. Kemudian, ia mencatatkan debut pada usia 16 tahun dan menjadi pencetak gol termuda untuk Partizan. Hebatnya, rekor yang belum terpecahkan hingga saat ini itu dikreasikan pada penampilan kelima.

Sinar Dusan Vlahovic tidak berhenti sampai di situ. Ia merupakan pemain termuda yang pernah tampil dalam derby antara Partizan kontra Red Star.

Bakat Vlahovic akhirnya sampai ke telinga pemandu bakat Fiorentina. Akhirnya, La Viola mengucurkan 1,95 juta euro untuk mendapatkan sang striker pada 2018.

Langkah Fiorentina memboyong Vlahovic tak lepas dari rekomendasi Valeri Bojinov. Ia merupakan mantan rekan satu tim Vlahovic di Partizan dan eks penggawa Fiorentina. Tak tanggung-tanggung, dalam testimoninya, Bojinov menyebut Vlahovic sebagai The Next Zlatan Ibrahimovic.

Baca juga:

Nankatsu SC, dari Manga Menuju Dunia Nyata

Profil Stuart Dallas, 'Tukang Kayu' yang Disukai oleh Banyak Pelatih

5 Hal Mengenai Teun Koopmeiners, Kapten Muda AZ Alkmaar Incaran Liverpool

Dusan Vlahovic

"Saya mengatakan kepada pemimpin Fiorentina saat itu, Pantaleo Corvino, untuk memboyong Vlahovic ketika masih berusia 15 atau 16 tahun," ujar Bojonov seperti dilaporkan Football London.

"Vlahovic gila, dia benar-benar gila. Dia bisa mengatakan kepada saya: 'Saya adalah Zlatan Ibrahimovic dari Beograd. Saya akan bermain di klub terkuat.' Saya menyukai kesombongannya. Saya pikir dia akan menjadi pemain kuat," sambungnya.

Keputusan Fiorentina mendatangkan Vlahovic rupanya tepat. Seiring berjalannya waktu, Vlahovic menjelma menjadi predator berbahaya di area pertahanan lawan. Ditunjang dengan postur yang tinggi menjulang, Vlahovic semakin sulit dihentikan.

Dengan dua gol pada laga melawan Atalanta, Vlahovic telah mengemas 15 gol pada Serie A musim ini. Jumlah tersebut sama dengan milik Zlatan Ibrahimovic.

Bila lebih diperuncing, Vlahovic berkontribusi dalam tujuh gol pada empat pertandingan terakhir di Serie A. Penyerang 21 tahun itu mengemas enam gol plus satu assist.

"Saya pikir, setelah Erling Haaland dan Kylian Mbappe, Vlahovic adalah yang terkuat di Eropa," ujar legenda sepak bola Italia Christian Vieri.

Ponten apik dari Vieri pun kian meyakinkan jika Vlahovic punya masa depan cerah. Tak heran, namanya mulai dikaitkan dengan sejumlah klub.

Kelebihan Vlahovic adalah penyelesaian akhir yang mematikan. Meskipun ia tidak memiliki kemampuan individu yang gemilang, tetapi penempatan posisi Vlahovic bisa menjadi jalan lain untuk mencetak gol.

Menurut catatan WhoScored, Vlahovic rata-rata melepaskan 2,4 tembakan per laga. Sementara itu, umpan suksesnya mencapai 67,4 persen. Untuk urusan memenangi duel, Vlahovic membukukan 2,6.

Lebih lanjut, Vlahovic telah melakukan 182 duel udara melawan bek lawan. Itu merupakan statistik terbanyak kedua hingga saat ini. Catatan keberhasilannya mencapai 41,8 persen. Meskipun, hanya satu dari 15 golnya yang berasal dari sundulan.

Dusan Vlahovic

Vlahovic juga tidak takut melakukan duel satu lawan satu jika diperlukan. Ia membukukan 20 dribel sukses yang menempatkannya pada posisi nomor lima dalam daftar penggawa Fiorentina.

Empat belas dari 15 golnya datang dari dalam kotak penalti. Itu artinya, Vlahovic mencatatkan satu gol setiap 9,9 sentuhan di dalam kotak penalti.

Tak heran, sejumlah tim Inggris dan AC Milan dikabarkan tertarik merekrut Dusan Vlahovic. Sang striker dianggap punya masa depan cerah. Apalagi, dengan penampilan saat ini, Vlahovic merupakan pemain yang siap pakai.

Dari deretan klub yang ngebet mendapatkan jasa Vlahovic, Rossoneri menjadi yang paling terdepan. Milan ingin menduetkan Vlahovic dengan Zlatan Ibrahimovic. Rencana tersebut menarik mengingat Vlahovic mendapatkan label sebagai titisan Ibra.

Sejauh ini, sikap Fiorentina terbuka melego Dusan Vlahovic. La Viola tidak akan menghalangi jika memang sang ujung tombak ingin pergi.

Namun, Fiorentina juga tidak ingin melewatkan kesempatan meraup uang besar. Berdasarkan kabar yang berkembang, Fiorentina menginginkan setidaknya 40 juta pounds.

Sementara itu, Vlahovic memilih fokus kepada penampilannya musim ini daripada sibuk mengurusi bursa transfer. Ia akan membicarakan bursa transfer ketika musim berakhir. Saat ini, pemain bernomor punggung 9 itu masih terikat kontrak hingga 2023.

"Saya tidak suka berbicara soal kontrak karena kami dalam posisi tak bagus di klasemen. Rocco Commisso akan melakukan segalanya untuk membawa tim ini baik karena dia ambisius," kata Vlahovic seperti dikabarkan La Republica.

"Pada musim panas, mari kita lihat karena saya terbuka dengan dialog apa pun bersama klub," imbuhnya.

Kini, Dusan Vlahovic perlu berlatih dengan keras untuk mencapai level tertinggi sebagai penyerang. Ia memiliki modal yang cukup untuk meraihnya. Bukan tidak mungkin, Vlahovic melampaui catatan Zlatan Ibrahimovic.