BolaSkor.com - Villarreal berhasil mengalahkan Manchester United pada laga final Liga Europa 2020-2021. Kesuksesan tersebut tak lepas dari peran besar sang kiper, Geronimo Rulli.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Miejski, Kamis (27/5) dini hari WIB, Villarreal mengalahkan Manchester United lewat drama adu penalti dengan skor 11-10. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Rulli memang gagal menjaga keperawanan gawangnya. Edinson Cavani sukses menaklukkannya pada menit ke-55.

Baca Juga:

Final Liga Europa 2020-2021: Lewat Adu Penalti, Villarreal Taklukkan Man United

8 Fakta Menarik dari Kesuksesan Villarreal Juara Liga Europa 2020-2021

Ambisi Solskjaer Dihadang Raja Liga Europa, Unai Emery

Geronimo Rulli gagal mencegah Cavani mencetak gol.

Padahal saat itu Villarreal tengah dalam kondisi unggul. Gerard Moreno lebih dulu memecah kebuntuan pada menit ke-29.

Rulli tak banyak melakukan penyelamatan berarti. Namun hal itu disebabkan tumpulnya lini depan Manchester United yang hanya mampu mencatatkan dua tembakan ke gawang.

Kontribusi Rulli juga tak menonjol pada babak adu penalti. Hal itu terbukti dari kegagalannya menahan sepuluh eksekutor pertama Manchester United.

Namun setelah itu, Rulli menjadi bintang utama Villarreal. Ia mampu menaklukkan David De Gea dengan dingin saat bertugas menjadi eksekutor penalti kesebelas Villarreal.

Saat melakukan eksekusi, Rulli menjadi seperti pemain yang biasa menjadi algojo penalti. Tendangan kerasnya mengalir deras ke pojok kanan gawang Manchester United.

Namun kepahlawanan Rulli tak sampai di situ. Setelah mencetak gol, ia lalu menepis tembakan De Gea untuk memastikan kemenangan Villarreal.

Rulli pun langsung dihampiri para pemain Villarreal lain untuk merayakan kemenangan ini. Namanya pun kini mampu mencuri perhatian pecinta sepak bola dunia.

Siapa Geronimo Rulli?

Sebelum menjadi pahlawan Villarreal di final Liga Europa 2020-2021, nama Rulli memang tak banyak terdengar. Ia bahkan berstatus kiper cadangan di tim asuhan Unai Emery.

Villarreal memboyongnya dari Real Sociedad jelang bergulirnya musim 2020-2021. Namun Rulli kesulitan merebut status kiper nomor satu.

Emery lebih mempercayai Sergio Asenjo sebagai kiper utama Villarreal. Pemain berusia 31 tahun tersebut menjadi andalan di LaLiga.

Sementara Rulli diberi kesempatan tampil di dua ajang lain yaitu Copa del Rey dan Liga Europa. Total ia tampil sebanyak 20 kali di semua kompetisi sepanjang musim ini.

Aksi Geronimo Rulli

Kesempatan yang cukup minim itu nyatanya mampu dimanfaatkan Rulli dengan maksimal. Villarreal hanya kalah tiga kali saat ia tampil menjaga gawang.

Namun Rulli sempat berulah saat Villarreal menjamu Celta Vigo dalam lanjutan LaLiga 2020-2021, 9 Mei silam. Ia mendapat kartu merah meski berada di bangku cadangan.

Wasit memberikan hukuman tersebut setelah Rulli melakukan protes berlebihan. Beruntung insiden tersebut tidak membuat tamat kariernya di Villarreal.

Mungkin banyak pecinta sepak bola yang menganggap Rulli berasal dari Spanyol. Padahal ia merupakan pemain berkebangsaan Argentina dan produk akademi Estudiantes.

Rulli dipromosikan ke tim senior Estudiantes pada musim 2011-2012 ketika berusia 19 tahun. Namun debutnya baru terjadi dua tahun berselang tepatnya pada 8 April 2013.

Pada musim panas 2014, Rulli meninggalkan Argentina menuju Uruguay. Ia mendapat pinangan dari Deportivo Maldonado.

Namun satu bulan kemudian, Rulli justru memulai petualangannya di Eropa. Maldonado meminjamkannya ke Real Sociedad selama dua musim.

Geronimo Rulli saat membela Real Sociedad.

Bersama Sociedad, Rulli sempat menjadi penghuni tetap bangku cadangan. Ia baru diberi kesempatan tampil di LaLiga pada pekan ke-16 setelah sebelumnya tampil maksimal pada babak keempat Copa del Rey.

Kesempatan itu tak disia-siakan Rulli. Ia mampu mempertahankan posisinya sebagai kiper utama Sociedad hingga akhir musim.

Rulli terus membela Sociedad dengan status pinjaman hingga tahun 2017. Setelah itu, La Real mempermanenkan statusnya dari Manchester City yang menebusnya dari Maldonado pada musim panas 2016.

Penampilan Rulli bersama Sociedad mengalami fase naik turun. Ia akhirnya dipinjamkan ke Montpelier sepanjang musim 2019-2020 sebelum dijual permanen ke Villarreal.

Rulli sempat satu kali memperkuat Timnas Argentina. Namun momen itu terjadi pada September 2018.

Nama Rulli juga tidak dibawa Timnas Argentina yang akan berlaga di Copa America 2021. Namun penampilan heroiknya pada partai final Liga Europa bisa mengubah peruntungannya bersama Tim Tango.