Profil Grup D Piala Dunia 2022: Juara Bertahan Coba Hapus Kutukan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 12 November 2022
Profil Grup D Piala Dunia 2022: Juara Bertahan Coba Hapus Kutukan
Timnas Prancis (Twitter)

BolaSkor.com - Menyambut gelaran Piala Dunia 2022 yang akan segera bergulir, BolaSkor.com coba membedah persaingan di fase grup. Kali ini giliran grup D yang akan dibahas.

Dalam grup ini terdapat sang juara bertahan, Prancis. Les Bleus pun menjadi salah satu unggulan untuk melaju ke fase selanjutnya.

Namun jalan Prancis untuk mewujudkan hal itu dipastikan terjal. Selain menghadapi lawan-lawan sulit, tim asuhan Didier Deschamps juga dihantui kutukan juara bertahan.

Baca Juga:

Piala Dunia 2022: Ansu Fati Jadi Perjudian Terbesar Luis Enrique

Absen di Piala Dunia 2022, Pemain Chelsea Tak Bisa Bersantai

Piala Dunia 2022: Lionel Messi Lihat Kesamaan Timnas Argentina Saat Ini dengan 2014

Sejak edisi 2002, juara bertahan kecuali Brasil (pada 2006) selalu tersingkir di fase grup. Ironisnya, Prancis juga yang mengawali kutukan tersebut.

Lantas bagaimana persaingan grup D yang juga diisi Australia, Denmark, dan Tunisia? Kami telah mengulasnya dalam artikel di bawah ini:

1. Prancis

Dengan status juara bertahan, Prancis layak menjadi favorit utama untuk berjaya di grup ini. Apalagi Tim Ayam Jantan masih ditangani Deschamps yang merupakan aktor kunci di balik kesuksesan menjuarai edisi 2018.

Prancis memang kehilangan sejumlah pemain kunci seperti Paul Pogba dan N'Golo Kante karena cedera. Namun Deschamps punya para pengganti lain yang tak kalah berkualitas.

Kehadiran Karim Benzema juga membuat Prancis semakin kuat. Penyerang Real Madrid tersebut tentu punya motivasi tersendiri untuk menjadi juara dunia.

Namun Prancis tidak boleh meremehkan kekuatan para rivalnya di grup ini. Apalagi para pemain kunci mereka juga masih berpacu dengan waktu untuk fit tepat waktu.

Pelatih: Didier Deschamps

Pemain Kunci: Theo Hernandez, Eduardo Camavinga, Ousmane Dembele, Karim Benzema, Antoine Griezmann

Kapten: Hugo Lloris

Skuad Timnas Prancis

Kiper: Hugo Lloris, Alphonse Areola, Steve Mandanda.

Bek: Lucas Hernandez, Theo Hernandez, Presnel Kimpembe, Ibrahima Konate, Jules Kounde, Benjamin Pavard, William Saliba, Dayot Upamecano, Raphael Varane.

Gelandang: Eduardo Camavinga, Youssouf Fofana, Matteo Guendouzi, Adrien Rabiot, Aurelien Tchouameni, Jordan Veretout.

Penyerang: Karim Benzema, Kingsley Coman, Olivier Giroud, Ousmane Dembele, Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Christopher Nkunku.


2. Australia

Australia akan menjadi salah satu kuda hitam di Piala Dunia 2022. Socceroos akan coba mengulangi pencapaiannya pada edisi 2006 ketika sukses melaju dari fase grup.

Peluang Australia untuk mewujudkan hal tersebut cukup terbuka. Mereka akan diperkuat banyak pemain yang berkarier di Eropa.

Kekuatan Australia juga cukup teruji karena lolos ke Piala Dunia 2022 lewat jalur play-off. Tim asuhan Graham Arnold bahkan mampu menyingkirkan wakil Amerika Selatan, Peru.

Menariknya, Australia membawa 17 debutan pada Piala Dunia kali ini. Hal ini bisa berdampak negatif dan positif.

Dengan minim pengalaman, Australia mungkin butuh lebih banyak waktu untuk beradaptasi dengan sengitnya laga di Piala Dunia. Namun bukan tidak mungkin pada debutan membawa antusiasme lebih dan membuat mereka tampil menggila.

Australia punya peluang untuk setidaknya merebut status runner up grup. Syaratnya wakil AFC ini tidak boleh kalah saat jumpa dua unggulan, Prancis dan Denmark.

Pelatih: Graham Arnold

Pemain Kunci: Mathew Ryan, Aaron Mooy, Martin Boyle, Awer Mabil, Ajdin Hrustic

Kapten: Mathew Ryan

Skuad Timnas Australia

Kiper: Mathew Ryan, Andrew Redmayne, Danny Vukovic.

Bek: Aziz Behich, Milos Degenek, Thomas Deng, Joel King, Nathaniel Atkinson, Fran Karacic, Harry Souttar, Kye Rowles, Craig Goodwin.

Gelandang: Aaron Mooy, Jackson Irvine, Ajdin Hrustic, Bailey Wright, Cameron Devlin, Riley McGree, Keanu Baccus.

Penyerang: Awer Mabil, Mathew Leckie, Martin Boyle, James Maclaren, Jason Cummings, Mitchell Duke, Garang Kuol.


3. Denmark

Denmark datang ke Piala Dunia 2022 dengan rasa percaya diri tinggi. Tim Dinamit ingin melanjutkan tren positif usai mampu menembus semifinal pada ajang Piala Eropa 2020 silam.

Denmark merupakan salah satu tim Eropa yang melaju mulus di babak kualifikasi. Tim asuhan Kasper Hjulmand menjadi yang terbaik di grup F.

Denmark juga punya sederet bintang kelas satu yang dapat diandalkan. Christian Eriksen, Andreas Christensen, hingga Martin Braithwaite termasuk di dalamnya.

Namun Denmark harus cepat beradaptasi dengan cuaca Qatar yang jauh berbeda dengan negaranya. Hal ini menjadi penghambat utama mereka untuk tampil maksimal di Piala Dunia 2022.

Pelatih: Kasper Hjulmand

Pemain Kunci: Kasper Schmeichel, Simon Kjaer, Christian Eriksen, Andreas Christensen, Mikkel Damsgaard

Kapten: Simon Kjaer

Skuad Timnas Denmark

Kiper: Kasper Schmeichel, Oliver Christensen

Bek: Simon Kjaer, Joakim Maehle, Rasmus Nissen Kristensen, Daniel Wass, Jens Stryger Larsen, Andreas Christensen, Joachim Andersen, Victor Nelsson.

Gelandang: Mathias Jensen, Pierre-Emile Hojbjerg, Thomas Delaney, Kasper Dolberg, Andreas Skov Olsen, Christian Eriksen, Andreas Cornelius, Jonas Wind, Mikkel Damsgaard.

Penyerang: Martin Braithwaite, Jesper Lindstrom.


4. Tunisia

Tunisia di atas kertas merupakan tim terlemah di grup D. Namun bukan tidak mungkin wakil Afrika itu bisa membuat kejutan.

Tunisia lolos ke Qatar usai mengalahkan Mali pada babak play-off. Tim asuhan Jalel Kadri ini diisi oleh kombinasi pemain muda dan senior.

Layaknya tim asal Afrika, Tunisia akan mengandalkan kecepatan dan kekuatan fisik para pemainnya. Ini menjadi modal utama mereka untuk bersaing dengan Prancis, Australia, dan Denmark.

Sejumlah pemain Tunisia juga berkarier di Eropa. Meskipun mayoritas memperkuat klub semenjana.

Bintang terbaru Tunisia yang paling familiar mungkin hanya Hannibal Mejbri. Pemain berusia 19 tahun itu masih dimiliki Manchester United meski kini dipinjamkan ke Birmingham City.

Pelatih: Jalel Kadri

Pemain Kunci: Wahbi Khazri, Hannibal Mejbri, Youssef Msakni

Kapten: Youssef Msakni

Skuad Timnas Tunisia

Kiper: Aymen Mathlouthi, Aymen Dahmen, Bechir Ben Said, Mouez Hassen.

Bek: Bilel Ifa, Montassar Talbi, Yassine Meriah, Nader Ghandri, Dylan Bronn, Ali Maaloul, Mohamed Drager, Wajdi Kechrida, Ali Abdi.

Gelandang: Hannibal Mejbri, Ferjani Sassi, Aissa Laidouni, Mohamed Ali Ben ROmdhane, Ellyes Skhiri, Ghailene Chaalali, Anis Ben Slimane.

Penyerang: Youssef Msakni, Issam Jebali, Wahbi Khazri, Taha Yassine Khenissi, Seifeddine Jaziri, Naim Sliti.

Profil Tim Piala Dunia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Prancis Timnas denmark Timnas australia Tunisia Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan