Profil Facundo Pellistri, Dilatih Eks Striker Man United, dan Produk 'Baby Futbol' Uruguay

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Oktober 2020
Profil Facundo Pellistri, Dilatih Eks Striker Man United, dan Produk 'Baby Futbol' Uruguay
Facundo Pellistri (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United jadi tim yang paling sibuk melakukan transfer pemain menjelang menit-menit terakhir bursa transfer musim panas (deadline). Tidak tanggung-tanggung empat transfer dirampungkan Setan Merah.

Keempat pemain itu adalah Edinson Cavani, Alex Telles, Amad Traore, dan Facundo Pellistri. Dua nama yang disebut terakhir merupakan pemain muda yang diamankan untuk generasi masa depan Manchester United.

Cavani (33 tahun) diboyong gratis karena kontraknya berakhir dengan PSG (Paris Saint-Germain), sementara Telles sebesar 15 juta euro yang dapat meningkat hingga 20-25 juta euro tergantung variabel. Cavani striker dan Telles bek kiri.

Baca Juga:

Sama-sama Gabung Manchester United, Edinson Cavani Kirim Pesan untuk Facundo Pellistri

Amad Traore, Titisan Lionel Messi, dan Upaya Penanggalan Label Kikir Manchester United

Sistem Kebut Semalam ala Manchester United: Rekrut 4 Pemain Sekaligus di Deadline Bursa Transfer

Banderol sebesar 20 juta euro yang bisa meningkat hingga 41 juta euro Amad Traore cukup mengejutkan. Penyerang sayap berusia 18 tahun punya prospek besar untuk berkembang pesat dan jadi yang terbaik di posisinya.

Saat ini Traore masih membela Atalanta dan baru akan bergabung dengan United pada Januari 2021 karena menanti surat izin kerja di Inggris. Profil mengenai Amad Traore dapat dilihat melalui artikel dengan judul "Amad Traore, Titisan Lionel Messi, dan Upaya Penanggalan Label Kikir Manchester United".

Facundo Pellistri

Satu nama lainnya cukup menarik. Seakan mengikuti jejak kompatriot seniornnya Edinson Cavani, Facundo Pellistri juga datang ketika banyak orang yang tidak mengetahui informasi mengenainya atau isu-isu yang mengaitkan dengannya.

Lantas siapa Facundo Pellistri? Apa informasi mengenainya? Sekedar pemberitahuan, Pellistri disebut 'anak bandel' oleh Juan Roman Riquelme dan dipuji oleh Diego Forlan.

Produk 'Baby Futbol' yang Terkenal di Uruguay

Baby Futbol di Uruguay

Uruguay selalu melahirkan pesepak bola berbakat di tiap generasinya dari pemain-pemain - kini menjadi - senior dan muda bertalenta. Luis Suarez, Edinson Cavani, Diego Forlan, Diego Godin, Diego Lugano, Lucas Torreira, Rodrigo Bentancur bisa jadi contoh.

Mereka semua diorbitkan akademi sepak bola yang berbeda-beda, namun ada benang merah yang mengaitkan Suarez dengan Facundo Pellistri: Baby Futbol. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya sepak bola bayi.

Tentu saja ini bukan cerita mengenai bayi yang baru bisa merangkak dan langsung bermain sepak bola di lapangan, tapi di Amerika Selatan dan dunia Baby Futbol Uruguay sangatlah terkenal karena melahirkan Suarez serta striker top Argentina Sergio Aguero.

Baby Futbol adalah taman kanak-kanaknya sepak bola yang berlokasi di Uruguay. Meski adanya di Uruguay, tapi di sana diestimasikan ada 2.000 laga per pekannya, lebih dari 300 ribu orang berpatisipasi, plus 60 ribu anak-anak bermain dan 120 ribu orang tua yang memberikan dukungan - sebelum pandemi virus corona.

Jiwa, semangat, agresivitas ala sepak bola Amerika Selatan ada di Baby Futbol. FIFA (Federasi Sepak Bola Uruguay) melihat Baby Futbol sebagai pondasi penting, rahasia dari kesuksesan sepak bola Uruguay di level internasional.

"Saya tidak bisa membayangkan sepak bola Uruguay jika tidak ada baby futbol. Semua pesepak bola dari tim ini dan yang penting dari beberapa tahun lalu berasal dari sana. Francescoli, Recoba, Batista dan Paolo Montero," tutur pelatih timnas Uruguay, Oscar Tabarez.

Facundo Pellistri juga memulai perjalanan menjadi pesepak bola dari Baby Futbol. Kesuksesan Luis Suarez kini bisa menjadi motivasi untuknya berkembang.

Dilatih Diego Forlan dan Dipuji Juan Roman Riquelme

Facundo Pellistri dan Diego Forlan

Banderol 10 juta poundsterling, kontrak lima tahun, serta ketertarikan Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, jelas telah memperlihatkan kualitas yang dapat berkembang dari Facundo Pellistri.

Pemain kelahiran Montevideo, 20 Desember 2001 produk akademi Penarol (klub terkenal Uruguay) dan mendapatkan pelatihan dari mantan penyerang Man United serta mantan rekan setim Ole Gunnar Solskjaer, Diego Forlan.

Karier kepelatihan Forlan hanya bertahan 10 bulan dengan Penarol di tahun ini (2020), namun legenda sepak bola Uruguay sudah melihat persis kemampuan besar Pellistri.

"Pellistri memiliki potensi besar. Dia berkembang dan dia membuat perbedaan. Kami tahu akan sulit mempertahankannya untuk waktu yang lama," tutur Forlan April lalu soal Pellistri.

Prediksi Forlan terbukti benar dan Pellistri pergi ke Old Trafford. Bahkan Presiden Boca Juniors yang juga mantan pemain timnas Argentina, Juan Roman Riquelme memuji Pellistri.

"Dia benar-benar 'anak bandel' dengan bola di kakinya. Tidak banyak pemai seperti dia saat ini, yang memiliki keberanian untuk bersikap nakal di lapangan. Itu sangat berharga,"

Gaya Main

Facundo Pellistri

Man United beruntung Pellistri memiliki paspor Spanyol hingga ia tak punya masalah dengan izin kerja dan bisa langsung memainkannya jika Solskjaer menginginkannya. Sejak promosi dari akademi Penarol pada 2019 Pellistri sudah bermain 37 kali.

Posisi bermainnya penyerang sayap dan Pellistri cepat ketika mendribel bola, punya kemampuan teknik bagus, dapat mencetak gol dan menusuk (melakukan penetrasi) dari sisi sayap. Wajar jika Penarol memberinya nomor ikonik 10.

Keberadaannya akan menghadirkan persaingan di sisi sayap Man United yang memiliki Daniel James dan Mason Greenwood. Pellistri dengan rendah hati menunjukkan keinginannya belajar dari rekan setim barunya.

"Bergabung dengan klub bersejarah Manchester United adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Saya telah belajar banyak di Penarol dan saya ingin berterima kasih kepada mereka atas semua yang telah mereka lakukan untuk saya," ucap Pellistri di laman resmi United.

"Memiliki kepercayaan diri manajer adalah perasaan yang luar biasa dan saya tahu bahwa bekerja dengannya akan sempurna untuk perkembangan saya."

"Saya datang ke skuad yang penuh dengan pemain hebat yang akan saya pelajari setiap hari. Semua orang tahu bahwa Manchester United adalah klub yang memberi pemain muda kesempatan dan saya siap bekerja keras setiap hari untuk mendapatkan peluang itu dan membuktikan diri di Inggris," tegasnya.

Solskjaer juga menambahkan tidak merekrut Pellistri tanpa perencanaan matang. Diakui olehnya tim pemandu bakat United sudah lama memantau Facundo Pellistri di Penarol.

"Pemandu bakat kami telah mengikuti Facundo sejak lama dan kami yakin dia akan menjadi talenta nyata untuk jangka panjang. Meski pun kami memahami bahwa akan membutuhkan waktu baginya untuk beradaptasi dengan permainan Inggris, ia mampu memberikan pengaruh dengan kecepatan dan kemampuannya untuk mengalahkan lawannya," imbuh Solskjaer.

"Facundo memiliki platform yang sempurna di Manchester United untuk berkembang dan dia memiliki semua kualitas teknis dan mentalitas yang tepat yang dibutuhkan untuk menjadi pemain top di sini. Kami semua berharap dapat bekerja sama dengannya untuk memenuhi potensinya di tahun-tahun mendatang."

Menilik informasi dan kemampuan Facundo Pellistik wajar jika fans Man United sudah tidak sabar menyaksikan aksinya di atas rumput hijau.

Breaking News Facundo Pellistri Manchester United Bursa transfer Sosok Uruguay Timnas Uruguay
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan