Profil FC Sheriff, Klub Moldova yang Cetak Sejarah di Liga Champions

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Kamis, 26 Agustus 2021
Profil FC Sheriff, Klub Moldova yang Cetak Sejarah di Liga Champions
FC Sheriff Tiraspol (UEFA)

BolaSkor.com - Fase grup Liga Champions 2021-2022 akan diramaikan pendatang baru. FC Sheriff Tiraspol menjadi klub asal Moldova pertama yang lolos ke babak ini.

Liga Champions merupakan kompetisi antarklub elit Eropa. Tidak sembarang klub yang mampu ambil bagian di turnamen ini.

Dalam beberapa tahun terakhir, UEFA memang memberi ruang lebih klub-klub asal negara kecil untuk terlibat di Liga Champions. Namun jalan mereka untuk lolos ke fase grup sangatlah terjal.

Baca Juga:

Informasi dan Waktu Pengundian Grup Liga Champions 2021-2022

Liga Champions Jadi Alasan Cristiano Ronaldo Bertahan di Juventus

Messi Tak Sepakat PSG Jadi Favorit Juara Liga Champions

FC Sheriff menyingkirkan Dinamo Zagreb pada laga play-off.

Pada akhirnya, fase grup biasa diisi oleh klub-klub yang punya tradisi. Peluang debutan untuk berlaga di fase ini tetap kecil.

Namun musim 2021-2022 menjadi sebuah pengecualian. Sheriff dengan perkasa mendobrak tradisi.

Sheriff yang merebut gelar juara liga Moldova musim lalu memulai perjalanannya dari babak pertama. Mereka berstatus non unggulan saat bertemu wakil Albania, Teuta.

Hebatnya, Sheriff menyapu bersih dua laga dengan kemenangan. Mereka lolos ke putaran kedua dengan kemenangan 5-0 secara agregat.

Pada fase ini, Sheriff kembali berstatus non unggulan. Undian mempertemukan mereka dengan wakil Armenia, Alashkert.

Sheriff kembali tampil gemilang dengan meraih dua kemenangan. Tim asuhan Yuriy Vernydub itu melaju ke babak ketiga dengan kemenangan 4-1 secara agregat.

Langkah Sheriff diprediksi akan berakhir di fase ini. Itu karena undian mempertemukan mereka dengan Red Star Belgrade.

Red Star merupakan salah satu langganan tampil di fase grup. Namun fakta tersebut tak membuat Sheriff merasa kalah sebelum bertanding.

Hal itu membuat Sheriff mampu tampil lepas. Mereka sukses menahan imbang Red Star dengan skor 1-1 pada leg pertama di kandang lawan.

Sheriff kemudian membuat kejutan besar pada leg kedua. Gol tunggal Danilo Arboleda membawa mereka menang 1-0 dan lolos ke fase play-off.

Sudah kepalang tanggung, Sheriff tampil habis-habisan pada laga play-off. Dinamo Zagreb mereka hajar dengan skor agregat 3-0.

Sheriff yang tampil sebagai tuan rumah pada leg pertama mampu memaksakan kemenangan dengan skor 3-0. Mereka kemudian tampil spartan untuk mempertahankan keunggulannya saat bertandang ke markas lawan pada pertemuan kedua.

Profil FC Sheriff Tiraspol

FC Sheriff Tiraspol merupakan salah satu tim besar di Moldova. Klub ini didirikan pada 1997 atau enam tahun setelah negaranya merdeka.

Tiraspol sendiri merupakan nama kota tempat klub ini berada. Letaknya di wilayah Transnistria.

Sheriff memiliki markas dengan nama yang sama dengan klubnya. Kapasitas stadionnya adalah 12.746 tempat duduk.

Sheriff layak disebut sebagai klub tersukses di Moldova dengan koleksi 39 gelar. Sejak tampil di kasta tertinggi Liga Moldova musim 2000-2001, Sheriff bahkan hanya dua kali gagal meraih gelar juara.

Sheriff hampir pasti bertemu klub-klub besar di fase grup mendatang. Namun hal itu tidak akan diambil pusing mereka karena bisa bermain di panggung ini merupakan sebuah pencapaian bersejarah.

Liga Champions Breaking News FC Sheriff
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan