Profil Grup G Piala Dunia 2022: Mencari Pendamping Timnas Brasil

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 16 November 2022
Profil Grup G Piala Dunia 2022: Mencari Pendamping Timnas Brasil
Timnas Brasil (Twitter)

BolaSkor.com - Persaingan di grup G Piala Dunia 2022 cukup menarik untuk dinanti dan disaksikan. Pada grup ini ada juara lima kali Piala Dunia, timnas Brasil, beserta tim-tim yang dapat jadi kuda hitam turnamen, Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Brasil besutan Tite punya potensi besar lolos ke fase gugur dengan menempati puncak klasemen grup G, tetapi mereka tidak bisa lengah karena lawan-lawan Brasil bisa mengejutkan, khususnya dua tim dari Eropa.

Serbia dan Swiss punya pemain-pemain berpengalaman yang juga berkarier di liga top Eropa. Kamerun pun demikian. Fakta bahwa tim-tim dari Afrika acapkali kesulitan di Piala Dunia dapat memotivasi mereka untuk tampil lebih semangat.

Baca Juga:

Menilik Skuad Prancis di Piala Dunia 2022: Tanpa Pogba, Kante, dan Kimpembe

4 Kutukan yang Masih Bertahan hingga Dimulainya Piala Dunia 2022

Profil Grup F Piala Dunia 2022: Belgia dan Kroasia Jadi Unggulan

BolaSkor akan memberikan profil beserta sedikit analisis mengenai peta persaingan di grup G Piala Dunia 2022. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Brasil

Sebagai juara lima kali Piala Dunia, Brasil salah satu kandidat kuat untuk jadi juara di Piala Dunia 2022. Terlebih dalam skuad pilihan Tite banyak pemain-pemain berkualitas berpengalaman di setiap lininya.

Pada Piala Dunia 2018 perjalanan Brasil terhenti di perempat final setelah kalah 1-2 lawan Belgia. Brasil sudah lama tak memenangi Piala Dunia sejak terakhir memenanginya pada 2002.

Di tahun keenam Tite melatih Brasil tim menjelma jadi kekuatan yang sulit ditaklukkan. Brasil tidak banyak bermain jogo bonito atau menghibur dengan tarian samba mereka, tetapi permainan Brasil lebih seimbang dari sisi defensif dan ofensif.

Khususnya di lini depan. Tite punya sembilan penyerang dan semua dengan gaya bermain yang berbeda. Itu memberikan variasi bermain di lini depan Brasil, di satu sisi berbeda jadi ancaman nyata bagi pertahanan lawan.

Pelatih: Tite

Kapten Tim: Thiago Silva

Pemain Kunci: Thiago Silva, Lucas Paqueta, Neymar, Gabriel Jesus, Richarlison

Skuad Timnas Brasil di Piala Dunia 2022

Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras)

Bek: Dani Alves (UNAM), Danilo (Juventus), Alex Sandro (Juventus), Alex Telles (Sevilla), Bremer (Juventus), Eder Militao (Real Madrid), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea)

Gelandang: Casemiro (Manchester United), Everton Ribeiro (Flamengo), Bruno Guimaraes (Newcastle), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (West Ham)

Penyerang: Antony (Manchester United), Gabriel Jesus (Arsenal), Gabriel Martinelli (Arsenal), Neymar (PSG), Pedro (Flamengo), Raphinha (Barcelona), Rodrygo (Real Madrid), Richarlison (Tottenham Hotspur), Vinicius Jr (Real Madrid).

2. Serbia

Negara pecahan Yugoslavia sering tampil di Piala Dunia, tetapi seringkali mereka jadi negara penghibur persaingan setelah bernama Serbia dari 2010. Pencapaian terbaik mereka adalah fase grup.

Serbia sebelumnya bersatu sebagai Yugoslavia dan Serbia Montenegro, kala masih bernama Yugoslavia mereka sukses mencapai semifinal dua kali. Pelatih Serbia, Dragan Stojkovic, tentu ingin mengubah peruntungan timnya tahun ini.

Setahun setelah ditunjuk melatih Serbia, Stojkovic, punya skuad yang bagus di setiap lininya dengan pemain-pemain yang berkarier di liga top Eropa. Kiprah Dusan Vlahovic, Sergej Milinkovic-Savic, Nikola Milenkovic akan dinantikan oleh fans Serbia.

Pelatih: Dragan Stojkovic

Kapten Tim: Dusan Tadic

Pemain Kunci: Dusan Vlahovic, Dusan Tadic, Aleksandar Mitrovic, Sergej Milinkovic-Savic, Nikola Milenkovic, Filip Kostic

Skuad Timnas Serbia di Piala Dunia 2022

Kiper: Marko Dmitrovic (Sevilla), Predrag Rajkovic (Mallorca), Vanja Milinkovic-Savic (Torino).

Bek: Stefan Mitrovic (Getafe), Nikola Milenkovic (Fiorentina), Strahinja Pavlovic (RB Salzburg), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Filip Mladenovic (Legia Warsaw), Strahinja Erakovic (Red Star Belgrade), Srdjan Babic (Almeria).

Gelandang: Nemanja Gudelj (Sevilla), Sergej Milinkovic-Savic (Lazio), Sasa Lukic (Torino), Marko Grujic (Porto), Filip Kostic (Juventus), Uros Racic (Braga), Nemanja Maksimovic (Getafe), Ivan Ilic (Hellas Verona), Andrija Zivkovic (PAOK), Darko Lazovic (Hellas Verona).

Penyerang: Dusan Tadic (Ajax), Aleksandar Mitrovic (Fulham), Dusan Vlahovic (Juventus), Filip Duricic (Sampdoria), Luka Jovic (Fiorentina), Nemanja Radonji (Torino).

3. Swiss

Seperti halnya Serbia, Swiss juga acapkali jadi penghibur di Piala Dunia. Bedanya Swiss lebih baik karena mereka mencapai perempat final tiga kali. Bersama Serbia, Swiss juga berpotensi jadi pendamping Brasil lolos ke fase gugur.

Pelatih Swiss, Murat Yakin, baru setahun melatih Swiss tetapi ia kaya pengalaman melatih di level klub dan sudah menekuni karier kepelatihan sejak 2006. Skuad Swiss juga berada di usia matang secara menyeluruh.

Pengalaman Granit Xhaka, Yann Sommer, dan Xherdan Shaqiri akan sangat berguna bagi Swiss untuk bertahan lama di Piala Dunia 2022.

Pelatih: Murat Yakin

Kapten Tim: Granit Xhaka

Pemain Kunci: Yann Sommer, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez, Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Haris Seferovic

Skuad Timnas Swiss di Piala Dunia 2022

Kiper: Gregor Kobel (Borussia Dortmund), Philipp Kohn (Red Bull Salzburg), Jonas Omlin (Montpellier), Yann Sommer (Borussia Monchengladbach)

Bek: Manuel Akanji (Manchester City), Eray Comert (Valencia), Nico Elvedi (Borussia Monchengladbach), Ricardo Rodriguez (Torino), Fabian Schar (Newcastle United), Sylvan Widmer (Mainz 05)

Gelandang: Michel Aebischer (Bologna), Edimilson Fernandes (Mainz 05), Fabian Frei (Basel), Remo Freuler (Nottingham Forest), Ardon Jashari (Luzern), Noah Okafor (Red Bull Salzburg), Fabian Rieder (Young Boys), Xherdan Shaqiri (Chicago Fire), Djibril Sow (Eintracht Frankfurt), Renato Steffen (Lugano), Granit Xhaka (Arsenal), Denis Zakaria (Chelsea)

Penyerang: Breel Embolo (Monaco), Christian Fassnacht (Young Boys), Haris Seferovic (Galatasaray), Reuben Vargas (FC Augsburg)

4. Kamerun

Era Samuel Eto'o sudah lama berlalu tapi itu tak menjadikan Kamerun sebagai tim yang lemah. Tim besutan Rigobert Song dapat jadi kuda hitam di fase grup untuk mendampingi Brasil lolos ke fase gugur, sebab mereka juga pemain-pemain yang berkarier di Eropa di dalam skuad.

Mereka itu seperti Karl Toko Ekambi, Eric Maxim Choupo-Moting, Andre-Frank Zambo Anguissa, dan Andre Onana. Kamerun tak punya bintang dengan kualitas di atas rata-rata di setiap lininya, tetapi justru itu yang membuat mereka berbahaya.

Kolektivitas bermain Kamerun dapat jadi ancaman bagi tim-tim rival. Rigobert Song merupakan legenda Kamerun yang bermain di timnas dari medio 1993-2010. Pengalamannya sebagai pemain akan penting bagi Kamerun.

Pelatih: Rigobert Song

Kapten Tim: Vincent Aboubakar

Pemain Kunci: Vincent Aboubakar, Andre-Frank Zambo Anguissa, Andre Onana, Karl Toko Ekambi, Eric Maxim Choupo-Moting

Skuad Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022

Kiper: Devis Epassy (Abha Club), Simon Ngapandouetnbu (Marseille), Andre Onana (Inter Milan).

Bek: Jean-Charles Castelletto (Nantes), Enzo Ebosse (Udinese), Collins Fai (Al Tai), Olivier Mbaizo (Philadelphia Union), Nicolas Nkoulou (Aris Salonika), Tolo Nouhou (Seattle Sounders), Christopher Wooh (Stade Rennes).

Gelandang: Martin Hongla (Verona), Pierre Kunde (Olympiakos), Olivier Ntcham (Swansea City), Gael Ondoua (Hannover 96), Samuel Oum Gouet (Mechelen), Andre-Frank Zambo Anguissa (Napoli).

Penyerang: Vincent Aboubakar (Al Nassr), Christian Bassogog (Shanghai Shenhua), Eric-Maxim Choupo Moting (Bayern Munich), Souaibou Marou (Coton Sport), Bryan Mbeumo (Brentford), Nicolas Moumi Ngamaleu (Young Boys Berne), Jerome Ngom (Colombe Dja), Georges-Kevin Nkoudou (Besiktas), Jean-Pierre Nsame (Young Boys Berne), Karl Toko Ekambi (Lyon).

Profil Tim Piala Dunia Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kamerun Timnas kamerun Serbia Timnas serbia Swiss Timnas Swiss Brasil Timnas Brasil
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.135

Bagikan