BolaSkor.com - Tim nasional Portugal gagal meraih gelar Piala Eropa U-21 2021 setelah ditumbangkan Jerman di laga puncak. Meski demikian, Portugal tetap bisa tersenyum karena penggawa andalannya, Fabio Vieira, menjadi pemain terbaik turnamen.

Terpilihnya Fabio Vieira melalui proses yang panjang. Dusan Fitzel selaku ketua panel tim teknis yang memilih pemain terbaik menilai kontribusi Fabio Vieira sangat apik dalam membawa Portugal ke final.

"Selama turnamen, dia adalah pemain kunci Portugal. Dia seorang playmaker yang menciptakan banyak peluang. Dia menghubungkan sangat baik antara lini tengah dan depan," ulas Fitzel dalam laman resmi UEFA.

Selama Piala Eropa U-21, Fabio Vieira tampil pada enam pertandingan. Ia mengemas gol semata wayang pada laga pembuka melawan Kroasia, kendati masuk sebagai pemain pengganti. Pada laga berikutnya, nama Fabio Vieira tidak pernah hilang dari daftar starter.

Baca juga:

Profil Giacomo Raspadori: Striker Nihil Pengalaman, tetapi Dipanggil Timnas Italia

5 Rekor yang Bisa Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2020

5 Hal Menarik yang Mungkin Tak Diketahui Mengenai Carlo Ancelotti

Fabio Vieira

Fabio Vieira juga tampil brilian pada babak semifinal melawan Spanyol. Upayanya yang berubah arah karena mengenai pemain La Furia Roja berujung menjadi gol.

Selain itu, alasan lain Fabio Vieira menjadi pemain terbaik adalah andil besar dalam permainan kolektif Seleccao das Quinas. Sang pemain juga dirasa menunjukkan sikap sportif sepanjang turnamen.

Bakat Fabio Vieira memang sudah tercium sejak berada pada akademi FC Porto. Pemain yang lahir di Santa Maria da Feira, Distrik Aveiro, Portugal itu melakoni sembilan laga ketika Porto juara UEFA Youth League 2018-2019. Turnamen tersebut seperti Liga Champions, tetapi mempertemukan tim akademi klub-klub top Eropa.

Spesialnya, Fabio Vieira mencetak gol pada laga final melawan Chelsea, di Nyon. Dragoes menang dengan skor meyakinkan 3-1.

Catatan tersebut membuat Fabio Vieira mendapatkan promosi ke tim senior pada musim 2019-2020. Ia tampil dalam delapan pertandingan di Liga NOS dengan membukukan dua gol plus satu assist.

Fabio Vieira

Pada musim ini, Fabio Vieira mulai mendapatkan kepercayaan lebih dari Sergio Conceicao. Selain bermain pada 19 pertandingan di Liga NOS, Fabio Vieira juga unjuk gigi pada Liga Champions. Ia mendulang satu gol pada laga keduanya di Liga Champions. Saat itu, Olympiacos yang jadi korbannya.

Soal gaya main, Fabio Vieira adalah gelandang yang mengandalkan kemampuan individu. Ia punya visi yang baik dan didukung dengan umpan akurat.

Selain itu, Fabio Vieira juga sering melepaskan tembakan jarak jauh. Pemain dengan postur 170 sentimeter itu juga bisa diandalkan menjadi eksekutor bola mati.

Tak heran, Arsenal dikabarkan terpincut dengan bakat Fabio Vieira. The Gunners siap bersaing dengan Olympique Marseille yang juga tertarik kepada sang gelandang. Gosipnya, Fabio Vieira memiliki klausul pelepasan senilai 27 juta pounds.

Kini, meski menjadi pemain terbaik pada Piala Eropa U-21 2021, Fabio Vieira tidak boleh berpuas diri. Masih ada jalan panjang yang harus ditempuh. Ia juga perlu membekali diri dengan kemampuan oleh bola yang semakin menanjak.