BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 Qatar semakin mendekat. Untuk lebih mengenal para kontestan, BolaSkor mengulas profil tim nasional yang berpartisipasi, lengkap dengan persaingan pada babak grup. Kali ini, yang kebagian jatah adalah Grup F.

Grup F Piala Dunia 2022 dihuni empat tim, yaitu Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia. Dari keempat tim tersebut, jelas Belgia dan Kroasia yang diunggulkan melangkah ke babak berikutnya. Kedua tim tersebut punya lebih banyak pengalaman dibanding yang lainnya.

Namun, bukan berarti Maroko dan Kanada bisa dipandang sebelah mata. Keduanya bisa memberikan kejutan. Apalagi, ini adalah babak grup Piala Dunia yang biasanya menghadirkan motivasi tinggi untuk para pemain.

Untuk lebih jelasnya lagi, BolaSkor akan mengulas profil tim Grup F lebih mendalam, seperti di bawah ini:

Baca Juga:

Menilik Skuad Prancis di Piala Dunia 2022: Tanpa Pogba, Kante, dan Kimpembe

4 Kutukan yang Masih Bertahan hingga Dimulainya Piala Dunia 2022

Bruno Fernandes Kritik Piala Dunia 2022, Anggap Tidak untuk Semua Kalangan

Belgia

Tim nasional Belgia masih akan mengandalan generasi emas yang dimiliki sejak beberapa tahun lalu. Tentunya, Red Devils ingin meningkatkan prestasi dibanding edisi terakhir.

Ketika itu, Belgia melangkah hingga semifinal. Sayangnya, Romelu Lukaku dan kawan-kawan ditekuk Prancis 1-0.

Meski demikian, Belgia bisa berbesar hati karena pada akhirnya meraih peringkat ketiga. Itu adalah prestasi terbaik Belgia hingga sejauh ini di Piala Dunia.

Kali ini, Belgia kembali diperkuat para bintang yang tampil di tim-tim raksasa Eropa. Thibaut Courtois, Kevin De Bruyne, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku adalah beberapa di antaranya.

Dengan racikan taktik Roberto Martinez, Belgia diyakini bisa melangkah dari Grup F. Bahkan, Belgia diunggulkan meraih tempat pertama.

Pelatih: Roberto Martinez

Kapten: Eden Hazard

Skuad Timnas Belgia

Kiper: Thibaut Courtois, Simon Mignolet, Koen Casteels

Bek: Toby Alderweireld, Arthur Theate, Zeno Debast, Jan Vertonghen, Thomas Meunier, Wout Faes, Thomas Meunier

Gelandang: Yannick Carrasco, Thorgan Hazard, Kevin De Bruyne, Leander Dendoncker, Amadou Onana, Youri Tielemans, Timothy Castagne, Hans Vanaken, Axel Witsel, Charles De Ketelaere, Eden Hazard, Jeremy Doku

Penyerang: Dries Mertens, Leandro Trossard, Michy Batshuayi, Lois Openda, Romelu Lukaku

Kanada

Kanada menjadi kuda hitam di grup F. The Canucks Les Rouges diyakini punya potensi membuat Belgia dan Kroasia kesulitan.

Dua pemain yang menjadi andalan Kanada adalah Alphonso Davies dan Jonathan David. Keduanya punya catatan apik di klub masing-masing.

Selain itu, Kanada juga punya semangat tinggi untuk membuktikan eksistensi pada ajang sebesar Piala Dunia. Ini adalah pertama kalinya Kanada bermain di Piala Dunia sejak edisi 1986. Saat itu, Kanada pulang dengan tidak membawa poin.

Kabar baiknya, Kanada bisa diperkuat Atiba Hutchinson dan Jonathan Osorio pada Piala Dunia 2022. Sebelumnya, kedua pemain itu mengalami cedera.

Pelatih: John Herdman

Kapten: Atiba Hutchinson

Skuad Timnas Kanada

Kiper: Milan Borjan (Red Star Belgrade), James Pantemis (CF Montreal), Dayne St Clair (Minnesota United)

Bek: Sam Adekugbe (Hatayspor), Derek Cornelius (Vancouver Whitecaps - Panetolikos), Alistair Johnston (CF Montreal), Richie Laryea (Nottingham Forest), Kamal Miller (CF Montreal), Steven Vitoria (Chaves), Joel Waterman (CF Montreal)

Gelandang: Stephen Eustaquio (FC Porto), Liam Fraser (Deinze), Atiba Hutchinson (Besiktas), Mark-Anthony Kaye (Toronto FC), Ismael Kone (CF Montreal), Jonathan Osorio (Toronto FC), Samuel Piette (CF Montreal), David Wotherspoon (St Johnstone)

Penyerang: Tajon Buchanan (Club Bruges), Lucas Cavallini (Vancouver Whitecaps), Jonathan David (Lille), Alphonso Davies (Bayern Munich), Junior Hoillett (Reading), Cyle Larin (Club Bruges), Liam Miller (FC Basel), Ike Ugbo (Troyes)

Maroko

Timnas Maroko tentunya tidak ingin hanya menjadi sekadar penghias pada Piala Dunia 2022. Skuad asuhan Walid Regragui itu setidaknya berharap membawa pulang kemenangan dari tiga laga yang dihelat.

Maroko juga bukannya tanpa pemain bintang. Sebut saja Achraf Hakimi, Hakim Ziyech, dan Youssef En-Nesyri.

Selain itu, Atlas Lions juga punya nama-nama pesepak bola lain yang tampil di kompetisi Eropa, seperti Yassine Bounou, Noussair Mazraoui, dan Sofyan Amrabat.

Dengan materi pemain-pemain tersebut, Maroko punya potensi menjadi penghambat Belgia dan Kroasia. Apalagi, Maroko diyakini tidak akan banyak terpengaruh dengan suhu panas di Qatar.

Pelatih: Walid Regragui

Kapten: Romain Saïss

Skuad Timnas Maroko

Kiper: Yassine Bounou (Sevilla), Munir Mohamedi (Al Wehda), Ahmed Reda Tagnaouti (Wydad AC).

Bek: Romain Saiss (Besiktas), Achraf Hakimi (Paris Saint-Germain), Nayef Aguerd (West Ham United), Noussair Mazraoui (Bayern Munich), Jawad El Yamiq (Real Valladolid), Achraf Dar (Brest), Badr Benoun (Qatar SC), Yahia Attiyat Allah (Wydad AC)

Gelandang: Sofyan Amrabat (Fiorentina), Selim Amallah (Standard Liege), Amine Harit (Marseille), Ilias Chair (Queens Park Rangers), Azzedine Ounahi (Angers), Yahya Jabrane (Wydad AC), Abdelhamid Sabiri (Sampdoria), Bilal El Khannous (Genk)

Penyerang: Youssef En-Nesyri (Sevilla), Hakim Ziyech (Chelsea), Sofiane Boufal (Angers), Abderrazak Hamdallah (Al-Ittihad), Zakaria Aboukhlal (Toulouse), Abde Ezzalzouli (Osasuna), Walid Cheddira (Bari)

Kroasia

Kroasia datang ke Qatar dengan status sebagai finalis Piala Dunia 2018. Sayangnya, saat itu Kroasia kalah dari Prancis di laga puncak.

Meski diyakini akan sulit, tentunya Kroasia ingin mencapai setidaknya tahapan empat tahun lalu. Sebagai permulaan, Kroasia ingin menjadi juara Grup F agar jalan pada babak gugur menjadi lebih mudah.

Untuk kali ini, Kroasia kembali mengandalakan muka-muka lama. Sebut saja Marcelo Brozovic, Ivan Perisic, dan Mateo Kovacic.

Kroasia juga punya modal yang baik jelang Piala Dunia. Dari lima pertandingan terakhir, Vatreni menuai empat kemenangan dan satu imbang.

Pelatih: Zlatko Dalic

Kapten: Luka Modric

Skuad Timnas Kroasia

Kiper: Dominik Livakovic, Ivica Ivusic, Ivo Grbic

Bek: Domagoj Vida, Dejan Lovren, Borna Barisic, Josip Juranovic, Josko Gvardiol, Borna Sosa, Josip Stanicic, Martin Erlic, Josip Sutalo.

Gelandang: Luka Modric, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Mario Pasalic, Nikola Vlasic, Lovro Majer, Kristijan Jakic, Luka Sucic.

Penyerang: Ivan Perisic, Andrej Kramaric, Bruno Petkovic, Mislav Orsic, Ante Budimir, Marko Livaja.