BolaSkor.com - Nama Elkan Baggott menjadi perbincangan pencinta sepak bola Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Elkan menjadi pemain keturunan yang digadang-gadang membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021.

Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, langsung memanggil pemain berdarah Indonesia-Inggris itu ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Penampilannya membawa angin segar akan pertahanan rapuh Timnas Indonesia. Pemain berumur 19 tahun itu digadang-gadang bakal menjadi pemain belakang masa depan Timnas Indonesia.

Baca Juga:

Persahabatan Bagai Kepompong, Elkan Baggott Ungkap 4 Sahabatnya di Timnas

Ezra dan Ryuji Bantu Elkan Baggott Berkomunikasi di Timnas Indonesia

Namun, Timnas Indonesia masih khawatir, sebab Elkan belum memilih kewarganegaraan yang pasti, ketika itu umurnya masih 17 tahun. Apalagi, Piala Dunia U-20 2021 ditunda ke tahun 2023, di mana Elkan sudah tak bisa bermain karena batasan umur.

Bisa saja Elkan memilih kewarganegaraan Inggris, tempat tinggal dan menitih kariernya di Ipswich Town. Atau memilih kewarganegaraan Thailand, tempatnya lahir.

Hal itu diperkuat dengan tidak datangnya Elkan saat panggilan Timnas Indonesia Senior menjalani sisa laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Padahal kalau Elkan membela Timnas Indonesia Senior, susah baginya untuk membela tim nasional Inggris atau Thailand.

Elkan Baggott
Selebrasi Elkan Baggott usai bobol gawang Malaysia. (PSSI)

Pada akhirnya, Elkan mengikat janji setia bersama Timnas Indonesia. Pemain kelahiran 23 Oktober 2002 itu mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada November 2021 kemarin.

Ia pun langsung menjalani debut saat Timnas Indonesia melawan Afghanistan, dalam laga FIFA Matchday di Turki.

"Saya memilih Indonesia karena keluarga terdekat dari Ibu saya. Semuanya berasal dari sana (Indonesia), dan saya ingin mewakili mereka dan negara saya," tegas Elkan Baggott, dalam wawancara di channel YouTube PSSI.

Sejatinya, Elkan terjun ke sepak bola karena olahraga ini populer saat dirinya bersekolah sejak kecil di Inggris, negara yang pertama kali memainkan sepak bola.

"Saya rasa itu dimulai saat sekolah. Sepak bola merupakan sesuatu (olahraga) yang dimainkan semua orang (populer), dan ketika saya bermain sama mereka, saya bagus juga (punya bakat)," kata Elkan.

"Setelah itu terus berlanjut, dan sekarang saya jadi pemain profesional. Sekarang saya di sini, ini adalah pekerjaan terbaik di dunia. Tetapi ketika saya tumbuh dewasa, itu bukan sesuatu yang saya sangat sukai untuk menjadi pesepak bola. Hanya saja saya menemukan diri saya dalam situasi ini, dan memanfaatkan saya sebaik mungkin," tambahnya.

Elkan Baggott
Elkan Baggott saat bobol gawang Malaysia. (PSSI)

Kariernya Elkan dimulai dari akademi Ipswich Town. Klub yang kini berkompetisi di kasta ketiga Liga Inggris (League One), menawarkan Elkan bergabung dengan tim akademinya melalui skema beasiswa Professional Development Phase Scolarship.

Perlahan tapi pasti, Elkan menitih kariernya dari mulai akademi Ipswich Town, Ipswich Town U-18, U-23, hingga senior.

Elkan Baggott akhirnya enjalani debut bersama tim senior Ipswich Town saat melawan Gillingham dalam laga fase grup EFL Trophy 2020/2021, Rabu (7/10). Elkan membawa Ipswich Town menang 2-0.

"Ada pelatih Ipswich yang bersama saya selama sepanjang waktu saya di sana, namanya, Bryan Klug. Dia selalu memperhatikan saya, dia selalu mendukung saya. Dia mungkin orang yang berpengaruh bagi saya, karena saya sudah mengenalnya begitu lama," tambah Elkan mengenai sosok yang paling berpengaruh dalam kariernya.

Elkan Baggott
Elkan Baggott bersama tim pelatih Timnas Indonesia. (Instagram)

Profil Elkan Baggot:

Nama: Elkan William Tio Baggott

Tempat, Tanggal Lahir: Bangkok, Thailand, 23 Oktober 2002

Kebangsaan: Indonesia

Tinggi Badan: 194 cm

Kaki Dominan: Kiri

Posisi Bermain: Bek Tengah

Karier Profesional:

Klub:

Ipswich Town (2017- Sekarang)

King’s Lynn Town (Pinjam; 2021)

Tim Nasional:

Timnas Indonesia U-19 (2020)

Timnas Indonesia Senior (2021 - Sekarang)